13 Cara Menghilangkan Jerawat Punggung yang Aman Dilakukan, Yuk Simak!

Kini bukan lagi saatnya untuk kamu merasa khawatir dengan jerawat punggung, karena ada beberapa cara menghilangkan jerawat punggung secara alami yang bisa kamu lakukan. Tidak hanya itu, kamu pun bisa mempercepat proses tersebut dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu sesuai rekomendasi dokter.

Jika kamu ingin mengetahui dan mencoba beberapa cara menghilangkan jerawat punggung tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan daftar cara menghilangkan jerawat punggung, yang akan diulas secara lengkap sebagai berikut. Yuk, simak bersama-sama!

Gejala Timbulnya Jerawat Punggung

Hal pertama yang perlu kamu ketahui, sebelum membahas lebih jauh tentang cara menghilangkan jerawat punggung adalah gejala timbulnya jerawat punggung.

Pada dasarnya, gejala atau tanda timbulnya jerawat punggung tidak jauh berbeda dengan timbulnya jerawat di wajah, yaitu:

  • Munculnya komedo putih (whitehead), akibat kelebihan minyak (sebum), bakteri dan sel kulit mati yang membuat pori-pori tersumbat
  • Munculnya komedo hitam (blackhead), akibat tersumbatnya folikel rambut
  • Munculnya papula, atau jerawat padat di bagian bawah kulit yang menimbulkan rasa nyeri
  • Munculnya nodul, atau lesi jerawat yang tumbuh di bawah permukaan kulit, yang dapat mengeras dan membentuk benjolan besar menyakitkan
  • Muncul pustula, atau jerawat nanah
  • Muncul jerawat batu, atau jerawat berukuran besar, bertekstur keras, berwarna merah dan terasa menyakitkan.

(Baca Juga: 8 Makanan Penyebab Jerawat)

Penyebab Jerawat Punggung

Selain mengetahui tanda dan gejala timbulnya jerawat punggung, kamu juga perlu tahu apa saja faktor penyebab timbulnya jerawat punggung. Pasalnya, penyebab timbulnya jerawat punggung sangat banyak, di antaranya yaitu:

  • Kurang menjaga kebersihan tubuh
  • Tubuh sering berkeringat dan tidak dibersihkan dengan benar
  • Terjadinya gesekan antara kulit dengan pakaian atau barang
  • Pengaruh hormon
  • Efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu
  • Efek samping penggunaan produk perawatan kulit tertentu
  • Efek samping stres
  • Efek samping dari konsumsi makanan tertentu
  • Keturunan.

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung

Nah setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui gejala dan tanda timbulnya jerawat punggung, beserta penyebabnya, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui cara menghilangkan jerawat punggung secara efektif.

Pada dasarnya cara menghilangkan jerawat punggung yang bisa dilakukan ada banyak, baik itu secara alami atau menggunakan obat-obatan.

Namun, untuk memudahkanmu mengetahui dengan lengkap cara menghilangkan jerawat punggung tersebut, di bawah ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Secara Alami

Jika berbicara tentang cara menghilangkan jerawat punggung secara alami, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti:

1. Menjaga kebersihkan tubuh dengan baik

Cara menghilangkan jerawat punggung secara alami yang pertama, yaitu dengan menjaga kebersihan tubuh dengan baik.

Kamu bisa melakukannya dengan mandi hingga bersih, menggunakan air hangat. Hal tersebut penting dilakukan, untuk membuka dan membersihkan pori-pori kulit.

Sebab jika tubuh tidak dibersihkan dengan baik, maka semua kotoran dan keringat setelah seharian beraktivitas akan menumpuk di kulit.

Dengan begitu, jerawat punggung pun akan muncul. Nah untuk mencegah terjadinya hal tersebut, kamu bisa mandi secara rutin yaitu dua kali sehari, untuk membersihkan semua bakteri dan kuman penyebab jerawat.

2. Mengikat rambut

Selain menjaga kebersihan tubuh, kamu juga perlu mengikat rambut. Mungkin cara yang satu terdengar asing, namun ini merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat punggung yang efektif, khususnya bagi kamu yang memiliki rambut panjang.

Sebab, rambut panjang yang menyentuh dan menempel di area kulit punggung, ternyata dapat memicu timbulnya jerawat.

Hal itu tentu saja karena semua debu, minyak dan kotoran pada rambut, akan jatuh dan menempel ke pori-pori kulit punggung.

3. Rutin membersihkan kulit dengan scrub

Rutin melakukan scrub tubuh juga ternyata bisa mengobati dan menghilangkan jerawat punggung, loh!

Apalagi, cara menghilangkan jerawat punggung ini juga disebut sebagai cara yang efektif, karena scrub dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuka serta membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat oleh bakteri dan kuman penyakit.

4. Menggunakan pakaian yang longgar

Meski tidak semua orang suka menggunakan pakaian longgar, namun nyatanya pakaian ini bisa membantu menghilangkan jerawat punggung.

Dengan menggunakan pakaian yang longgar, setidaknya kamu bisa sedikit terhindar dan mengurangi risiko terbentuknya jerawat di punggung.

Berbeda halnya jika kamu menggunakan pakaian ketat, yang justru membuat keringat tubuh terperangkap di dalamnya.

Sehingga, hal tersebut dapat meningkatkan risiko terbentuknya jerawat punggung yang semakin parah.

5. Mengonsumsi makanan bergizi

Tidak hanya melakukan empat hal di atas, kamu pun harus mulai mengonsumsi makanan bergizi untuk mengurangi bahkan menghilangkan jerawat punggung.

Adapun makanan bergizi yang bisa kamu konsumsi sangat banyak, di antaranya seperti buah-buahan, makanan dengan protein rendah lemak, sayuran, serta biji-bijian.

Agar hasil yang didapatkan maksimal, sebaiknya kamu melakukan cara menghilangkan jerawat punggung yang satu ini secara rutin, khususnya selama proses pengobatan.

6. Menggunakan bahan-bahan alami

Menghilangkan jerawat punggung juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Maksud dari bahan-bahan alami di sini, yaitu seperti tea tree oil, lidah buaya dan ekstrak teh hijau.

Tea tree oil sendiri berfungsi sebagai antiradang dan antiseptik, yang dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Sementara, lidah buaya dan ekstrak teh hijau sendiri pun digunakan sebagai obat jerawat alami, karena diketahui mampu mengurangi peradangan dan melawan bakteri penyebab timbulnya jerawat.

7. Kompres bagian tubuh yang berjerawat dengan air hangat

Nah cara menghilangkan jerawat punggung yang terakhir, yaitu dengan mengompres bagian tubuh yang berjerawat menggunakan air hangat.

Seperti yang diketahui, air hangat dapat membuka pori-pori kulit. Sehingga dengan mengompres bagian tubuh yang berjerawat, secara tidak langsung akan membantu kamu mengempiskan jerawat secara perlahan.

Tidak hanya itu, mengompres juga memungkinkan jerawat menjadi matang, nanah muncul ke permukaan lalu pecah dengan sendirinya.

Jika ingin mengompres bagian tubuh yang berjerawat, kamu bisa melakukannya menggunakan kain atau handuk bersih yang sudah dibasahi air hangat.

Setelah itu, kamu bisa langsung mengompresnya selama 15-20 menit, sampai kain atau handuk hangat tersebut berubah menjadi dingin.

Menggunakan Obat

Selain menggunakan cara alami, kamu juga bisa menghilangkan jerawat punggung menggunakan obat-obatan.

Yang mana, obat-obatan ini sendiri tidak hanya obat minum, tetapi juga obat yang dioles ke permukaan kulit berjerawat, seperti salep dan lain sebagainya.

Adapun daftar obat-obatan yang aman dikonsumsi dan digunakan tersebut, di antaranya yaitu:

  • Retinoid, yaitu obat untuk menghilangkan jerawat punggung berbentuk gel dengan konsentrasi 0,1 persen, yang bisa digunakan setiap hari setelah mandi atau sebelum tidur.
  • Benzoil peroksida, yaitu obat untuk membunuh bakteri penyebab jerawat berbentuk salep dan sabun, yang bisa digunakan setiap hari secara teratur.
  • Asam alfa hidroksi, yaitu obat untuk menghilangkan jerawat punggung, mempercepat pergantian sel dan mengurangi sumbatan pori-pori, yang mengandung asam alfa hidroksi (AHA).
  • Isotretinoin, yaitu obat keras untuk menghilangkan jerawat punggung, yang wajib dikonsumsi secara teratur selama beberapa bulan bahkan tahun.
  • Antibiotik, yaitu obat yang perlu dikonsumsi untuk mengurangi peradangan atau inflamasi di kulit, serta menghilangkan bakteri penyebab jerawat.
  • Pil kontrasepsi, yaitu pilihan obat jerawat yang hanya boleh digunakan oleh wanita yang sudah menikah atau melahirkan, untuk membantu mengatur hormon dan mengurangi produksi minyak di kulit.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Punggung Kembali

Jika semua cara menghilangkan jerawat punggung sudah dilakukan, namun jerawat tersebut masih kerap kali muncul ke permukaan, jangan khawatir!

Kamu bisa melakukan beberapa cara mencegah timbulnya jerawat punggung, yang terdiri dari:

  • Rutin mengganti seprai dan sarung bantal, setidaknya satu minggu sekali
  • Rutin membersihkan tubuh dan mandi setelah beraktivitas seharian
  • Hindari penggunaan produk perawatan kulit yang berisiko membuat kulit menjadi iritasi
  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dengan menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas (khususnya di luar ruangan)
  • Rutin menggunakan skincare dan makeup yang oilfree dan non comedogenic (tidak menyumbat pori-pori)
  • Hindari menyentuh atau bahkan memecahkan jerawat punggung.

(Baca Juga: Obat Alami untuk Jerawat Paling Ampuh)

Beberapa informasi terkait jerawat punggung sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya, mulai dari gejala timbulnya jerawat punggung, penyebabnya, cara menghilangkan jerawat punggung, hingga cara mencegah timbulnya jerawat punggung kembali.

Nah untuk cara menghilangkan jerawat punggung sendiri, semuanya bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah.

Kamu pun tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan semua cara tersebut. Karena yang dibutuhkan adalah niat dan komitmen.

Apabila kamu konsisten melakukan semua cara tersebut, maka membutuhkan waktu yang lama kamu sudah bisa menghilangkan semua jerawat punggung yang dimiliki.

Namun, jika semua cara menghilangkan jerawat punggung secara alami sudah dilakukan dan tidak ada perubahan apapun, maka sebaiknya kamu memeriksakannya ke dokter.

Kamu mungkin akan mengeluarkan biaya yang cukup besar jika melakukan pemeriksaan ke dokter, namun jangan khawatir!

Sebab kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya. Karena dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa membayar semua biaya pengobatan dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membayar semua tagihan kartu kredit dengan cara dicicil. Sehingga, nantinya kamu tidak akan terbebani dengan semua tagihan kartu kredit yang harus dibayarkan tersebut.

Oleh sebab itu, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Selain itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!