Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Cara Menghasilkan Uang dari Internet Paling Gampang, Asyik, dan Realistis

by Estrin Vanadianti Lestari on 31 Oktober, 2019

Internet sudah menjadi hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari, dan tentunya kamu harus menggunakannya dengan positif bukan? Selain digunakan sebagai alat mencari segala informasi di seluruh dunia, internet juga bisa digunakan sebagai tempat menghasilkan uang loh. Bagaimana caranya?

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan agar bisa dapat uang dari internet. Berbagai cara menghasilkan uang dari internet dari yang paling gampang, asyik, dan realistis alias bukan kaleng-kaleng, kini sudah bisa kamu terapkan. Sekarang, tinggal kamu nya saja, yang cocok untuk menjalankannya di bidang apa.

Tidak hanya menguntungkan, berbagai cara menghasilkan uang dari internet juga tidak perlu modal yang banyak. Ya, setidaknya kamu punya koneksi internet yang mumpuni. Namun, beberapa modal ini juga mungkin akan dibutuhkan, sesuai dengan cara menghasilkan uang dari internet yang kamu pilih.

Tips Sebelum Memulai Aksi Dalam Menghasilkan Uang dari Internet

Sama seperti orang yang bekerja dan mendapatkan uang, pada umumnya. Sebelum melakukan ‘aksi’ dalam arti melakukan cara-cara menghasilkan uang dari internet, lebih baik, ikuti beberapa persiapan serta tips ini dulu deh. Yuk langsung saja disimak:

Menjadi hal yang penting pula, sebelum kamu memiliki koneksi internet, pastikan kamu memiliki perangkat yang mumpuni. Perangkat yang bisa digunakan antara lain berupa komputer, laptop, atau smartphone. Namun, sangat disarankan menggunakan PC, untuk mempermudah dan mempercepat kegiatanmu.

Hal kedua yang juga sangat penting dalam menerapkan berbagai cara menghasilkan uang dari intenet adalah koneksi internet itu sendiri. Tanpa internet, kamu tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengolah dan mengakses berbagai hal yang ada di dunia ini. Tidak perlu cepat, minimal kamu menggunakan koneksi yang lancar.

Meski hanya sekadar menggunakan, namun setidaknya kamu mengetahui beberapa teknik dalam beberapa kasus yang berbeda. Kamu bisa mempelajarinya dan memahami, karena pengetahuan tentang internet tidak terbatas. Kamu harus benar-benar memanfaatkan peluang dan jalan.

Salah satu jalan pembuka untuk melakukan sesuatu atau masuk dalam sebuah website, tentunya kamu harus memiliki akun email. Cara untuk membuat email, agar kamu bisa membuat sebuah akun, sangat mudah. Kamu bisa mempelajarinya sendiri.

Membuat rekening bank merupakan salah satu hal penting, sebagai alat pembayaran yang biasanya dilakukan di dunia internet. Hal tersebut dilakukan agar bisa memudahkan kamu untuk menerima pembayaran dari sumber dana mana pun. Untuk sumber pembayaran luar negeri, kamu juga bisa menggunakan akun PayPal.

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Lima tips di atas, merupakan hal-hal yang bisa kamu lakukan sebagai persiapan, agar langkahmu selanjutnya bisa berjalan dengan baik. Nah, berikutnya kamu tinggal simak beberapa cara menghasilkan uang dari internet di bawah ini, yang bisa kamu pilih:

1. Menjual Barang via Online

Cara menghasilkan uang dari internet yang pertama, paling sering dijumpai, hingga paling asyik adalah dengan berjualan barang via online. Terlebih, kini sudah banyak toko online yang memasarkan banyak produk untuk dijual, dan mereka memanfaatkan internet sebagai media jual mereka.

Selain itu, menjual barang via online juga sangat mengasyikan dan mudah untuk dilakukan. Kamu tidak memerlukan keahlian apapun, asal ada modal untuk membeli barang yang akan dijual, kamu sudah bisa berdagang.

(Baca juga: Kuasai Cara Cek Kuota Internet Smartfren Biar Gak jadi Latte Factor)

Bahkan, kamu tidak perlu ribet-ribet membuat website sendiri, karena kamu hanya tinggal membuat akun di sebuah marketplace, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain-lain. Setelah itu, kamu bisa meng-upload produk yang akan kamu jual.

2. Jasa Membuat Artikel

Nah, untuk cara menghasilkan uang dari internet berikutnya ini mungkin harus memiliki keahlian ya. Karena, jika kamu senang dengan dunia menulis, cara ini merupakan sebuah peluang bagi kamu. Tidak hanya menulis di blog yang kamu buat, kamu juga bisa merangkap menjadi content writer di perusahaan besar.

Namun, untuk bisa menjadi content writer handal, kamu juga harus mengetahui beberapa tekniknya, seperti teknik penulisan yang baik dengan sistem penulisan SEO atau Search Engine Optimization. Karena, seorang SEO content writer kini sedang banyak dicari dan memiliki penghasilan yang cukup besar.

3. Membuat Konten Video di Youtube

Hal yang paling asyik selanjutnya sekaligus sebagai cara menghasil uang dari internet adalah membuat konten video di Youtube, atau menjadi youtuber. Terlebih, perkembangan Youtube di Indonesia sendiri bisa dibilang cukup pesat.

Bahkan, beberapa orang menggunakan cara ini sebagai penghasilan utama mereka. Nah, jika kamu juga ingin menerapkan cara ini, kamu hanya tinggal membuat akun channel Youtube, dan membuat konten video yang menarik.

Mengapa cara menghasilkan uang dari internet atau Youtube ini bisa mengasyikkan? Karena, kamu bisa memilih jenis konten yang menurutmu kamu banget. Bahkan, dengan isi konten mengenai review makanan saja, kamu sudah bisa mendapatkan banyak viewers.

Namun, meski mudah dan mengasyikkan, pastikan kamu juga membuat video dengan hal-hal yang berkualitas, mulai dari ide, isi, hingga kejelasan gambar. Sehingga, para audiens bisa menilai bahwa kontenmu menarik dan layak untuk ditonton.

Bagaimana cara mendapatkan uangnya? Kamu hanya melakukan monetisasi dengan mengizinkan Youtube, untuk menyertakan iklan pada video kamu. Ketika audiens mengklik iklan, maka kamu akan dibayar (dibagi dua dengan Google). Bisa juga dengan akumulasi total viewers dan subcribers.

4. Survei Berbayar

Cara menghasilkan uang dari internet selanjutnya adalah dengan melakukan survei berbayar. Biasanya kamu bisa melakukan hal tersebut terhadap perusahaan yang sangat membutuhkan opini pada sebuah produk yang mereka hasilkan. Sehingga, mereka akan mencari jasa untuk melakukan survei yang dibayar pada website mereka.

(Baca juga: Waspadai Tiga Bahaya Akses Internet dengan Koneksi VPN)

Sangat mudah, dalam melakukan survei berbayar, kamu hanya diharuskan untuk menjawab beberapa pertanyaan yang tersedia. Semakin banyak kamu menjawab, maka akan semakin banyak point yang kamu dapat. Nah, point tersebut nantinya bisa ditukar dengan kebijakan dari website tersebut.

Situs-situs survei berbayat, diantaranya adalah:

  • ClixSense
  • Global Test Market
  • iPanel
  • Mobrog
  • Opinion World
  • PanelPlace
  • SurveyOn
  • Toluna
  • ViewFruit
  • YouGov Indonesia
5. Jual Foto

Selanjutnya, cara menghasilkan uang dari internet yang mengasyikkan adalah dengan menjual foto. Di sini sangat amat memungkinkan kamu bisa mendapatkan uang dari keahlian memotret yang bagus. Karena, hasil foto kamu yang bagus, menarik, kreatif, dan berkualitas, bisa kamu jual ke berbagai situs terkenal untuk menjual foto.

Beberapa situs terkenal tersebut antara lain:

  • Fotolia.com
  • Shutterstock.com
  • Dreamstime.com
  • iStockphoto.com
  • FreeDigitalPhotos.net
  • Bigstockphoto.com
  • DemandMedia.com
  • Redbubble.com
  • Shutterfly.com
  • Etsy.com
6. Jual Beli Domain

Cara menghasilkan uang dari internet berikutnya adalah jual beli domain. Kamu bisa menemukan berbagai nama domain yang tersedia, bahkan memiliki nilai komersial, namun semua tergantung dari keunikan nama dan hal-hal lainnya. Seperti sebut saja domain lasvegas.com yang memiliki nilai jual senilai Rp1,17 triliun. Nah, untuk kamu yang ingin menjual domain, kamu bisa jual di situs Sedo.com.

7. Membuat atau Menulis e-book di Kindle

Cara menghasilkan uang dari internet selanjutnya adalah dengan membuat atau menulis e-book di aplikasi Kindle. Dengan aplikasi Amazon Kindle store, siapapun termasuk kamu yang suka menulis buku, bisa menerbitkan e-Book dan bisa menghasilkan uang. Kok bisa menghasilkan uang?

Pasalnya, dengan aplikasi tersebut, e-Book kamu akan dijual, sehingga uang yaang bisa kamu peroleh setiap kali penjualan buku adalah sekitar $1,90 – $8,89, bahkan kamu bisa mendapatkan 70% dari penjualan tersebut. Hal ini juga dikarenakan, situs Amazon yang merupakan situs jual beli terpopuler di dunia.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk