Ini Cara Menghilangkan Cegukan yang Terbukti Efektivitasnya. Yuk Coba!

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Meski cegukan seringkali dianggap sebagai sesuatu hal yang biasa, namun mengetahui cara menghilangkan cegukan sangat penting. Sebab di beberapa kondisi, cegukan menjadi pertanda atau gejala timbulnya suatu penyakit.

Ini Cara Menghilangkan Cegukan yang Terbukti Efektivitasnya. Yuk Coba!

Kalau begitu, apakah cegukan sebenarnya berbahaya? Lalu, bagaimana cara menghilangkan cegukan? Pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas beberapa hal terkait cegukan, termasuk cara menghilangkan cegukan secara lengkap khusus untuk kamu.

Apa itu Cegukan?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menghilangkan cegukan, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu sekilas tentang cegukan itu sendiri.

Cegukan atau yang juga dikenal dengan singultus merupakan sebuah kondisi, ketika seseorang mengeluarkan bunyi “hik” secara tiba-tiba tanpa disengaja.

Cegukan sendiri, umumnya terjadi karena otot yang memisahkan perut dan dada (diafragma) berkontraksi tanpa disengaja. Kontraksi tersebut menyebabkan udara terlalu cepat masuk ke dalam paru-paru, sehingga katup saluran pernapasan menutup dan menimbulkan suara “hik”.

Cegukan pun pada dasarnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu cegukan ringan dan cegukan berkepanjangan. Untuk cegukan ringan sendiri, sifatnya hanya sementara dan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa diobati.

Sedangkan untuk cegukan berkepanjangan, biasanya menjadi salah satu gejala timbulnya suatu penyakit dan harus mendapatkan penanganan khusus.

Walaupun lebih sering dialami oleh anak bayi, namun cegukan pun tak jarang dialami oleh orang dewasa dan dapat mengganggu beberapa aktivitas sederhana, seperti misalnya makan dan berbicara.

(Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami)

Penyebab Cegukan

Pada pembahasan sebelumnya telah disinggung, bahwa faktor utama penyebab cegukan adalah otot yang memisahkan perut dan dada (diafragma) berkontraksi tanpa disengaja. Sehingga, katup saluran pernapasan menutup dan timbul suara “hik”.

Namun ternyata, cegukan juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor lain, di antaranya seperti:

  • Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol dan soda
  • Tubuh dalam keadaan stres atau emosional
  • Terlalu banyak makan
  • Terlalu cepat mengkonsumsi makanan
  • Merokok
  • Perubahan suhu perut yang terjadi secara tiba-tiba, seperti minum air dingin kemudian sesaat setelahnya minum air panas
  • Terlalu banyak udara yang masuk melalui mulut

Semua hal di atas merupakan penyebab cegukan ringan yang sifatnya sementara. Sedangkan untuk cegukan berkepanjangan, umumnya dipicu oleh beberapa hal, seperti:

  • Gangguan sistem pencernaan, seperti tukak lambung, pankreatitis, gastritis, radang hati, kanker lambung, penyumbatan usus dan lain sebagainya
  • Gangguan mental, seperti anoreksia dan skizofrenia
  • Gangguan pada otak, seperti tumor otak, stroke pendarahan, hidrosefalus, multiple sclerosis, radang dan infeksi otak
  • Gangguan saraf, seperti tumor atau kista di leher dan akibat dari peradangan saluran napas
  • Gangguan pada rongga dada, seperti bronkitis, asma, pneumonia, tuberkulosis, emboli paru dan cedera dada
  • Gangguan fungsi jantung, seperti peradangan selaput jantung dan serangan jantung.
  • Efek samping penggunaan obat-obatan, seperti obat bius, obat penenang, obat kemoterapi, dexamethasone dan methyldopa.

Cara Menghilangkan Cegukan

Setelah mengetahui beberapa hal terkait cegukan, termasuk penyebabnya, kini saatnya untuk kamu mengetahui beberapa cara menghilangkan cegukan.

Pada dasarnya, cegukan bisa hilang sendiri tanpa diobati. Namun, jika kamu ingin menghilangkannya lebih cepat, kamu bisa melakukan beberapa cara, yang di antaranya akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Atur Pernapasan dengan Benar

Atur Pernapasan dengan Benar - Ini Cara Menghilangkan Cegukan yang Terbukti Efektivitasnya

Cara menghilangkan cegukan yang pertama adalah mengatur pernapasan dengan benar. Pasalnya, jika kamu mengatur pernapasan dengan benar, maka oksigen dan karbondioksida dapat bergantian masuk ke dalam tubuh dengan kadar yang tepat.

Cara mengatur pernapasan dengan benar pun sangat mudah. Kamu hanya perlu tarik napas dalam-dalam, lalu tahan untuk beberapa waktu dan hembuskan. Kamu bisa mengulangi hal ini hingga cegukan perlahan-lahan hilang.

2. Menahan Napas untuk Beberapa Waktu

Menahan Napas untuk Beberapa Waktu - Ini Cara Menghilangkan Cegukan yang Terbukti Efektivitasnya

Cara menghilangkan cegukan yang berikutnya adalah dengan menahan napas. Cara yang satu ini dipercaya dapat menghilangkan cegukan, karena dengan menahan napas kadar karbondioksida dalam tubuh menjadi bertambah.

Untuk menahan napas sendiri, pada dasarnya tidak ada aturan waktu khusus. Kamu bisa menahan napas selama kamu kuat. Namun, akan lebih baik apabila kamu menahan napas kurang lebih selama 10 detik dan ulangi sebanyak 3-4 kali.

3. Minum Air Hangat

Minum Air Hangat - Ini Cara Menghilangkan Cegukan yang Terbukti Efektivitasnya

Minum air hangat nyatanya menjadi salah satu cara menghilangkan cegukan yang efektif. Bagaimana tidak, air hangat pasalnya dipercaya mampu melancarkan peredaran darah dan oksigen dalam tubuh, agar terpenuhi sesuai dengan kebutuhannya.

Cara menghilangkan cegukan dengan minum air hangat ini, pada dasarnya sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu minum beberapa teguk air hangat, lalu menahan napas dengan posisi tubuh membungkuk selama yang kamu bisa.

Jika sudah, kamu bisa mengembalikan posisi tubuh ke posisi tegap seperti semula, dengan masih menahan napas. Setelah itu, kamu bisa langsung meminum air tersebut dan bernapas seperti biasa.

4. Napas Menggunakan Kertas atau Kantong Plastik

Napas Menggunakan Kertas atau Kantong Plastik - Ini Cara Menghilangkan Cegukan yang Terbukti Efektivitasnya

Selain melakukan tiga cara di atas, kamu juga bisa bernapas menggunakan kertas atau kantong plastik, sebagai cara menghilangkan cegukan. Meski terdengar sangat unik, namun cara ini terbilang efektif untuk menghilangkan cegukan.

Untuk melakukan cara ini, kamu memerlukan bantuan kantong plastik atau kertas untuk menarik napas. Caranya, letakkan kantong plastik atau kertas yang sudah dibuka ke depan mulut dan hidung, lalu tarik napas dalam-dalam dan tahan selama beberapa menit, lalu lepaskan.

Kamu bisa mengulangi hal ini selama beberapa kali, dengan tujuan agar kadar karbondioksida dalam tubuh meningkat. Dengan begitu, maka cegukan pun secara perlahan akan berkurang dan hilang.

5. Melakukan Headstand

Melakukan Headstand - Ini Cara Menghilangkan Cegukan yang Terbukti Efektivitasnya

Cara menghilangkan cegukan yang kelima adalah dengan melakukan headstand. Yang mana, headstand ini merupakan posisi tubuh terbalik, yaitu kamu akan menggunakan ubun-ubun kepala untuk menopang tubuh, dengan posisi kaki lurus ke atas.

Untuk melakukan headstand tentu tidak mudah, karena kamu diharuskan untuk memiliki keseimbangan tubuh yang baik. Namun, cara ini menjadi salah satu cara menghilangkan cegukan terbaik, karena dengan posisi headstand, peredaran darah dan oksigen dalam tubuh akan terbalik.

6. Mengkonsumsi Gula Pasir

Mengkonsumsi Gula Pasir - Ini Cara Menghilangkan Cegukan yang Terbukti Efektivitasnya

Menariknya, mengkonsumsi gula pasir menjadi salah satu cara menghilangkan cegukan yang bisa dilakukan. Kamu cukup mengemut satu sendok gula pasir selama kurang lebih 5 menit. Jika sudah, kamu bisa langsung menelan gula tersebut atau mengeluarkannya jika tidak suka.

Gula pasir digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan cegukan, karena gula dipercaya mampu merangsang otot diafragma dan mengubah alur pernapasan menjadi lebih efektif.

7. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Menggunakan Minyak Kayu Putih - Ini Cara Menghilangkan Cegukan yang Terbukti Efektivitasnya

Dikenal sebagai salah satu bahan yang mampu melegakan saluran pernapasan, minyak kayu putih juga ternyata dikenal sebagai salah satu cara menghilangkan cegukan yang ampuh.

Sensasi panas yang diberikan minyak kayu putih, dapat membuat cegukan hilang secara perlahan. Kamu bisa menggunakan minyak kayu putih, dengan cara mengoleskannya ke seluruh bagian leher dan perut.

8. Menjulurkan Lidah

Menjulurkan Lidah - Ini Cara Menghilangkan Cegukan yang Terbukti Efektivitasnya

Cara menghilangkan cegukan yang kedelapan adalah dengan menjulurkan lidah. Hal tersebut karena, menjulurkan lidah dapat merangsang nasofaring dan saraf vagus. Yang mana, saraf-saraf ini berpengaruh terhadap kerja otot mulut, tenggorokan, serta mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma.

Untuk melakukan cara yang satu ini sangat mudah, karena kamu bisa langsung menjulurkan lidah dan memegang ujungnya dengan tangan, selama beberapa waktu sebanyak 1-2 kali.

9. Mengoleskan Es Batu ke Tenggorokan

Mengoleskan Es Batu ke Tenggorokan - Ini Cara Menghilangkan Cegukan yang Terbukti Efektivitasnya

Cara selanjutnya yaitu dengan mengoleskan es batu ke tenggorokan. Mengusapkan es batu secara perlahan ke seluruh permukaan tenggorokan, dipercaya mampu membuat saraf perlahan menjadi lebih tenang, sehingga cegukan pun secara perlahan akan hilang.

10. Berkumur dengan Air

Berkumur dengan Air - Ini Cara Menghilangkan Cegukan yang Terbukti Efektivitasnya

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan cegukan adalah dengan berkumur menggunakan air. Sebab, berkumur selama kurang lebih 30 detik, dinilai mampu memompa kerja diafragma. Dengan begitu, aliran udara dalam diafragma menjadi lancar dan cegukan pun perlahan akan menghilang.

Semua cara tersebut bisa kamu lakukan untuk menghilangkan cegukan secara alami. Namun, apabila setelah melakukan cara-cara di atas dan tidak ada perubahan yang berarti, maka kamu bisa mengkonsumsi beberapa obat-obatan, seperti:

  • Baclofen
  • Gabapentin
  • Chlorpromazine
  • Metoclopramide
  • Haloperidol
  • Dan beberapa obat-obatan lainnya yang sesuai dengan anjuran dan resep dokter.

Manfaat Cegukan

Menjadi salah satu hal yang mengganggu aktivitas sehari-hari seperti makan dan berbicara, namun cegukan nyatanya memiliki manfaat, loh! Melansir dari merdeka.com, seorang dosen dari Queen University, Kanada bernama Daniel Howes mengatakan, bahwa cegukan mampu mengurangi jumlah udara di dalam perut.

Hal tersebut dikarenakan, setiap sentakan atau bunyi “hik” dari kontraksi dada, dapat menghisap udara dalam rongga perut. Selain itu, Howes juga mengatakan bahwa cegukan sejatinya tidak memerlukan penanganan khusus, karena dapat sembuh dengan sendirinya. Tetapi, apabila berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka perlu mendapatkan penanganan khusus dari dokter.

(Baca Juga: 12 Cara Mengecilkan Paha dan Betis)

Pasalnya, cegukan yang terjadi dalam jangka waktu panjang, bisa saja menjadi gejala timbulnya berbagai jenis penyakit, salah satunya yaitu penyakit refluks asam lambung atau yang dikenal dengan GERD.

Apabila cegukan yang kamu derita ternyata benar merupakan gejala dari GERD, maka kamu sudah pasti harus melakukan pengobatan khusus untuk menyembuhkannya. Dan tentu, biaya yang harus kamu keluarkan pun tidak sedikit.

Namun, besarnya biaya pengobatan tersebut tidak menjadi masalah, apabila kamu memiliki asuransi kesehatan. Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Maka dari itu, adanya asuransi kesehatan sangat membantu dan memudahkanmu dalam perihal pengobatan. Buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan pun, sekarang kamu bisa mengajukannya dengan mudah secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang dan dapatkan segudang kemudahan dan keuntungannya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani