Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah Secara Alami

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Wajah terlihat lesu, tak bergairah, hingga sering dibilang sakit? Mungkin hal tersebut dikarenakan adanya lingkaran hitam pada mata, atau biasa disebut mata panda. Tidak hanya bisa ditutupi dengan make up, cara menghilangkan mata panda dengan mudah secara alami seperti patut kamu coba. 

cara menghilangkan manta panda dengan mudah secara alami

Namun, sebelum membahas lebih dalam soal cara menghilangkan mata panda dengan mudah, mari simak dulu pengertian hingga penyebab dari mata panda itu sendiri.

Apa Itu Mata Panda?

Mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata, merupakan sebuah lapisan tipis kulit di bawah mata, yang menunjukkan pembuluh darah terlihat lebih jelas, ketimbang di area kulit lain dari wajah kamu. 

(Baca Juga: Obat Alami untuk Jerawat Paling Ampuh, Murah, dan Aman)

Penyebab Mata Panda

Biasanya, mata panda muncul diakibatkan beberapa hal berikut ini:

  • Kurang Tidur

Penyebab mata panda yang pertama dan yang paling umum terjadi adalah kurang tidur. Tuntutan kerja hingga banyaknya aktivitas yang harus diselesaikan, membuat waktu tidur kamu tersita. 

Entah lembur di kantor, tugas kampus yang deadline, hingga pekerjaan ibu rumah tangga yang tidak ada habisnya. Sehingga wajah pun akan terlihat lesu, tak bergairah, bahkan sering dibilang sedang sakit, padahal hana kurang tidur.

  • Pigmen di Area Mata

Penyebab mata panda yang kedua adalah adanya pigmen di area mata. Meski tak menimbulkan masalah, namun keadaan ini memang sering terjadi di beberapa orang, sehingga membuatnya tidak menarik. 

  • Paparan Sinar Matahari

Tidak hanya area kulit lainnya, area bawah mata juga sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari. Sehingga kulit bisa tampak mengkilap. Untuk hal ini, biasanya menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas keluar ruangan. 

  • Kondisi Kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan juga bisa mempengaruhi keadaan warna kulit di area mata. Biasanya penderita gangguan ginjal, anemia, dan tiroid akan mengalaminya. 

  • Penuaan

Mata panda umumnya dialami oleh orang dewasa, atau yang telah berusia di atas 20 tahun. Jadi jarang terjadi di usia anak-anak ya. 

Jika dilihat secara bertahap mata panda di tahap pertama umumnya akan terjadi lekukan terlebih dahulu, sehingga membuatnya terkesan mengalami penggelapan dan kendur. 

Tahap yang kedua adalah adanya penipisan kulit, sehingga pembuluh darah akan semakin terlihat. 

  • Pembengkakkan di Bawah Mata

Bagi kamu yang habis menangis semalaman, mungkin keesokan paginya akan mengalami mata bengkak atau sembab. Akibat pembengkakkan juga bisa membuat area mata terlihat gelap.

Nah, itu dia beberapa penyebab mata panda yang sering dialami Lantas bagaimana cara menghilangkannya? Jangan cuma menutupinya saja dengan make up, kamu bisa lakukan cara menghilangkan mata panda dengan mudah secara alami kok. 

Bahkan, cara menghilangkan mata panda dengan mudah secara alami ini, juga bisa dilakukan hanya dalam satu minggu saja!

Penasaran menggunakan bahan alami apa saja? Yuk langsung saja intip cara menghilangkan mata panda dengan mudah secara alami dan bisa kamu lakukan dengan mudah.

Cara Menghilangkan Mata Panda

1. Tomat

tomat

Cara menghilangkan mata panda dengan mudah secara alami yang pertama adalah dengan tomat. Mengandung asam sitrat, membuat tomat bisa memutihkan kulit. Cara menggunakan nya, kamu tinggal potong tomat, iris tipis, lalu letakan di bawah mata (kantung mata), diamkan hingga meresap. 

2. Kunyit

kunyit

Selain menjadi bumbu masak, kunyit juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda dengan mudah. Cara mengaplikasikannya pun sangat mudah, yakni parut kunyit, lalu oleskan ke bagian bawah mata. Lakukan dua kali seminggu, secara rutin.

3. Kentang

kentang

Umbi-umbian yang satu ini tidak hanya memiliki rasa gurih dan enak, tapi juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Cara mengaplikasikannya, cukup parut kentang secukupnya, lalu oleskan di bawah mata dan diamkan. 

4. Teh Hijau

Teh hijau

Sering minum teh? Jangan buang ampasnya, karena ampas teh bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan mata panda dengan mudah. Setelah habis pakai ampas bisa langsung diaplikasikan ke bawah mata dan diamkan beberapa menit. 

Selain itu teh hijau juga mengandung tanin dan astringent properties, yang bisa membantu mencegah pelebaran pembuluh darah di bawah mata.

5. Mentimun

Mentimun

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa mentimun bisa digunakan untuk merawat wajah, termasuk cara menghilangkan mata panda. Selain itu, mentimun juga mengandung antioksidan yang baik untuk mengobati kantung mata yang kendur dan menghitam.

6. Perasan Jeruk Lemon

Perasaan jeruk lemon

Mengandung zat pemutih, air lemon juga sering digunakan sebagai campuran bahan krim wajah. Sehingga air lemon juga sangat ampuh sebagai cara menghilangkan mata panda.

Karena memiliki efek perih, kamu juga harus berhati-hati dalam mengaplikasikannya. Jangan sampai terkena mata dan selaput lainnya.

7. Minyak Zaitun

minyak zaitun

Minyak zaitun terkenal dengan khasiatnya yang bisa menghaluskan hingga mencerahkan kulit. Semua hal tersebut disebabkan karena kandungan antioksidannya sehingga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda

Caranya, kamu tinggal oleskan minyak zaitun ke daerah bawah mata, lalu sesekali pijat. Lakukan secara rutin agar hasil maksimal.

8. Lidah Buaya

lidah buaya

Selain sangat baik untuk pertumbuhan rambut, lidah buaya juga sangat baik untuk kelembaban kulit. Selain itu, efek menyegarkan juga bisa membuat kulit di area bawah mata menjadi kencang dan segar. Cara menghilangkan mata panda menggunakan lidah buaya sangat efektif bagi kamu yang ingin mencobanya.

9. Putih Telur

putih telur

Cara menghilangkan mata panda dengan mudah selanjutnya adalah putih telur. Meski amis, putih telur sangat efektif untuk mengencangkan kulit dan memudarkan warna gelap pada bawah mata. 

Caranya, tinggal oleskan dan tunggu sekitar 20 menit hingga kering, setelah itu bilas dengan air. 

(Baca Juga: 7 Rekomendasi Skincare Agar Tetap Glowing Selama di Rumah Aja)

10. Sendok

sendok

Cara menghilangkan mata panda dengan mudah yang terakhir ini bukan dengan bahan buah, sayur atau bumbu dapur, tetapi dengan alat makan, yakni sendok. Kok bisa? Caranya kamu tinggal dinginkan sendok di kulkas, setelah dingin, tempelkan sendok pada mata. 

Tunggu 15 menit hingga rasa dingin menghilang, sambil ditekan-tekan. Kamu bisa lakukan hal ini secara rutin, agar hasil maksimal.  

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan mata panda dengan mudah, secara alami yang wajib kamu coba di rumah. Selain mudah, bahan-bahan alami yang digunakan juga murah dan bisa didapatkan dengan mudah. 

Gunakan Tabir Surya dan Pelindung Kepala Sebelum Beraktivitas

Setelah melakukan treatment secara alami di atas, jangan lupa juga selalu menggunakan krim tabir surya sebelum beraktivitas, dan menggunakan pelindung seperti payung hingga topi. 

Pilihlah produk tabir surya, sunscreen, atau sunblock terbaik. Ketahui juga komponen yang terkandung di dalamnya, seperti SPF dan PA. Untuk berkegiatan sehari-hari di luar, kamu bisa menggunakan SPF 15/PA+, SPF 15-30/PA ++ untuk berolahraga, dan SPF 30-50/PA+++ untuk berlibur ke pantai atau aktivitas di bawah terik matahari langsung. 

Untuk bisa melindungi kulit dengan maksimal, pastikan pilih produk yang berkualitas. Produk tabir surya berkualitas dan ternama, biasanya juga memiliki harga yang cukup mahal, yakni sekitar Rp50.000 – Rp500.000 sesuai tingkatan SPF. 

Agar lebih nyaman saat belanja dan mendapatkan berbagai promo, gunakanlah kartu kredit khusus belanja. Selain praktis, berbelanja dengan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan, mulai dari diskon, cashback hingga rewards. 

Yuk, ajukan kartu kredit terbaik untuk belanja, hanya di CekAja.com, dan dapatkan produk tabir surya yang diinginkan sekarang juga.