10 Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ikan Terampuh dengan Bahan Alami

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Cara menghilangkan bau amis pada ikan perlu diketahui agar kamu bisa mengonsumsi ikan tanpa terganggu dengan baunya. Ada beberapa cara jitu yang bisa kamu lakukan dengan bahan alami. Berikut penjelasannya.

Ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk dikonsumsi. baik ikan air tawar maupun ikan air laut, keduanya sama-sama bisa dimakan dan mencukupi kebutuhan protein.

Daging ikan termasuk ke jenis daging yang minim kolesterol dan lemak jenuh, sama dengan daging ayam. Sehingga aman dikonsumsi dan menjauhkanmu dari risiko penyakit jantung.

Tetapi, kamu pasti akan bosan jika harus terlalu sering makan daging ayam, bukan? Makanya, ikan bisa dipilih menjadi selingan sumber protein untuk sajian makanan di rumah.

Kandungan ikan

Dalam setiap porsi ikan yang kamu konsumsi, ada beberapa kandungan gizi yang bisa di dapat. Di antaranya:

  • Kalori
  • Lemak
  • Sodium
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Vitamin A, D, E, B12.
  • Mineral
  • Asam lemak omega 3 (EPA dan DHA)

Manfaat Mengonsumsi Ikan bagi Kesehatan

Dari kandungan ikan di atas, kamu dapat mendapatkan manfaatnya jika dikonsumsi secara rutin. Batas konsumsi ikan yang disarankan para ahli kesehatan adalah 2 sampai 3 porsi per minggu.

Berikut ini manfaat mengonsumsi ikan bagi kesehatan tubuhmu:

  • Menjaga kebugaran tubuh
  • Meningkatkan massa otot
  • Baik untuk kesehatan mata, gigi, dan tulang.
  • Menangkal radikal bebas
  • Melindungi fungsi sel saraf
  • Mencegah penyakit anemia, gondok, dan berbagai penyakit kronis.
  • Mendukung perkembangan fungsi otak

(Baca Juga: Resep Jeroan Sapi Terpopuler dan Cara Mengolah Agar Tidak Bau)

Dari sekian banyak manfaat tersebut, sayangnya masih banyak orang yang enggan mengonsumsi ikan.

Selain karena keterbatasan suplai ikan segar di area perkotaan yang membuat harganya lebih mahal dari daging ayam, bau amis pada ikan juga membuat orang-orang malas mengolahnya.

Maka dari itu, cara menghilangkan bau amis pada ikan perlu kamu ketahui agar bebas mengonsumsi ikan di rumah.

Cara Menghilangkan Bau Amis pada Ikan

Ikan yang memiliki bau amis tentu saja harus dibuang sisik dan organ dalamnya terlebih dulu. Baru kemudian dicuci bersih untuk diolah menjadi sajian masakan.

Sebaiknya, cuci ikan dengan air bersih yang mengalir agar kotoran dan sisa bau amis lebih cepat hilang mengikuti siraman air cucian tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa bahan alami sebagai cara menghilangkan bau amis pada ikan yang ampuh.

Berikut ini cara menghilangkan bau amis pada ikan dengan bahan-bahan alami.

1. Jeruk Nipis atau Lemon

Cara menghilangkan bau amis pada ikan yang pertama adalah dengan menggunakan jeruk nipis atau lemon.

Kandungan asam dapat menghilangkan bau amis dan terganti dengan bau khas jeruk nipis atau lemon tersebut.

Namun perlu diketahui, jika kamu memilih jeruk dan lemon sebagai penghilang bau amis pada ikan, maka gunakanlah hanya saat ikan benar-benar mau diolah dengan segera.

Sebab, zat asam pada jeruk nipis maupun lemon juga bisa merusak tekstur, mengubah warna daging ikan, dan menghilangkan rasa alami dari ikan itu sendiri.

Setelah dicuci bersih dengan air, basuh ikan dengan air perasan jeruk nipis atau lemon. Diamkan beberapa menit, dan ikan siap dimasak.

2. Garam

Kedua, ada garam yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan bau amis pada ikan. Garam cukup efektif mengenyahkan bau amis, namun pastikan kamu tidak menaburkan garam terlalu banyak.

Sebab, daging ikan bisa terasa terlalu asin. Setelah dibalurkan dengan garam, ikan bisa dicuci dengan air bersih.

3. Jahe

Umbi-umbian bumbu dapur seperti jahe juga bisa menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya cukup balurkan jahe yang sudah diparut atau ditumbuk, ke daging ikan yang akan diolah.

Pastikan kamu sudah membersihkan ikan dari sisik dan organ dalamnya, kemudian mencuci ikan dengan air mengalir.

4. Asam Jawa

Sama seperti jeruk nipis dan lemon, sifat asam pada buah asam jawa dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau amis pada ikan.

Sari asam jawa bisa menjadi air rendaman pada ikan, kemudian dibiarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, baru bilas dengan air bersih dan daging ikan siap diolah.

5. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang memiliki aroma yang khas dan kuat. Makanya, kunyit bisa menghilangkan bau amis pada ikan.

Gunakan kunyit bubuk atau kunyit parut untuk dibalurkan pada daging ikan. Takaran yang digunakan secukupnya saja, agar bau kunyit tidak terlalu mendominasi pada daging ikan tersebut.

Sebab jika takaran kunyit terlalu banyak, maka rasa dan warna ikan pun akan ikut berubah, yang kemudian membuat ikan menjadi kurang sedap.

6. Tepung

Walaupun enggak memiliki bau khas, namun tepung mampu menyerapbau amis pada ikan. Ikan yang sudah dibersihkan dari sisik, insang, dan organ dalamnya bisa dibalurkan dengan bubuk tepung.

Biarkan hingga 10 menit sampai 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Cara menghilangkan bau amis pada ikan ini sangat mudah, dan yang paling penting, tidak ada bau lain dari tepung yang mengganggu.

(Baca Juga: 4 Jenis Nasi Beda Warna Beda Gizi, Cek Kandungannya!)

7. Apel

Cara menghilangkan bau amis pada ikan yang ampuh juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan buah apel.

Ikan yang sudah dicuci bersih diberikan irisan apel yang diberikan rendaman air. Diamkan beberapa menit sampai irisan apel terlihat layu.

Bau amis pada ikan akan hilang setelahnya, dan ikan bisa kamu olah menjadi berbagai menu masakan.

8. Gula Pasir

Bahan alami lain yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau amis pada ikan adalah gula pasir. Penggunaan gula pasir akan makin efektif jika kamu mencampurnya dengan minyak wijen.

Balurkan ke daging ikan yang sudah dicuci bersih, kemudian diamkan selama 5 menit. Bilas dengan air hangat, dan ikan pun siap dimasak.

9. Bawang Putih

Bawang putih memang sudah umum digunakan sebagai bumbu daging sekaligus penghilang bau amis. Tumbuk halus bawang putih kemudian balurkan ke daging ikan.

Diamkan selama 5 menit sampai 10 menit. Bau amis pada ikan dijamin hilang, dan rasa ikan akan lebih nikmat saat dimasak.

10. Kulit dan Daun Jeruk

Jangan buru-buru membuang kulit jeruk. Sebab aromanya juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau amis pada ikan.

Campur kulit jeruk dengan 2 lembar daun jeruk, lalu rebus selama 10 menit. Sari air rebusan ini bisa dipakai untuk mencuci ikan dan menghilangkan bau amisnya.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau amis pada ikan yang bisa dilakukan dengan bahan alami. Mudah banget, kan?

Penuhi kebutuhan stok bahan masakanmu di rumah dengan belanja online yang dibayar dengan kartu kredit. Ada banyak promo menarik di banyak merchant, seperti e-commerce maupun supermarket.

Diskon, voucher belanja, bonus produk, dan promo lainnya tentu sayang jika dilewatkan.

Makanya segera cek kartu kredit yang pas untukmu dan ajukan lewat CekAja.com. Kami akan memberikan rekomendasi kartu kredit terbaik sesuai kebutuhan dan profil finansial.

Proses pengajuan juga dijamin cepat, karena dilakukan secara online.

Yuk, segera bandingkan dan ajukan kepemilikan kartu kredit hanya melalui CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah