Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Cara Mengatasi Depresi tanpa Minum Obat paling Mudah dan Ampuh

by Kyla Damasha on 5 Februari, 2020

Mungkin masih banyak yang belum menyadari bahwa mengetahui cara mengatasi depresi tanpa minum obat sangat penting untuk kita pelajari saat ini. Pada dasarnya, mengkonsumsi obat bukanlah pemecah dari berbagai masalah kesehatan yang kita alami.

cara mengatasi depresi tanpa minum obat

Terkadang, tak jarang masih ada orang yang menganggap bahwa depresi merupakan suatu hal yang sepele. Padahal, apabila kondisi ini tidak segera ditangani, justru akan berakibat fatal bagi para penderitanya.

Lalu sebenarnya, apa sih yang dinamakan dengan depresi? Dilansir dari alodokter.com, depresi merupakan kondisi psikologis yang mengganggu suasana hati (mood) yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan rasa tidak peduli.

Memang untuk manusia pada umumnya, memiliki perasaan sedih merupakan suatu hal yang normal. Tetapi untuk seseorang yang dinyatakan mengalami depresi, perasaan sedih, putus harapan, maupun merasa tidak dihargai akan berlangsung jauh lebih lama dibandingkan manusia normal. Biasanya, mereka akan merasakan itu lebih dari 2 minggu.

Apabila tidak segera ditangani, jelas kondisi ini bisa menyebabkan efek yang jauh lebih buruk lagi bagi para penderitanya, seperti menurunnya produktivitas kerja, mengganggu hubungan sosial, hingga keinginan untuk bunuh diri.

Biasanya, kondisi ini lebih banyak dialami oleh wanita karena sifat mereka yang cenderung lebih perasa dan lebih sering mengalami perubahan hormon, seperti pada saat menstruasi ataupun pada saat hamil. Namun, tidak menutup kemungkinan depresi juga bisa dialami oleh pria.

(Baca Juga: Jenis Minuman Pereda Stress Alami)

Selain itu, kasus depresi juga bisa berkembang lebih buruk lagi apabila tidak ditangani dengan cara yang tepat. Penanganannya pun membutuhkan waktu yang lama yang disertai dengan obat-obatan dan psikoterapi.

Nah, banyak orang yang menganggap bahwa kondisi depresi hanya bisa ditangani dengan mengkonsumsi obat saja. Padahal faktanya, terdapat cara mengatasi depresi tanpa minum obat yang bisa dilakukan dengan mudah dan ampuh lho.

Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi terlalu banyak obat juga berdampak tidak baik bagi kesehatan.

Maka dari itu, agar kondisi depresi tidak semakin parah, yuk kita ketahui bersama-sama tentang cara mengatasi depresi tanpa minum obat dengan mudah dan ampuh berikut ini.

Cara Mengatasi Depresi tanpa Minum Obat
1. Merubah Pola Pikir

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa pola pikir sedikit banyak memiliki pengaruh terhadap kondisi depresi. Sebenarnya tidak hanya untuk depresi saja, pola pikir juga memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kondisi kesehatan apapun yang dialami oleh seseorang.

Dikarenakan hal itulah, cara mengatasi depresi tanpa minum obat yang harus dilakukan untuk pertama kali adalah dengan merubah pola pikir. Bagaimana sih caranya?

·     Cobalah untuk Mengatasi Masalah yang Dapat Ditangani

Perlu diketahui bahwa kondisi depresi dapat diperburuk dengan masalah-masalah yang berada di luar kendali penderitanya, seperti masalah kesehatan, masalah keuangan, kematian orang yang dicintai, dan masih banyak lagi.

Nah, agar bisa meringankan masalah berat yang sekiranya tak bisa ditangani, ada baiknya jika kamu mulai mencoba untuk mengatasi atau melakukan perubahan untuk masalah-masalah kecil.

Sebagai contoh, cobalah bertanya dengan diri sendiri “masalah kecil seperti apa yang membuatmu menjadi memiliki perasaan negatif di dalam kehidupan sehari-hari?”.

Jika kamu sudah menemukan jawabannya, maka cobalah untuk mengatasinya. Karena dengan begitu, secara tidak langsung kamu akan terlatih untuk berhadapan dengan masalah yang lebih besar lagi.

·     Ekspresikan Diri

Depresi cenderung membuat orang menarik diri dari dunia luar dan menghindari komunikasi dengan orang lain, namun disisi lain depresi justru akan menjadi lebih buruk apabila penderitanya hanya menyimpan emosi di dalam hati. Maka dari itu, janganlah pernah ragu untuk mengekspresikan diri.

Usahakan untuk tidak terlalu banyak menghabiskan waktu seorang diri. Lakukanlah percakapan sehari-hari dengan teman dekat, keluarga, ataupun rekan kerja di kantor maupun teman sekelas di sekolah.

Kamu tidak perlu membahas tentang depresi yang tengah dialami, namun tetaplah menjadi diri sendiri dan lakukan berbagai hal secara alami.

Selain itu, melakukan kegiatan seni juga bisa menjadi bentuk ekspresi diri yang sangat terapeutik lho, seperti menari, menyanyi, seni visual, bermain musik, maupun menulis.

Tidak hanya itu, kamu juga jangan ragu untuk mengekspresikan kesedihan, rasa takut, rasa marah, hingga emosi lainnya yang membuat diri menjadi depresi.

Perasaan-perasaan seperti ini merupakan bagian hidup yang sama besarnya dengan kebahagiaan ataupun kepuasan. Terlalu lama menahan emosi justru akan membuat depresi menjadi lebih buruk.

·     Memperkuat Sisi Spiritual

Banyak orang yang beranggapan bahwa bertemu berhadapan dengan spiritualitas justru dapat membantu dalam menemukan kedamaian, terutama ketika sedang menghadapi masalah, seperti depresi.

Cobalah untuk mulai melakukan meditasi yang terfokus pada pengembangan pola-pola yang mengarah pada kesadaran diri dan kedamaian. Kamu bisa mulai mengikuti meditasi yang diselenggarakan di lingkungan tempat kamu tinggal ataupun mempraktekannya sendiri di rumah.

Selain itu, apabila kamu seseorang yang religius, maka kamu juga bisa mulai sering mengunjungi tempat beribadah dan libatkan diri di kegiatan-kegiatan ataupun berkomunikasi dengan orang-orang yang bisa memberikanmu kenyamanan dan merasa diterima.

·     Bersikap Baik pada Diri Sendiri

Perlu diketahui bahwa depresi dapat mengarah kepada perasaan negatif mengenai kemampuan dan kepribadian seseorang. Maka dari itu, cara mengatasi depresi tanpa minum obat yang akan ampuh untuk dilakukan adalah dengan selalu fokus pada hal-hal yang kamu sukai dan bagaimana hal tersebut dapat memberikan dampak positif bagi diri sendiri. Jangan pernah mendengar pendapat orang lain, terutama yang berhubungan dengan hal negatif.

Jangan pernah salahkan diri sendiri juga karena telah mengalami depresi. Walaupun depresi terkadang bisa mempengaruhi hampir semua orang di satu titik di dalam kehidupan mereka, selalu tunjukan bahwa kamu bukan sosok yang lemah atau pengecut. Yakinkan pada diri sendiri bahwa kamu bisa mengatasi ini dengan sangat baik dan berani.

2. Merubah Pola Aktivitas

Cara mengatasi depresi tanpa minum obat selanjutnya adalah dengan merubah pola aktivitas. Sedikit banyak, aktivitas yang kita jalani sehari-hari memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kondisi depresi yang tengah dialami lho.

Sebagai contoh, terlalu lama mendekam di rumah seorang diri tanpa adanya interaksi dengan orang lain juga membuat depresi justru semakin parah. Tidak hanya itu, bergaul dengan orang yang salah pun juga bisa menjadi pemicu kondisi depresi yang tak kunjung membaik.

·     Sering Habiskan Waktu di Luar Rumah

Menghirup udara segar, menghubungkan diri dengan alam, serta berjemur di bawah sinar matahari untuk mengembalikan tingkat vitamin D dalam tubuh secara tidak langsung bisa kembali meningkatkan semangat dalam dirimu.

Cobalah luangkan waktu untuk menghabiskan waktu di luar ruangan. Jika memungkinkan, pergilah melakukan traveling atau refreshing sejenak dari rutinitas yang sekiranya membuatmu menjadi depresi.

Apabila suhu di luar ruangan terlalu dingin untuk kamu bepergian, bukalah jendela dan biarkan cahaya matahari masuk membanjiri rumahmu.

·     Tetap Sibuk

Menjalankan rutinitas sehari-hari yang sibuk merupakan salah satu cara mengatasi depresi tanpa minum obat yang cenderung ampuh. Hal tersebut dikarenakan berdiam diri tanpa melakukan apapun justru akan membuat perasaan sedih semakin meningkat dan mendalam.

Jika kamu sedang tidak bekerja atau tidak ada kelas yang harus dihadiri, kamu bisa membawa laptop atau buku ke kafe dekat rumah. Jangan pernah memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk merasa sedih barang sedikit pun.

Setiap minggunya, buatlah daftar aktivitas atau hal-hal yang akan dilakukan, dan berilah tanda centang pada aktivitas yang telah berhasil kamu lakukan atau hal-hal yang telah berhasil kamu capai.

Selain itu, kamu juga bisa mengambil tanggung jawab dari orang lain. Sebagai contoh, menawarkan diri untuk menjaga keponakan di rumah kerabat atau menemani saudara yang lebih tua ke supermarket untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Tunjukan bahwa kamu merupakan sosok yang bisa diandalkan.

·     Rutin Berolahraga

Menggerakan tubuh bisa membuat pikiran menjadi lebih relax. Selain untuk meningkatkan kesehatan, faktanya berolahraga juga terbukti mampu mengurangi rasa cemas dan depresi.

Carilah olahraga yang menyenangkan dan kamu senangi, seperti berlari, jogging, berenang, ataupun bersepeda, dan lakukanlah secara rutin.

Jangan pernah terpikirkan bahwa kamu berolahraga untuk menurunkan berat badan. Fokuslah pada perasaan senang ketika menggerakan tubuh, merasakan jantung yang terpompa dan nafas yang lebih cepat.

Selain itu, kamu juga bisa mengajak teman dekat atau anggota keluarga untuk menemani agar aktivitas olahraga menjadi lebih menyenangkan.

(Baca Juga: Jenis Minuman Pereda Stress Alami yang Terbukti Ampuh dan Perlu Kamu Ketahui)
3. Perawatan Diri

Cara mengatasi depresi tanpa minum obat yang terakhir adalah dengan melakukan perawatan diri. Tanpa disadari, ternyata perawatan diri bisa membuat seseorang menjadi merasa lebih senang lho, terutama untuk wanita.

Selain merasa menjadi lebih cantik, dengan melakukan perawatan diri secara tidak langsung kamu juga akan merasa lebih sehat dan bugar. Banyak sekali cara-cara yang bisa dilakukan untuk perawatan diri.

·     Mengkonsumsi Makanan dengan Bahan Antidepresan

Selain menjaga pola makan yang seimbang, kamu juga perlu meningkatkan asupan makanan yang dikenal bisa membantu dalam mengurangi depresi, seperti alpukat, tomat, apel, cokelat, jamur, atau minum teh.

·     Hilangkan Kebiasaan Minum Alkohol dan Obat-obatan

Meskipun alkohol dan obat-obatan bisa meredakan gejala depresi untuk jangka pendek, namun di sebagian besar kasus kedua hal tersebut justru membuat depresi semakin parah.

Guna mendapatkan kendali penuh atas emosi yang tengah dialami, ada baiknya jika segera hilangkan kebiasan meminum alkohol maupun mengkonsumsi obat-obatan sepenuhnya.

Faktanya, alkohol adalah depresan yang terkadang menyebabkan perasaan negatif semakin buruk, walaupun kamu mengkonsumsinya ketika tengah bersenang-senang.

Jika di dalam proses mengatasi ketergantungan alkohol kamu justru mengalami kesulitan, berarti artinya kamu perlu segera mendapatkan perawatan.

·     Kunjungi Terapis

Jika kamu merasa kesulitan untuk mengatasi depresi yang tengah dihadapi, maka cobalah untuk mencari bantuan dari orang lain yang lebih berpengalaman.

Terapis profesional bisa membantu orang untuk mengembangkan pola pikir dan tingkah laku baru yang dapat menyembuhkan depresi dan mencegah untuk muncul lagi.

Selain itu, terapis juga akan mengembangkan rencana pengobatan yang dirancang khusus untuk kebutuhan kamu sebagai seorang pasien. Terapi wicara yang berkonsentrasi pada perubahan pola pikir negatif telah terbukti bisa menjadi cara pengobatan efektif untuk depresi, baik itu secara khusus maupun jika disertai dengan obat-obatan lainnya.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, dimana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda