Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Cara Menghemat Biaya Transportasi saat Berlibur di Luar Negeri

by Tisyrin on 25 September, 2016

Liburan ke luar negeri adalah impian banyak orang. Apalagi munculnya budaya berbagi berbagai lewat media sosial semakin merangsang orang untuk menjelajahi berbagai tempat indah di dunia. Agar tak menguras kantong, kamu memerlukan berbagai trik untuk berhemat ketika berada di luar negeri.

Kamu dapat berhemat saat berkeliling dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya di luar negeri dengan menggunakan 4 cara ini.

Widget TRV Insurance

Beli tiket khusus

Saat kamu akan mengunjungi Jepang, jangan lupa untuk membeli Japan Rail Pass. Membeli Japan Rail Pass terbilang lebih hemat daripada membeli tiket biasa. Japan Rail Pass akan berguna saat kamu menggunakan semua moda transportasi milik Japan Railways seperti Shinkansen (tidak berlaku untuk Nozomi dan Mizuho), JR Bus, dan kapal ferry JR Miyajima (Hiroshima).

Japan Rail Pass tidak dijual di Jepang, wisatawan bisa mendapatkannya di negara asal. Di Indonesia, beberapa agen perjalanan seperti HIS dan JTB Corp menyediakan tiket ini. Harganya mencapai Rp3,6 juta untuk orang dewasa. Namun, harga tiket untuk anak-anak lebih murah. Japan Rail Pass berlaku selama beberapa hari.

(Baca juga: Ini Budidaya Beromzet Ratusan Juta yang Bisa Kamu Kerjakan di Rumah)

Sewa sepeda

Ada beberapa pilihan transportasi jika kamu ingin berkeliling saat berada di Kamboja, yaitu motodop (ojek), tuk-tuk (sejenis becak motor), taksi, dan sepeda. Berkeliling dengan sepeda tentu jauh lebih murah dan menyehatkan. Di Kamboja, kamu dapat menghemat biaya transportasi dengan menyewa sepeda seharga US$ 1-2 per harinya. Sangat murah bukan?

Naik bus umum

Saat berada di Thailand, wisatawan dapat memanfaatkan bus umum yang lebih murah dibandingkan jenis transportasi lainnya. Dengan naik bus umum, kamu wajib mengeluarkan biaya 8-20 baht. Namun kalau kamu bersedia mengeluarkan uang lebih, ada berbagai pilihan transportasi lainnya yaitu kereta MRT, BTS atau ARL saat tengah berada di kota besar. Di kota kecil kamu akan menemukan angkot dan tuk-tuk.

(Baca juga: 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Relakan Sertifikat Rumah untuk Dijaminkan)

Hitchhiking alias menumpang

Di Amerika atau Eropa, kamu bisa mencoba cara hitchhiking alias menumpang kendaraan yang lewat. Tentu cara ini butuh keberanian dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Dengan cara yang satu ini kamu bisa mendapatkan tumpangan secara gratis. Cobalah pelajari bagaimana cara melakukan hitchhiking yang baik dengan membaca pengalaman orang yang mereka tuliskan di blog. Dengan begitu, kamu bisa lebih percaya diri saat mencobanya.

Mau kartu kredit yang berikan tiket pesawat gratis dan voucher hotel? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.