Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Cara Mendapatkan Reputasi Bintang 5 di Situs Jual-beli Online

by Rafly Aditia on 5 Mei, 2017

tips jualan online_kartu kredit - CekAja.com

Pertumbuhan situs jual-beli online memang kian pesat belakangan ini, sehingga banyak pengusaha yang memasarkan produknya di dunia maya.

Untuk kalian yang menjadi penjual di situs jual beli online, tentu paham betul kalau rating  yang diberikan pelanggan sama berharganya dengan pinjaman modal usaha. Para penjual berusaha sebisa mungkin mendapatkan penilaian terbaik dari pelanggan atas produk dan layanannya.

Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar pelanggan memberikan reputasi bintang 5 pada lapak online yang kita kelola:

Responsif terhadap pesan pelanggan

Bertindak responsif terhadap pesan pelanggan bisa memberikan nilai tambah di mata para pelanggan. Sebaiknya, informasikan jadwal untuk berbalas pesan dengan pelanggan di profil. Membalas pesan yang dikirimkan oleh pelanggan dengan cepat akan membuat mereka merasa puas dengan layanan yang diberikan.

Gunakan gambar asli produk

Saat menjual barang via situs jual-beli online gunakan gambar atau foto asli produk yang dijual. Namun bukan berarti menampilkan gambar seadanya. Tidak sedikit pelanggan di situs jual-beli online merasa tertipu karena gambar yang ditampilkan kurang sesuai dengan barang yang dikirim.

Untuk itu, perlu ada cara khusus mensiasatinya. Hanya bermodalkan kamera hp yang canggih dan pencahayaan yang pas, gambar berkualitas yang menarik bisa didapatkan. Pastinya pelanggan juga tidak akan merasa dibohongi karena gambar yang ditampilkan sesuai dengan barang yang dikirimkan.

Berikan deskripsi produk yang lengkap

Jangan lupa untuk selalu memberikan deskripsi produk yang lengkap pada setiap barang yang ingin dijual. Mulai dari bahan, harga, sampai ukuran secara mendetil. Dengan deskripsi produk yang lengkap, pelanggan bisa menyesuaikan dengan keinginannya dan tidak merasa kecewa. Ingat kepuasan pelanggan adalah yang paling utama dalam bisnis.

Lakukan pengiriman tepat waktu

Satu hal yang paling dibenci oleh pelanggan situs jual-beli online adalah pengiriman barang yang terlambat. Untuk itu, hindari hal tersebut dan selalu melakukan pengiriman tepat waktu. Bahkan kalau bisa, kirimkan barang di hari yang sama ketika pelanggan mentransfer uang.

Kemas barang dengan rapi

Kemasan barang yang dikirim benar-benar penting, karena pada saat pengiriman dilakukan barang-barang tersebut berisiko mengalami kerusakan. Oleh karena itu, kemaslah barang dengan rapi untuk menghindari terjadinya kerusakan.

Kalau bisa berikan harga bersaing, kenapa tidak?

Jangan lupa juga, kebanyakan orang lebih menyukai barang bagus dengan harga yang murah. Jadi, selama masih bisa memberikan harga yang bersaing mengapa tidak?

Terima komplain dan kritik dengan terbuka

Terakhir, berusahalah untuk terbuka terhadap kritik dan komplain yang diberikan pelanggan. Apabila memang masukan dari pelanggan tersebut bisa meningkatkan mutu pelayanan dan kualitas produk, sebisa mungkin terima masukan tersebut dengan baik dan lakukanlah evaluasi secara berkala.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.