Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Cara Mendapatkan Uang Paling Moncer dari Youtube

by Sindhi Aderianti on 24 January, 2019

Banyak cara mendapatkan uang yang bisa ditempuh. Tanpa bekerja di sektor formal sebagai karyawan pun, sebenarnya bisa. Era digital salah satu faktor yang membuat uang kini lebih mudah didapatkan. Namun kuncinya satu, jadilah orang yang kreatif!

Jika melihat fenomena Youtuber berpenghasilan selangit, mungkin Anda akan terheran-heran. Bahkan rasanya tak sebanding dengan apa yang sudah Anda lakukan selama ini; mengejar gelar sarjana lalu bekerja.

Di Indonesia, kita punya Atta Halilintar yang diketahui berhasil mengumpulkan kekayaan sekitar 4,5 miliar rupiah melalui berbagai jenis video hasil karyanya. Channel YouTuber sebelas bersaudara ini berisi daily life, rap, prank, dan Q & A.

Sekilas pekerjaan seorang Youtuber hanya membuat video, bagaimana bisa dalam waktu singkat menjadi kaya raya? Balik lagi, kreatifitas mereka lah yang mengantarkannya pada kekayaan.

Sebanyak apapun video, bila kontennya membosankan ya percuma. Karena tolok ukur kesuksesan content creator Youtube adalah jumlah viewers.

Apalagi viewers sifatnya tak bisa dimanipulasi seperti angka likes di media sosial lain.

Iklan Beri ‘Sumbangan’ Terbesar di Setiap Video

Di samping jumlah viewers, ada beberapa faktor lain yang turut melatarbelakangi perolehan uang tersebut. Salah satunya adalah dari kemunculan iklan.

Tapi pada dasarnya, kedua hal ini sangat berkaitan satu sama lain. Ada tiga jenis iklan yang muncul yang bisa jadi sumber income.

Iklan yang muncul sebelum video, yang disebut In- Stream Ads, di pojok kanan atas browser yang disebut Display Ads, dan yang ada di bawah video, Overlay AdsYoutuber akan mendapat keuntungan dari viewers yang melihat iklan-iklan itu.

Sistem yang digunakan untuk menghitung jumlah pemasukan dari iklan ini adalah CPM, singkatan dari Cost Per Mille. Jadi, nilai iklan yang dibayar adalah per 1.000 view dari setiap video.

Dengan kata lain, pengiklan akan membayar 1 dolar AS berdasarkan jumlah minimum view tadi.

(Baca juga: Ingin Jadi Youtuber? Simak Dulu 5 Youtuber Lokal yang Sukses Jadi Jutawan)

Hitung-Hitung Penghasilan Youtuber

Cara mendapatkan uang dari situs berbagi video ini memang tak tanggung-tanggung hasilnya. Masih soal penghasilan Atta Halilintar sebagai Youtuber ternama di Indonesia, berikut kira-kira hitungan kasarnya.

Rata-rata daily vlog atau Q & A yang Atta pernah buat, tidak ada yang sepi penonton. Setidaknya ada sekitar 2,7 juta viewers yang duduk manis menyaksikan berbagai video tersebut.

Katakanlah untuk satu daily vlog saja, jika dijumlahkan berarti pendapatannya sudah menyentuh angka 37 juta rupiah. Sementara, video yang telah Atta publish kurang lebih ada 233.

Dari total keseluruhan video tadi, kalikan dengan sekurang-kurangnya 37 juta rupiah. Hanya dari Youtube saja, lelaki 25 tahun ini sukses mengantongi uang sejumlah 4,5 miliar rupiah, bersih!

Dengan kata lain, jumlah itupun  sudah termasuk potongan bagi hasil dengan pihak Youtube. Fantastis, bukan?

(Baca juga: Rahasia Sukses Para Youtuber Indonesia Ternyata Sederhana. Ini Bocorannya)

Cara Memonetisasi Youtube

Sejak tahun 2017, setiap channel YouTube yang ingin dimonetisasi harus mempunyai jumlah tayang minimal 10.000 . Kebijakan ini diberlakukan, agar setiap iklan bisa tertuju pada pasar yang jelas dan terpercaya.

Bahkan kini, peraturan kembali ditambah oleh Google. Anda yang sudah tergabung dalam Youtube, setidaknya harus mempunyai minimal 1.000 subscriber, dan 4.000 jam waktu tontonan dalam 12 bulan terakhir.

Bila channel Anda sudah memenuhi syarat yang disebutkan tadi, selanjutnya tinggal aktifkan monetisasi Youtube dengan langkah-langkah seperti di bawah ini:

  • Klik foto profil akun Anda yang berada di bagian pojok kanan atas, lalu pilih “Creator Studio
  • Setelah mengklik “Creator Studio”,  Anda akan dibawa ke halaman dasbor dari channel Youtube. Untuk melanjutkan, klik “Channel
  • Langkah berikutnya, temukan pilihan “Monetisasi” lalu klik “Aktifkan” dan “Mulai”
  • Jika sudah mengklik “Mulai”, laman Youtube Partner Program Terms pun akan muncul. Baca baik-baik hingga selesai tiap poinnya, beri checklist pada semua kolom yang tersedia, lalu klik “Saya Setuju”
  • Setelah menyetujuinya, sekarang Tab Monetisasi Anda pun muncul. Klik “Siapkan Adsense” dilanjutkan dengan “Pengelolaan Video”
  • Terakhir sebagai bukti bahwa akun Youtube telah berhasil dimonetiasasi, ada logo Dolar yang ditunjukkan pada bagian samping video Anda.

5 Jenis Video yang Paling Disukai Viewers

Beralih ‘profesi’ sebagai Youtuber, kini seolah menjadi cara mendapatkan uang yang lebih menyenangkan bagi anak muda. Pun, tak ada kontrak atau aturan khusus yang mengikat seperti jika bekerja di suatu perusahaan.

Siapapun bebas membuat konten yang disukai, selama dalam batas wajar. Tapi menurut beberapa sumber, ada beberapa jenis video yang kiranya paling disukai viewers.

Tips ini bisa dijadikan acuan agar kelak, channel Anda banjir viewers dan subscribers. Seperti apakah gaya video yang dimaksud? Ini dia!

1. Fakta menarik

Ada banyak fakta menarik yang bisa Anda angkat menjadi bahan video ini. Misalnya, museum paling unik di seluruh dunia.

Mengeditnya lebih simpel, tinggal menggabungkan beberapa foto atau video ke dalam slideshow saja. Jangan lupa pula tambahkan teks dan beberapa musik sebagai latarnya.

2. Tutorial

Ketika ingin mengetahui sesuatu yang tak biasa dilakukan sebelumnya, viewers sering kali menjadikan tutorial sebagai jalan keluar terbaik. Misalnya saja makeup untuk para wanita.

Tentu lebih mudah menirukannya dengan melihat video, dibandingkan membaca tips di majalah. Berawal dari tutorial, bukan tidak mungkin Anda kelak menjadi beauty vlogger yang sukses seperti Tasya Farasya.

(Baca juga: Modal Minim, 4 Profesi Ini Bisa Hasilkan Uang Jutaan Hingga Miliaran)
3. Unboxing

Punya barang terbaru yang menarik untuk ditunjukkan? Buat video unboxing beserta review lengkapnya sekalian.

Meski tampak sederhana, tapi justru video jenis ini cukup bermanfaat bagi sebagian orang yang memang kepo dengan barang incaran mereka. Semisal gadget keluaran terbaru.

Banyak sisi yang bisa Anda bahas di video mengenai gadget tersebut. Dari mulai kelengkapan aksesoris, desain, hingga spesifikasi.

4. Vlog

Vlog merupakan perpaduan dari kata “video blog”. Isinya secara umum terdiri dari rangkaian aktivitas pemilik akun.

Entah itu saat traveling, atau sekedar makan siang di restoran terbaru. Ketika membuat vlog, kemampuan dalam berkomunikasi pun turut diasah.

Anda harus bisa menjelaskan setiap hal yang ditampilkan dalam video agar viewers tidak merasa bosan.

5. Cover Lagu

Jangan sembunyikan bakat terpendam Anda. Bila memiliki suara emas ditambah kemampuan bermain alat musik, ini saat yang tepat untuk menunjukkannya lewat video.

Tak sedikit penyanyi papan atas lokal ataupun internasional yang mengawali karirnya dengan meng-cover lagu di Youtube, lho. Contohnya Raisa dan trio GAC. Pilih lagu paling hits, nyanyikan ulang dengan versi berbeda, dan upload!

Inti membuat video Youtube yang mengundang banyak viewers adalah bagaimana Anda bisa mengangkat suatu hal biasa menjadi lebih menarik dari sisi tertentu. Belanja di mall mungkin biasa, tapi kalau belanja dengan hanya membawa uang Rp 100? Orang pasti ikut penasaran.

Bagaimana, tertarik dengan cara mendapatkan uang dari Youtube? Kumpulkan ide konten video Anda dari sekarang.

Buat sekreatif mungkin, namun juga bermanfaat bagi calon viewers kelak. Terbukti, tidak ada yang sulit untuk mennjadi produktif di era digital seperti sekarang. Selagi kesempatan terbuka luas, teruslah memanfaatkan internet secara positif. Semangat!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami