Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Cara Mendapatkan Modal Tambahan Bisnis Sampingan

by Rafly Aditia on 2 September, 2016

bisnis sampingan - CekAja.com

Banyak pebisnis skala kecil yang susah mengembangkan bisnis sampingan karena terbentur masalah keterbatasan modal. Bagaimana cara mengajukan dan mendapatkannya?

Bagi karyawan, menjalankan bisnis sampingan merupakan peluang emas untuk menjadi kaya. Bila awalnya bisnis sampingan hanya menjadi sumber penghasilan kedua, saat sudah menghasilkan keuntungan besar usaha tersebut bisa menjadi pekerjaan utamamu. Artinya, kamu tidak perlu lagi menjadi karyawan.

Walau begitu, banyak orang yang mencoba untuk membangun dan mengembangkan bisnis sampingan namun akhirnya gagal karena terbentur masalah keterbatasan modal. Berikut adalah 5 trik mendapatkan modal tambahan untuk bisnis sampingan yang harus kamu dirikan:

Pinjam dari keluarga atau teman

Mungkin cara satu ini paling sering dilakukan orang saat memulai bisnis sampingan. Ketika modal yang dimiliki tidak cukup, kamu bisa mencari pinjaman modal pada keluarga atau teman. Pinjaman satu ini bisa dibilang menguntungkan karena bunga dan jangka waktu pengembaliannya akan jauh lebih rendah.

Namun, pastikan perjanjian pinjam-meminjam tersebut tertuang secara tertulis ya. Hal ini untuk mengindari risiko di kemudian hari.

(Baca juga: Inilah Contoh Bisnis Plan Sederhana untuk UKM)

Pakai kartu kredit bisnis

Saat bisnis sampingan yang kita jalankan ingin dibawa ke level yang lebih tinggi, pasti dibutuhkan modal yang lebih besar. Trik lain yang bisa dilakukan untuk memperoleh tambahan modal adalah menggunakan kartu kredit. Gunakan kartu kredit bisnis atau kartu kredit korporat. Salah satu keuntungan menggunakan kartu kredit bisnis adalah limit yang cukup besar.

Kredit Usaha Rakyat

Untuk bisnis skala kecil menengah, Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah pilihan yang sangat bijak. Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan layanan dari pemerintah untuk membantu para pebisnis skala kecil menengah mengakses modal.

Kalau kamu mau mendapatkan KUR, pastikan usahamu memiliki pembukuan yang baik dan telah berjalan selama beberapa waktu. Pengajuan KUR sangat cocok untuk bisnis skala UKM seperti salon kecantikan, warung makan, usaha kerajinan, sablon baju, bisnis online dan sebagainya.

Cari angel investor

Kalau kamu menjalankan usaha sampingan tentu ingin mendapatkan pinjaman usaha yang murah. Sebisa mungkin pinjaman tersebut aman untuk kelangsungan bisnis sampinganmu. Salah satu alternatif pembiayaan modern adalah angel investor. Biasanya angel investor adalah seorang individu maupun kelompok individu yang memiliki kekuatan finansial dan tertarik mengembangkan bisnis melalui penyertaan modal.

Refinancing KPR

Kamu sudah punya Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang berjalan lebih dari lima tahun? Kenapa tidak manfaatkan program refinancing KPR untuk mendapatkan tambahan? Secara sederhana, refinancing KPR merupakan sistem penilaian rumah yang kamu beli secara KPR.

Penilaian ulang ini bisa dilakukan pada bank tempat kamu mengajukan KPR atau bank lain. Pada dasarnya refinancing merupakan pengajuan kembali kredit pada pihak kreditor dengan jaminan barang yang sudah kamu miliki.

(Baca juga: Inspirasi Usaha yang Bisa Dijalankan Sambil Kerja Kantoran)

Pinjaman segala kebutuhan

Bagi pengusaha yang bisnis sampingannya masih berskala kecil, biasanya belum memiliki banyak aset. Padahal, kebutuhan tambahan dana sangat penting untuk memperbesar skala bisnis.

Bila situasi yang kamu hadapi seperti ini, gunakan pinjaman tanpa jaminan KTA sebagai modal. Kamu tidak perlu menjaminkan sertifikat rumah atau kendaraan. Jumlah dana yang bisa diperoleh juga cukup besar lho.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.