Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Mengelola Gaji Bulanan untuk Karyawan

by Ariesta on 13 Juli, 2016

Apakah kamu termasuk orang yang selalu khawatir saat menghitung pengeluaran di akhir bulan? Itu tandanya, kamu masih belum bisa kelola uang gaji atau pendapatan.

Ada istilah yang dinamakan Mismanagement of Salary atau MoS dan itu dialami oleh sebagian besar orang. Kebanyakan penderita masalah finansial ini merupakan warga di kota-kota besar yang sulit menyeimbangkan antara gaya hidup dengan penghasilan. Agar terhindar dari MoS, berikut tip mengelola gaji dan menghabiskannya secara cerdas.

Bikin perencanaan anggaran

Jangan tunggu sampai gaji turun untuk membuat anggaran. Justru membuat anggaran saat gaji sudah di tangan membuatmu cenderung memasukan pembelian yang kurang perlu. Kelompokkan pengeluaran rutin, tabungan, dan investasi serta sisakan untuk dana darurat. Cara ini membantu kamu untuk mengontrol pengeluaran berlebihan.

Tapi harus diingat, jangan anggap perencanaan ini sekedar formalitas. Kalau kamu tidak benar-benar patuh pada rencana, siap-siap kembali mengalami MoS di akhir bulan. 

BANYAK ALASAN SAAT TEMAN MAU UTANG ATAU MINTA DIBAYARI MAKAN, SIMAK VIDEONYA!

Mulai dengan membayar tagihan

Tagihan listrik, telepon, gas, merupakan prioritas yang harus segera dibayarkan. Sekarang ini kartu kredit dilengkapi fasilitas pembayaran otomatis, sehingga kamu tidak perlu khawatir telat membayar. Cara ini memudahkan kamu untuk menghitung sisa gaji setelah semua tagihan selesai.

Menggaji diri sendiri

Ya, ini mungkin terdengar aneh. Menggaji diri sendiri artinya menyisihkan untuk keperluan pribadi. Misalnya anggaran untuk karaoke, belanja, atau rekreasi. Setiap bulannya kamu hanya boleh menghabiskan sesuai seperti yang sudah dianggarkan. Sekarang tidak ada lagi alasan untuk stres karena kurang bersenang-senang.

Pajak, asuransi, dan investasi

Pastikan kamu dilindungi asuransi, minimal asuransi kesehatan. Sedangkan investasi merupakan jaminan untuk masa depan finansialmu. Kalau kamu masih takut berinvestasi, cobalah memulai dengan membeli logam mulia seperti emas dan perak.

(Baca juga: Mau Investasi Emas atau Perak? Simak Dulu Perbandingan Untung-Ruginya di Sini)

Punya celengan rahasia

Godaan untuk menghabiskan lebih banyak dari anggaran yang tersedia akan selalu ada. Diskon pakaian dan sepatu untuk wanita dan diskon barang untuk pria merupakan godaan yang tak tertahankan.

Kamu tetap bisa membeli barang tersebut jika punya celengan rahasia. Celengan rahasia (bentuk fisiknya tidak harus celengan, tapi bisa berupa amplop atau apapun untuk menyimpan uang) adalah kumpulan dari uang kembalian.

promo kejutan 25 hari - CekAja.com

Jika dalam sehari kamu memasukkan Rp5.000, dalam tiga bulan sudah terkumpul Rp450.000. Cukup untuk membeli baju atau sepatu baru kan? Mungkin celengan terdengar kekanak-kanakan, tapi kamu akan terkejut betapa alat sederhana ini bisa membantumu berhemat!

Hanya melakukan pembelian besar dengan perencanaan matang

Jangan beli smartphone baru hanya karena sedang ada flash sale, atau barang mahal lainnya tanpa perencanaan matang. Hindari membuang-buang uang karena keinginan impulsif.

(Baca juga: Gaji Selalu Habis Sebelum Akhir Bulan, Pakai Trik Menabung Ini)

Sebelum membeli sesuatu yang dirasa menguras tabunganmu, coba tanyakan hal berikut: Apakah kamu membutuhkannya? Apakah manfaat dari barang tersebut dapat kamu rasakan setiap hari? Apakah hidupmu akan terganggu jika tidak membelinya? Kalau jawabannya kebanyakan tidak, maka kamu tidak perlu membeli.

Jangan langsung habiskan bonusmu

Saat menerima bonus, jangan berpikir kamu bisa membeli apapun yang kamu inginkan. Ganti pola pikirmu dengan melihat bonus sebagai kesempatan untuk mengisi pos dana darurat.

Punya tips mengelola gaji yang lain? Yuk sharing di kolom di bawah ini.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami