7 Cara Mengatasi Anak Ngompol Paling Efektif sampai Berhenti!

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Anak masih suka ngompol, meski sudah cukup besar? Sepertinya, cara mengatasi anak ngompol paling efektif berikut ini, wajib diketahui para orang tua.

Mengompol atau dikenal dengan bedwetting, merupakan sebuah hal lumrah jika dialami oleh bayi. Namun, akan menjadi masalah ketika sudah dialami oleh balita, anak-anak usia di atas 3 tahun, bahkan usia remaja.

Apalagi, jika kebiasaan ngompol masih terus terjadi, sampai anak memasuki usia sekolah. Meski hal tersebut terjadi di alam bawah sadar si kecil, namun kebiasaan ngompol sebetulnya bisa diatasi loh.

Pasalnya, jika kebiasaan ngompol dibiarkan, kebiasaan tersebut bisa menjadi sebuah habit, bahkan sampai anak tersebut beranjak remaja, hingga dewasa.

Namun, cara mengatasi anak ngompol memang perlu kesabaran dan ketelatenan, agar si kecil bisa belajar untuk tidak kencing ketika tidur.

Penyebab Anak Masih Suka Ngompol

Sebelum mengetahui cara mengatasi anak ngompol, yuk ketahui sekilas informasi terkait penyebab, mengapa anak masih suka ngompol.

  • Perkembangan kandung kemih terlambat, atau kurang memiliki kepekaan bisa kandung kemihnya penuh
  • Memiliki gangguan “hormon antidiuretik”, yakni hormon yang bertanggung jawab untuk mengontrol jumlah kemih, yang diproduksi ginjal di malam hari
  • Anak belum bisa menahan kencing (biasanya di usia batita dan anak-anak pra sekolah)
  • Usia anak-anak memang umumnya menghasilkan urin yang lebih banyak, selama sore dan malam hari
  • Anak-anak memiliki kebiasaan menahan kencing, karena malas ke toilet hingga takut ke toilet sendiri

Lantas bagaimana cara mengatasi anak ngompol, jika dilihat dari deretan penyebab di atas? Apakah bisa diatasi sampai benar-benar berhenti?

(Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Mendidik Anak yang Perlu Dihindari)

Tentu bisa! Yuk, intip cara mengatasi anak ngompol paling efektif serta kreatif, sampai benar-benar berhenti, berikut ini.

7 Cara Mengatasi Anak Ngompol

1. Membuat Jadwal Rutin Waktu Minum dan Kencing

Cara mengatasi anak ngompol yang pertama adalah dengan membuat jadwal rutin, waktu minum dan buang air kecil.

Dengan mengikuti jadwal minum dan buang air kecil yang teratur, membuat si kecil tidak terpaksa untuk menahan kencing.

Nah, di sini orang tua bisa membuat jadwal tersebut, sebagai berikut:

  • Jadwal minum pada pagi dan siang hari di perbanyak
  • Pergi buang air kecil secara teratur pada pagi hari dan siang hari
  • Jadwal minum pada sore dan malam hari dikurangi
  • Jangan lupa pergi ke toilet sebelum tidur

Tidak hanya menerapkannya, orang tua juga harus melihat, bahkan mencatat perkembangannya, hari demi hari. Lakukan kegiatan ini serutin mungkin, sampai kebiasaan ngompol berhenti.

Jika anak tidak menunjukkan hasil perkembangan sama sekali, dna tetap ngompol, baru bisa dibawa ke dokter untuk konsultasi.

2. Hindari Jenis Minuman yang bisa Merangsang Buang Air Kecil

Biasanya anak suka minum-minuman yang memiliki rasa. Namun, agar cara mengatasi anak ngompol berhasil, ada baiknya hindari minum-minuman yang bisa memicu buang air kecil.

Apalagi jika diberikan pada saat sebelum tidur. Jenis minuman seperti apa yang bisa merangsang buang air kecil?

Nah, di sini orang tua bisa menghindari memberikan minuman yang manis, seperti susu cokelat, sirup, yang mengandung kafein seperti teh atau kopi, dan minuman bersoda.

3. Biasakan Buang Air Kecil Sebelum Tidur

Terkadang, ketika sudah mengantuk anak malas untuk buang air kecil sebelum tidur. Padahal, salah satu cara mengatasi anak ngompol, adalah rutin membiasakan buang air kecil sebelum tidur.

Gunanya, agar kandung kemih si kecil, akan kosong ketika tidur. Cobalah untuk membiasakan kencing, 20-30 menit sebelum tidur.

4. Jangan Memarahi dan Beri Apresiasi jika Tidak Ngompol

Cara mengatasi anak ngompol yang harus dikuasai orang tua adalah, dengan tidak memarahi dan menekannya. Hal ini memang sedikit sulit, karena bisa membuat kesal. Namun, orang tua harus dituntut sabar.

Bahkan, akan lebih baik jika orang tua, memberikannya apresiasi ketika ia berhasil tidak ngompol.

Hal ini dilakukan, agar anak termotivasi dan berusaha untuk tidak ngompol. Tidak perlu memberikan hadiah yang besar, orang tua bisa memberikannya masakan kesukaan, menceritakan dongeng, dan lain-lain yang tentunya bermanfaat untuk si kecil.

5. Temani jika Anak Ingin ke Toilet pada Malam Hari

Tidak semua anak berani untuk pergi ke toilet sendiri, meski dalam keadaan kebelet kencing. Di sini, orang tua perlu peka terhadap anak, karena hal ini menjadi salah satu cara mengatasi anak ngompol, yang cukup ampuh.

Coba setiap hari, orang tua rutin menemani anak ke toilet sebelum tidur, atau ketika tengah malam. Hal tersebut dilakukan agar, ia merasa aman dan mau untuk pergi ke toilet.

6. Menggunakan Alas Anti Air di Kasur

Cara mengatasi anak ngompol yang satu ini, mungkin dianggap bisa membuat anak malas pergi ke toilet. Namun, di sisi lain, cara ini juga cukup memberi motivasi loh.

Pasalnya, dengan menaruh alas tidur anti air, akan membuat tidurnya tidak nyaman. Pertama, karena alas tidur tersebut licin dan dingin.

Kedua, jika anak ngompol, air kencing akan tertahan di alas tersebut, sehingga membuat tidurnya tidak nyaman, karena dikelilingi dengan genangan air kencingnya sendiri.

Dengan begitu, anak pasti akan malas jika tidur dengan alas tersebut. Nah, hal tersebut pun, yang akan membuatnya memiliki tekad, untuk tidak mengompol lagi.

Namun, orang tua juga perlu menjelaskan, bahwa jika si kecil tidak ngompol, maka alas tersebut akan dilepas.

7. Pergi ke Dokter untuk Konsultasi

Cara mengatasi anak ngompol yang terakhir, dan ketika cara di atas tidak memberikan hasil apa-apa, maka orang tua perlu membawanya ke dokter.

Terlebih, jika anak sudah memasuki usia 7-8 tahun, maka berkonsultasi ke dokter bisa jadi jalan terakhir.

(Baca Juga: 5 Obat Kencing Batu beserta Fungsinya yang Beragam)

Dengan berkonsultasi ke dokter, orang tua bisa tahu apa masalah yang dialami anak, sampai tidak bisa berhenti ngompol.

Sehingga, orang tua bisa mengatasi dengan cara lain. Misalnya terapi, minum obat, atau bahkan operasi, jika keadaan kandung kemihnya parah.

Nah, itu dia tujuh cara mengatasi anak ngompol, paling efektif yang sering dilakukan para orang tua zaman dulu hingga kini.

Jadi, untuk para orang tua muda masa kini, jangan panik menghadapi anak yang masih suka ngompol yah!

Terlebih, untuk masalah kebiasaan menahan kencing di malam hari. Karena akibatnya bisa fatal, dan berpengaruh ke kesehatan anak.

Menahan kencing, disebut bisa menimbulkan kencing batu, karena pengendapan air kencing di dalam kandung kemih.

Ketika hal tersebut sudah terjadi, maka akan menimbulkan rasa sakit ketika si kecil buang air kecil. Jadi harus melakukan pengobatan deh, ke rumah sakit dan mengeluarkan biaya berobat.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, segera lakukan konsultasi sejak dini, terkait keluhan kencing si kecil. Jangan lupa juga untuk memiliki asuransi kesehatan, agar bisa meminimalisir biaya pengobatan.

Ajukan Asuransi Kesehatan Terbaik Pilihan Anda, hanya di CekAja.com!

Mau mengajukan asuransi kesehatan pribadi maupun keluarga tanpa ribet? Ajukan saja lewat CekAja.com!

Di CekAja.com, Anda bisa memilih, membandingkan, dan mengajukan kapan saja dan di mana saja, asuransi kesehatan pilihan secara online.

Ada banyak pilihan produk asuransi kesehatan, yang ditawarkan CekAja.com. Mulai dari Cigna, Ciputra Life, hingga PFI Mega Life.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!