7 Cara Mengatasi Ban Mobil Pecah Saat Berkendara

4 min. membaca Oleh Maria Nofianti pada

Jangan panik dan tetap fokus saat ban mobil yang kamu kendarai pecah! Inilah cara mengatasi ban mobil pecah saat berkendara di jalan.

Ketika musim libur tiba pasti ada banyak orang berbondong-bondong melepas penat, untuk sekedar keluar rumah atau pergi berwisata. Sebagian besar dari mereka memakai kendaraan pribadi seperti mobil.

Karena untuk saat ini, menggunakan kendaraan pribadi menjadi satu pilihan sekali jika dibandingkan naik kendaraan umum.

Setidaknya, menggunakan mobil atau kendaraan pribadi ini dapat mengurangi kita untuk kontak langsung dengan orang lain di masa pandemi ini.

Mengendarai mobil sendiri memang nyaman tapi bukan berarti tidak memiliki resiko. Ada banyak kecelakaan yang terjadi salah satunya karena ban mobil yang pecah.

Saat kita tidak tahu bagaimana cara mengatasi ban mobil pecah malah bisa mengarah ke kejadian yang lebih buruk. Beberapa kecelakaan karena ban mobil pecah bahkan memakan korban jiwa.

Nah kali ini untuk persiapan liburan dan menghindari kejadian buruk kita tentu harus tahu bagaimana cara mengatasi ban mobil pecah saat di jalan. Simak terus tulisan ini ya!

(Baca Juga: Pilih Mobil Terbaru di IIMS Virtual 2021 )

Cara Mengatasi Ban Mobil Pecah

Ada banyak penyebab kenapa ban mobil yang kita kendarai bisa tiba-tiba pecah. Kita juga harus tahu akan hal ini sehingga bisa mengurangi resiko ban mobil pecah saat berada di jalan.

Penyebab ban mobil pecah, bisa karena kita terlalu sering melewati jalanan yang rusak dan berlubang.

Benturan yang keras berulang kali, bisa menyebabkan rajutan kawat baja menjadi putus serta bisa merusak suspensi mobil.

Selanjutnya bisa karena angin ban yang kurang. Banyak orang yang beranggapan kalau ban mobil pecah karena tekanannya yang terlalu besar.

Padahal ban akan pecah kalau tekanannya malah kurang. Jadi pahami baik baik dan cek tekanan ban, jangan sampai salah mengerti.

Hal selanjutnya yang bisa bikin ban mobil pecah adalah salah memilih ban. Jadi sebelum tahu cara mengatasi ban mobil pecah lebih baik kita pastikan dulu kita memilih ban yang tepat sesuai medan jalannya.

Usia ban yang sudah kadaluarsa juga bisa menjadi salah satu penyebab ban mobil pecah. Bahkan adanya kerikil yang menempel di tapak ban dan ukuran pelek yang tidak sesuai juga mesti menjadi perhatian agar ban mobil tidak pecah. 

Nah kalau penyebabnya sudah tahu lalu bagaimana cara mengatasi ban mobil pecah saat berkendara? Ada beberapa langkah yang harus kita ambil diantaranya adalah:

1. Jangan Panik

Kepanikan hanya akan membuat pikiran kita tak jernih dan mengganggu pengambilan keputusan. Berlaku juga saat kita sedang berada dalam kejadian ini.

Kunci dari kejadian ban mobil pecah adalah jangan panik, agar kita bisa menguasai keadaan. Karena ini kejadian berbahaya maka ada baiknya kita jangan panik dulu.

Ban mobil pecah bisa diatasi dengan tips-tips khusus asalkan kita jangan panik.

2. Jangan Mengerem Mendadak

Cara mengatasi ban mobil pecah saat berkendara selanjutnya adalah jangan mengerem mendadak. Ini akan membuat mobil malah tak terkendali dan kita akan sulit memperkirakan arah gerakan mobil.

Hal yang paling buruk jika melakukan pengereman mendadak adalah mobil bisa terpelanting dan terbalik. Jadi tetap santai dan jangan melakukan pengereman mendadak.

3. Tahan Kemudi Arah Lurus

Cara mengatasi ban mobil pecah selanjutnya adalah dengan merasakan ban mana yang pecah dan mempertahankan kemudi arah lurus. Karena biasanya stir akan selalu kearah ban yang pecah maka ini harus ditahan sekuat tenaga.

Usahakan tidak melakukan manuver berlebihan apalagi ke arah berlawanan. Kalau yang pecah ban belakang itu relatif bisa dikontrol karena ban depan tidak ada masalah.

4. Jangan Menginjak Pedal Kopling

Mungkin sekali saat terjadi sesuatu yang mengagetkan seperti ini, kita akan langsung menginjak pedal, baik itu rem, gas, atau pun kopling.

Tapi ketika ban pecah hindari untuk menginjak pedal kopling karena ini bisa membuat mobil malah melaju kencang tanpa bisa dikendalikan. Ini karena beban putaran mesin tidak bisa menahannya.

5. Jangan Menetralkan Posisi Gigi

Cara mengatasi ban mobil pecah saat melaju adalah jangan menetralkan posisi gigi. Ini akan membuat mobil melaju tambah kencang.

Tapi jika mobil sudah melaju tidak terlalu kencang dan kita sudah bisa mengendalikannya kita bisa mengurangi posisi gigi untuk mengurangi kecepatan.

6. Lepaskan Pedal Gas

Langkah selanjutnya dalam cara mengatasi ban mobil pecah adalah dengan melepaskan pedal gas agar kecepatan turun dengan sendirinya. Arahkan mobil ke kiri jalan jika kecepatan mulai turun dan jangan lupa nyalakan lampu seinnya.

Kita juga harus tetap memantau bagaimana kondisi belakang mobil lewat spion. Kita bisa menekan pedal rem perlahan jika saat mobil sudah di jalur kiri dan kecepatannya berkurang banyak.

Jika depan kondisinya aman kita juga bisa biarkan mobil untuk berhenti sendiri di pinggir jalan.

7. Pasang Segitiga Pengaman

Cara mengatasi ban mobil pecah yang terakhir adalah saat mobil sudah berhenti segera pasang segitiga pengaman serta lampu hazard untuk tanda mobil kamu berhenti. Ini juga mencegah mobil tertabrak dari belakang.

Jika sudah aman lakukan penggantian ban mobil dengan ban cadangan. Kita bisa melaju lagi saat ban cadangan sudah terpasang dan memastikan kondisi mobil juga aman tanpa ada kerusakan lainnya.

(Baca Juga: Masalah Umum Mobil Matic)

Nah itu dia cara mengatasi ban mobil pecah saat berkendara di jalan. Saat kita melaju apalagi dengan kecepatan yang tinggi akan sangat berbahaya jika mengalami ban mobil pecah.

Oleh karena itu, sebelum berkendara sebaiknya selalu cek kembali kondisi mobil yang akan digunakan.

Dengan mengetahui dan memahami cara mengatasi ban mobil pecah saat berkendara, akan sangat membantu jika kejadian itu benar-benar terjadi.

Hal itu juga akan menghindarkan kita dari kecelakaan yang fatal. Dan kuncinya adalah jangan panik.

Tetap tenang, agar semua tips dan teori bisa diterapkan dengan baik dan benar. Apabila kita sudah panik dulu maka langkah-langkah cara mengatasi ban mobil pecah di atas bisa sia-sia. 

Dan jangan lupa untuk melengkapi diri dengan asuransi, agar tak ada lagi yang perlu dikhawatirkan saat kondisi buruk terjadi pada kita.

Ini berguna, jikalau mungkin kita tak mampu mengatasi keadaan dan mengalami kecelakaan fatal.

Maka asuransi akan menjadi satu alternatif yang meringankan “beban” kita dari segi finansial. Dan kondisi keuangan keluarga pun akan tetap stabil.

Di CekAja.com ada beragam jenis asuransi yang bisa kita pilih, kita juga bisa membandingkan dahulu sebelum menjatuhkan pilihan.

Jadi, tunggu apalagi? Lengkapi diri dan kendaraanmu dengan asuransi terbaik.

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti