Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Mengatur Bujet Nonton Konser Hingga Akhir Tahun 2015

by JTO on 4 Juli, 2015

Pertunjukan musik seperti konser band atau penyanyi ternama, festival musik, atau drama musikal, kerap menjadi pilihan hiburan yang menyenangkan. Namun, jika dalam satu tahun ini terlalu banyak yang ingin ditonton, bagaimana cara mengatur duit anggarannya?

Biasanya setiap pertunjukan akan dipromosikan jauh hari sebelum hari H. Anda bisa mulai menabung-nabung dan membuat estimasi serta perencanaan apa saja yang akan ditonton tahun ini. Jika tidak, bisa-bisa tidak ada dana yang tersisa untuk tabungan Anda tahun ini. Jangan sampai limit kartu kredit akhirnya habis tidak tersisa, atau, jangan-jangan THR yang sudah disiapkan sebagai dana tabungan malah lenyap karena kalap.

Sampai penghujung tahun 2015 ini akan ada konser dari Chris Brown, Bon Jovi, Ariana Grande, dan BIG BANG yang bisa menjadi pilihan. Batalnya konser Maroon 5 mungkin bisa mengubah perencanaan hiburan Anda tahun ini. Bisa jadi Anda ingin menonton mereka beraksi di panggung F1 Singapore Grand Prix pada September 2015. Selain itu, ada juga pertunjukan musik The Sound of Music di bulan Oktober. Atau, festival musik Ultra Music Festival dan Dreamfields yang digelar di Bali. (Baca juga: Bisa Foya-foya, Tapi Tetap Kaya)

Sebagai bahan pertimbangan, coba tetapkan dulu anggaran yang ingin Anda sisihkan sepanjang tahun ini. Dengan anggaran ini, Anda bisa kembali membuat perencanaan pilihan konser atau pertunjukan favorit Anda tahun ini. Kemudahan pembelian tiket jauh hari sebelum konser digelar tentu akan membuat Anda semakin mudah mengatur-atur kembali anggaran Anda. Misalnya untuk tahun ini Anda masih bisa memiliki pos untuk hura-hura sebesar Rp 5 juta. Mungkin pengaturannya bisa dibuat berdasarkan klasifikasi berikut ini.

Penggemar berat rock band dan festival musik

Misalnya, Anda merupakan penggemar berat Bon Jovi dan gemar mendatangi festival musik. Anda bisa langsung memesan tiket VIP Bon Jovi yang bakal mulai dijual sejak 29 Juni 2015 seharga Rp 3,5 juta. Selain itu, Anda bisa menikmati berbagai festival musik yang akan digelar dalam beberapa bulan ke depan. Akan ada We The Fest 2015 yang berlangsung di Parkir Timur Senayan, Jakarta, pada awal Agustus mendatang. Anda cukup mengeluarkan dana Rp 605 ribu untuk membeli tiket presale.  (Baca juga: Kesalahan Atur Uang Saat Usia 20 yang Bikin Bangkrut di Usia 30)

Pemburu tiket kelas festival

Atau, untuk Anda penggemar tiket festival di beberapa konser yang akan digelar di Jakarta. Anda bisa berjodoh menonton konser setiap bulannya sejak bulan Juni ini. Diawali dengan konser Chris Brown di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang bulan Juli. Dilanjutkan dengan konser Bon Jovi, pada 11 September 2015, di Stadion Gelora Bung Karno. Harga tiket festivalnya berada di kisaran Rp 1 jutaan. Di bulan Agustus, akan ada Ariana Grande yang manggung di JIEXPO Kemayoran atau BIG BANG di ICE yang kisaran harga tiket festivalnya berada di angka Rp 2 juta-an.

Pecinta penyanyi solo wanita dan drama musikal

Anggaran 5 juta juga bisa dialokasikan untuk para pecinta konser penyanyi solo wanita dan drama musikal. Kehadiran Ariana Grande juga pasti akan masuk bidikan. Selain itu, Anda mungkin penasaran melihat pertunjukan The Sound of Music yang akan berlangsung di Ciputra Artpreneur Theater, Kuningan, Jakarta Selatan pada awal Oktober juga bisa masuk daftar. Dengan budget sebesar Rp 5 juta Anda bisa membeli tiket Ariana Grande untuk area Blue (Rp 2,310,000) dan tiket Platinum The Sound of Music (Rp 2,655,000). (Baca juga: Cara Tetap Tampil Keren Tanpa Bangkrut)

Nah, kini cek kembali berapa anggaran yang tersisa untuk hura-hura Anda tahun ini. Kemudian, belilah tiket konser atau pertunjukan yang Anda inginkan. Kuncinya, tetaplah berusaha menyesuaikan diri dengan anggaran yang sudah ada karena ini akan membantu Anda untuk tidak mengganggu pos pengeluaran lain demi konser-konser tersebut.

Dapatkan kartu kredit yang kasih diskon untuk nonton konser di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami