Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Mendapatkan Pinjaman Uang Tanpa Syarat dan Jaminan

by Satrya Agung on 13 April, 2016

pinjaman bank_kredit tanpa agunan - CekAja.com

“Bisa gak sih mendapatkan pinjaman uang tanpa syarat dan jaminan?”

Pertanyaan ini sering kali muncul. Jika hanya pertanyaan cara mendapatkan pinjaman tanpa jaminan tentu akan sangat gampang mencari jawabannya di Google. Yang kamu butuhkan hanya mencari dengan kata kunci tersebut maka dari hasil pencarian akan bertebaran di layar monitormu.

Sebelum kita membahas lebih jauh, ada baiknya kita pahami dulu lebih dalam apa itu “Syarat” Secara bahasa dan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Syarat adalah janji atau sebagai tuntutan atau permintaan yang harus dipenuhi. Sebagai contoh;

“Saya akan makan dengan syarat kamu juga makan”

Dalam penjelasan lain juga dalam KBBI Syarat adalah segala sesuatu yang perlu atau harus ada (sedia, dimiliki, dan sebagainya). Atau Syarat juga bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang perlu untuk menyampaikan suatu maksud.

Bisa juga diartikan sebagai ketentuan (peraturan, petunjuk) yang harus diindahkan dan dilakukan. Terakahir menurut KBBI bisa diartikan sebagai biaya (barang-barang dan sebagainya) yang harus diberikan kepada guru pencak, dukun, dan sebagainya. Setelah mengetahui arti dari Syarat ini, sekarang baru kita akan bahas mengenai pinjaman uang tanpa syarat dan jaminan.

Persyaratan Meminjam Uang

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa jika kita hendak meminjam uang pada lembaga keuangan apa saja atau bank, pasti akan ada persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti, persyaratan yang paling mendasar, batasan umur yang bisa mendapatkan pinjaman, status kewarganegaran, minimal pendapatan, dan lainnya.

Itu baru persyaratan umum, belum lagi persayaratan untuk melengkapi dokumen-dokumen yang diminta, seperti fotokopi kartu identitas, surat keterangan pendapatan baik itu bisa berupa slip gaji atau fotokopi rekening, dan masih ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi.

Ini menandakan tidak akan mungkin kita bisa mendapatkan pinjaman dengan tanpa syarat apa pun. Lembaga keuangan atau bank tidak akan bisa memberikan pinjaman tanpa memenuhi persyaratan yang diminta. Hal ini sudah menjadi ketentuan baku pada setiap lembaga keuangan atau bank.

Meminjam Uang Kepada Sanak Keluarga

Itu jika kita meminjam uang pada lembaga keuangan atau bank, bagaimana jika meminjam uang pada perorangan? Perorangan yang dimaksud di sini bisa kita urut satu persatu. Yang paling dekat adalah keluarga, baik itu orang tua, anak, atau saudara. Apakah pada mereka kita meminjam uang tetap diberikan syarat?

Begini, jika kita meminjam uang pada keluarga tentu mereka tidak akan persyaratan seperti layaknya lembaga keuangan atau bank. Tapi tanpa kita sadari, juga ada perjanjian lain yang terucap dan disetujui kedua belah pihak dan ini bisa disebut syarat. Bahkan syarat tersebut tidak selalu datang dari pihak yang meminjam uang, bisa juga datang dari diri si peminjam. Contoh.

Peminjam: “Saya pinjam uang dong.”

Pemberi Pinjaman: “Boleh, tapi akhir bulan bayar ya”

Di sini bisa kita lihat bahwa ada syarat yang diberikan si pemberi pinjaman. Uang pinjaman akan diberikan jika si peminjam setuju untuk memenuhi syarat dari si pemberi pinjaman. Nah itu syarat yang datang dari si pemberi pinjaman, bagaimana dengan syarat yang datang dari si peminjam?

Berikut contohnya:

Peminjam: “Saya pinjam uang ya, nanti setelah gajian saya bayar”

Jika kita perhatikan si peminjam memberikan penawaran syarat untuk dirinya sendiri yakni pinjaman akan dibayar kembali saat ia telah gajian. Ya, ini juga bisa dibilang syarat.

Jika dengan orang terdekat saja seperti keluarga saja sudah ada syarat saat meminjam apalagi dengan orang yang tidak ada hubungan darah. Jadi, kesimpulannya, pinjaman uang tanpa syarat dan jaminan agak mustahil bisa didapatkan.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami