Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Cara Mencegah Rasa Malas Bekerja Setelah Libur Lebaran

by Rafly Aditia on 1 Juli, 2017

menghilangkan malas bekerja setelah lebaran _ kartu kredit - CekAja.com

Libur lebaran yang terbilang cukup panjang beberapa waktu lalu memang menjadi momen yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Lepas dari pekerjaan untuk waktu yang cukup lama, seharusnya dapat membuat pikiran jadi lebih jernih dan optimal lagi untuk bekerja.

Tetapi kenyataannya, kerap kali libur yang cenderung lama tersebut membuat orang jadi malas dan performa kerja kurang maksimal. Untuk mengalahkan rasa malas dan meningkatkan performa kerja setelah libur lebaran kemarin, mungkin kalian bisa coba lakukan beberapa tips berikut:

Sambil dengar lagu

Berdasarkan studi pada efek mendengarkan musik pada perfora kerja dari University of Ottawa, mendengarkan musik atau lagu kesukaan saat bekerja bisa meningkatkan mood, semangat, dan fokus yang berdampak pada performa kerja. Biasanya, musik yang direkomendasikan untuk didengar saat bekerja adalah jenis musik klasik.

Minum banyak air putih

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan Journal of Nutrition, orang yang terhidrasi dengan baik memiliki suasana hati atau mood yang lebih baik dibanding mereka yang mengalami dehidrasi. Hal ini tentu sangat berarti banyak terhadap produktivitas bekerja seseorang.

Hal ini akan memberikan efek domino yang positif. Karena kika kalian memiliki mood yang baik, maka bekerja akan terasa lebih menyenangkan, dan menghasilkan peningkatan produktivitas kerja.

Ingat planning liburan berikutnya

Cara lainnya untuk menjauhkan rasa malas di kantor setelah libur lebaran yang cukup lama adalah mengingat planning liburan berikutnya. Ketika mengingat bahwa kalian punya planning liburan di waktu yang akan datang, maka ada juga bujet yang harus disiapkan.

Kalau sudah bicara soal bujet, tentu harus mengumpulkannya dengan giat bekerja. Sehingga rasa malas yang menghinggap saat ini dapat dengan mudah disingkirkan.

Rencana menikah bisa jadi pelecut semangat

Menikah membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga kalian harus benar-benar siap secara finansial jika ingin menikah. Saat kalian merasa malas bekerja, ingatlah rencana pernikahan kalian dengan pasangan. Kalau sudah seperti itu bisa-bisa semangat bekerja meningkat hingga berkali-kali lipat untuk mengumpulkan uang lebih banyak lagi.

Rutin Berolahraga

Penelitian dari University of Essex menemukan bahwa olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan selain menurunkan berat badan dan meningkatkan vitalitas. Dalam penelitian tersebut terbukti bahwa ada pengaruh positif pada kualitas hidup, termasuk interaksi sosial, meningkatkan produktivitas, dan pilihan perilaku yang lebih baik.

Hal-hal positif yang dihasilkan dari olahraga rutin tersebut, tentunya akan berdampak pada performa kerja yang lebih baik dibanding sebelumnya. Untuk itu, cobalah rutin berolahraga saat di kantor seperti melakukan gerakan calisthenics yang simpel saat jam istirahat misalnya.

 

Ingat, jauhi rasa malas yang menyerang saat bekerja. Jangan hanya karena libur lebaran kemarin, karier kalian jadi terancam!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.