Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Mencuci Pakaian saat Corona Mulai dari Pakai Air Panas hingga Pemutih

by Estrin Vanadianti Lestari on 13 April, 2020

Penyebaran Covid-19 yang semakin kesini semakin tidak terkontrol, membuat masyarakat khususnya di Indonesia merasa was-was. Apalagi kini virus corona disebut bisa menjangkit tanpa gejala, sehingga kamu perlu mawas diri terhadap dirimu sendiri. Tidak hanya dengan mencuci tangan, hingga menggunakan masker, karena kamu juga harus tahu terkait cara mencuci pakaian saat corona yang benar.

cara mencuci pakaian saat corona

Dengan sadar akan kebersihan diri dan lingkungan sekitar, membuat kamu lebih terlindungi dari virus corona. Apalagi, bagi kamu yang masih beraktivitas atau bekerja di luar ruangan, yang membuat pakaianmu sangat berpeluang menjadi tempat menempelnya virus corona.

Bahkan, Center for Disease Control and Prevention (CDC), mencatat bahwa virus corona dapat bertahan selama berjam-jam di permukaan benda yang terbuat dari kain, termasuk pakaian. Namun, jika dilihat dari peluang penularannya, jelas melalui tetesan pernapasan (droplet) yang paling cepat, daripada melalui benda.

Meski belum ada penelitian khusus terkait bagaimana virus corona berinteraksi dengan kain di pakaian kamu, namun setidaknya kamu bisa mencegah hal tersebut terjadi dengan mengetahui pedoman cara mencuci pakaian saat corona berikut ini.

Cara Mencuci Pakaian saat Corona
1. Mencuci Pakaian dengan Air Panas

Cara mencuci pakaian saat corona yang pertama adalah dengan menggunakan air panas. Pasalnya, virus corona disebut tidak tahan terhadap panas, sehingga kamu bisa mencoba cara ini untuk menghilangkan dan membunuh virus corona yang menempel di pakaianmu.

Kamu bisa menggunakan air panas setidaknya di atas 80 derajat Fahrenheit atau sekitar 26 derajat Celcius. Selain dalam proses pencucian, panas ekstra saat proses pengeringan juga bisa membuat droplet mengering, dan kemungkinan akan menonaktifkan virus.

2. Pakai Detergen

Tidak hanya mengandalkan air panas, dalam menerapkan cara mencuci pakaian saat corona, kamu juga harus menggunakan sabun pencuci pakaian atau detergen. Pasalnya, juru bicara pemerintah terkait corona juga pernah menyebutkan, bahwa virus corona mudah hancur ketika terkena sabun atau detergen.

Gunakanlah detergen secukupnya untuk mencuci pakaian kamu. Jangan mentang-mentang virus corona mudah hancur karena detergen, kamu menggunakannya secara berlebihan. Menggunakan deterjen berlebihan juga akan membuat serat kain cepat rusak.

(Baca Juga: Daftar Situs Donasi Bantuan Virus Corona Terpercaya)
3. Gunakan Zat Pemutih atau Disinfektan

Selain detergen, untuk lebih ampuh lagi kamu bisa menggunakan zat pemutih, karena zat pemutih mengandung klorin yang disebut bisa membunuh virus corona.

Tidak perlu banyak-banyak, karena sebenarnya mencuci pakaian dengan deterjen saja sudah cukup. Bahan pemutih pakaian juga akan merusak serat pakaian jika sering dan terlalu banyak digunakan.

Caranya, tidak dengan mencampurkan langsung ke dalam pakaian. Kamu hanya cukup menyemprotkan sedikit zat pemutih atau disinfektan di permukaan mesin cuci, sebelum mencuci. Pastikan tanganmu bersih, dan jangan lupa gunakan masker dan sarung tangan.

4. Mencuci Pakaian Secara Teratur

Karena virus corona disebut bisa bertahan di pakaian hingga berjam-jam, maka perlu bagi kamu untuk sering mencuci pakaian, sebagai salah satu cara mencuci pakaian saat corona. Hal tersebut dilakukan, agar pakaian tersebut tidak menjadi benda perantara ketika disentuh manusia.

Segeralah cuci pakaian kamu, setelah bepergian di luar. Jika perlu jangan menunggu pakaianmu sampai menumpuk, karena hanya akan menjadi sarang penyakit. Tidak hanya virus, nyamuk pun juga suka berkumpul di area pakaian kotor.

5. Pisahkan Pakaian di Rumah dan Pakaian yang Habis Digunakan Pergi

Di masa karantina mandiri ini mungkin membuat kamu jadi jarang atau bahkan tidak pernah keluar rumah. Sehingga, baju yang kamu gunakan mungkin tidak sekotor ketika digunakan di luar rumah.

Namun, lain halnya jika kamu sering bolak-balik keluar rumah, di mana pakaianmu sangat berpeluang untuk dihinggapi virus. Nah, untuk kasus seperti ini sebaiknya kamu menerapkan cara mencuci pakaian saat corona.

Yakni dengan memisahkan pakaian kotor (ketika berkegiatan di rumah) dan pakaian kotor (ketika habis dari luar rumah). Tidak hanya memisahkannya dalam keranjang, ketika mencuci pun jika perlu dipisah.

Hal tersebut dilakukan agar, pakaianmu yang mungkin mungkin terpapar virus, tidak merambat ke pakaian lainnya.

6. Tidak Mencuci Pakaian di Tempat Umum atau Laundry

Cara mencuci pakaian saat corona seperti ini, memang lebih baik tidak mencuci di tempat umum atau laundry. Hal tersebut dikarenakan, mencuci di tempat umum, akan berisiko lebih besar terhadap penularan kamu dan si pakaian.

Pasalnya, kamu akan bertemu orang banyak di tempat cuci tersebut, lalu kamu akan menggunakan mesin cuci secara bersamaan, dan yang terakhir, pakaianmu akan bercampur dengan pakaian orang lain, yang mungkin telah terpapar virus corona.

Nah, itu dia sedikit informasi terkait cara mencuci pakaian saat corona. Di kondisi yang sedang dilanda virus seperti ini, memang sebaiknya kamu memperhatikan betul kebersihan diri dan lingkungan, termasuk dalam hal mencuci pakaian.

Namun, bagaimana dengan kamu yang biasa laundry, tapi harus cuci sendiri di rumah, tanpa mesin cuci? Buat kamu yang tidak biasa mencuci dengan tangan, mungkin menjadi hal yang menyulitkan, terlebih jika cara mencuci tidak bersih dan tidak benar, bisa-bisa virus corona tidak hilang dibuatnya.

Jangan khawatir, kamu bisa loh beli mesin cuci untuk tujuan kebersihan. Tidak perlu beli mesin cuci yang mahal, kamu cukup beli mesin cuci yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Mau Beli Mesin Cuci, tapi Tabungan belum Cukup?

Di saat pandemi corona seperti ini, mengajukan pinjaman dana cepat secara online, memang menjadi pilihan yang tepat, apalagi kamu sedang butuh. Nah, di sini kamu bisa mengajukan pinjaman dana cepat di berbagai penyedia atau bank, melalui situs CekAja.com.

Dengan proses cepat, syarat mudah, dan tentunya aman, membuat pengajuan pinjaman mu dijamin lancar. Yuk segera kunjungi situs CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk