Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Cara Mengganti Password BNI Internet Banking dengan Aman

by Dudung Rahmanto on 4 April, 2016

Internet banking BNI merupakan salah satu layanan perbankan yang paling diminati nasabah BNI saat ini. Kemudahan yang ditawarkan oleh layanan internet banking memungkinkan banyak masyarakat untuk melakukan transaksi finansial dan non-finansial melalui gadget-nya tanpa harus beranjak dari posisinya saat ini.

Namun dalam menggunakan BNI internet banking, Anda juga harus dituntut untuk berhati-hati pasalnya sudah banyak kasus phising pada internet banking yang muncul ke permukaan. Untuk itu Anda harus selalu siaga, jangan pernah memberitahukan password BNI Internet Banking yang dimiliki kepada orang lain. Jangan mengakses iBank BNI dari laptop atau perangkat yang terkena virus malware yang merugikan. Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara mengganti password BNI Internet Banking agar dapat selalu mengubahnya secara rutin misalnya setiap enam bulan atau setahun sekali. ( Baca : Pendaftaran BNI Internet Banking )

Cara Mengubah Password iBank BNI

Hanya saja BNI memiliki peraturan yang ketat terhadap penggantian password BNI Internet Banking. Sebab Anda tak dapat sembarangan menggantinya, selain itu Anda juga tak boleh menggunakan password yang lama atau yang pernah digunakan sebelumnya. Agar lebih mudah dalam mengubah password iBank BNI Anda sebaiknya ikuti beberapa cara berikut.

Setiap setahun sekali BNI akan secara otomatis meminta Anda untuk mengubah atau mengganti password login internet banking BNI milik Anda. Pastikan sebelum setahun Anda telah mengganti password iBank BNI agar tetap dapat menikmati layanan perbankan dari bank BNI. Pergantian password ini hanya bisa Anda lakukan melalui Personal Computer (PC) dengan menggunakan layanan browser Mozilla Firefox atau Internet Explorer. Apabila Anda terlalu nyaman dengan layanan browser lainnya, harap diingat karena Anda tak akan bisa mengubah password iBank BNI tanpa kedua browser yang disebutkan di atas tadi.

( Baca : Download Aplikasi Android BNI )

Kombinasi Password

Untuk kombinasi password yang harus dibuat BNI juga menerapkan sejumlah persyaratan yang di antaranya adalah password haruslah berisi minimal 8 karakter dan maksimal 12 karakter alfanumerik. Password yang dibuat juga harus mengandung unsur dua digit angka yang berbeda. Selain itu Anda juga tidak diperbolehkan untuk membuat password yang ada kaitannya dengan username dan tidak boleh memiliki spasi. Selalu ingat untuk membuat kombinasi password yang mudah diingat namun sulit untuk ditebak oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Jangan pernah gunakan tanggal lahir, namamu, dan hal-hal yang berkaitan denganmu sebagai password. Sebab bisa saja orang menebak kombinasi tersebut dengan mudah. Tentu kamu tidak ingin menjadi korban phising dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab bukan?

Apabila Anda memiliki username Tina7890 maka password yang Anda buat janganlah mengandung unsur huruf T-I-N-A dan angka 7-8-9-0. Selalu ingat juga password-password yang telah Anda gunakan sebelumnya. Sebab Anda tak dapat membuat password yang sama dengan password yang telah digunakan sebelumnya. Jika Anda menggunakannya proses pengubahan password baru akan mengalami kegagalan. Untuk menyiasatinya, Anda perlu membuat catatan yang berisi password-password yang sudah Anda gunakan sebelumnya. Taruh catatan password-password iBank BNI yang pernah Anda gunakan di aplikasi notes yang tersedia di smartphone Anda lalu proteksi ganda notes yang Anda buat dengan password sehingga Anda dapat menyimpannya di gadget kesayangan Anda dengan aman.

Produk dari Bank BNI

Tentang Penulis

Jika ingin dibantu orang, maka bantulah orang lain terlebih dulu.