13 Cara Menghilangkan Tungau Kasur Secara Alami Paling Efektif!

7 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Tungau atau kutu kasur bikin kulit gatal-gatal? Yuk intip cara menghilangkan tungau kasur secara alami, dengan bahan-bahan mudah didapat berikut ini!

Namun, sebelum mengetahui sederet cara menghilangkan tungau kasur secara alami, sebaiknya kamu ketahui dulu, apa itu tungau kasur, beserta hal yang akan ditimbulkan, jika kasur terdapat tungau.

Apa Itu Tungau Kasur?

Tungau kasur merupakan sebuah spesies hewan yang sangat kecil, hingga tak kasat mata, yang biasa hidup di pemukiman manusia. Ukuran dari tungau sendiri adalah sekitar 420 µm panjang dan 250-320 µm lebar.

Bentuk dari tungau kasur sendiri, hampir mirip dengan kutu rambut, namun ukurannya jauh lebih kecil. Tungau kasur, bisa disebut parasit, karena hidup di celah-celah dan lipatan kasur.

Tungau kasur disebut sangat sulit untuk dibasmi, bahkan dengan bahan-bahan kimia sekalipun. Sehingga, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan kasur, seperti sering dijemur, dan mengganti sprei.

Pasalnya, tungau kasur tidak hanya menumpang hidup di kasur, tapi juga bisa merugikan si pengguna kasur.

Tungau kasur biasanya akan keluar di malam hari dari tempat persembunyiannya, lalu menggigitmu dan menghisap darah seperti kutu rambut.

Tanda-tanda Kasur Dihuni Tungau

Dilansir dari health.detik.com, menurut National Health Services (NHS), ada beberapa tanda-tanda bahwa kasur kamu dihuni oleh tungau, beserta hal yang ditimbulkan oleh tungau. Yuk intip tanda-tandanya:

  • Adanya bekas gigitan di kulitmu, berwarna merah dan terasa gatal. Gigitan tungau juga bisa parah tergantung kondisi kulit, karena bisa menjadi bisul, bernanah, hingga menyebabkan ruam-ruam.
  • Terdapat bintik-bintik di kasur, yang disebut sebagai kotoran tungau
  • Terdapat telur tungau berwarna putih berukuran sangat kecil. Namun bisa terlihat jika dilihat pakai senter dan kaca pembesar.
  • Terdapat bintik-bintik seperti darah di sprei. Biasanya bintik tersebut disebabkan tungau tertekan oleh tubuh dan mati tergencet.
  • Aroma ruangan menjadi bau apek hingga bau debu.

(Baca Juga: Perbedaan Panu, Kudis, dan Kurap, Beserta Pengobatannya!)

Tidak hanya di kasur, tungau juga bisa hidup dan tinggal di sofa, kursi mobil, hingga kursi angkutan umum.

Jadi, meskipun kamu sudah merasa kasur di rumah bersih, namun kamu bisa membawa “pulang” tungau dari tempat lain, ke rumahmu loh.

Maka dari itu, sering-sering ganti sprei, jangan tidur di kasur sebelum membersihkan badan, dan buang barang-barang yang tidak berguna.

Pasalnya, kita tak pernah tahu tungau masih tetap ada atau tidak kasur, karena ukurannya yang memang tidak terlihat oleh mata.

Daripada jadi sumber penyakit, lebih baik lakukan cara menghilangkan tungau kasur secara alami dan paling efektif berikut ini, agar kasur tetap bersih, meski harus dilakukan secara bertahap.

Cara Menghilangkan Tungau Kasur Secara Alami

1. Menjemur kasur di tengah terik matahari

Cara menghilangkan tungau kasur secara alami yang pertama dan paling mudah adalah dengan menjemurnya, di tengah terik matahari.

Panas matahari siang hari yang terik, bisa bantu membunuh tungau kasur. Sebelum menjemur, pastikan barang-barang di kamar dipindahkan dulu, agar tungau dari kasur tidak pindah ke tempat lain.

Sambil dijemur, kasur bisa dipukul-pukul dengan kencang, agar tungau, kotoran tungau, hingga debu di permukaan kasur bisa rontok.

2. Mencuci kasur, bantal, dan guling pakai air panas

Cara menghilangkan tungau kasur secara alami berikutnya adalah dengan cara mencuci kasur beserta bantal dan guling, dengan air panas.

Tidak hanya dengan sabun dan bahan kimia pada sabun, tungau juga bisa mati dengan suhu panas.

Sehingga, kamu bisa menggunakan air panas untuk membunuh tungau beserta telurnya, ketika mencuci kasur.

Setelah dicuci, jangan lupa dijemur dibawah terik matahari, sampai kering. Jika belum kering, besoknya bisa dijemur kembali.

3. Disemprot dengan uap panas

Selain dijemur dan dicuci dengan air panas, cara menghilangkan tungau kasur secara alami lainnya adalah dengan disemprot pakai uap panas.

Kamu bisa menggunakan alat penghasil uap panas, seperti setrika uap, atau jika tidak punya, kamu bisa menggunakan ketel.

Caranya, masak air di ketel listrik, lalu pasang selang kecil. Ketika air mendidih, uap akan tersembur lewat selang tadi.

Nah, ketika selang menghasilkan uap panas, kamu bisa langsung uapkan ke sepanjang tepi dan celah kasur, sambil dibersihkan.

4. Menaburkan silika gel

Biasa digunakan untuk mengawetkan makanan, barang-barang yang lekas menjamur, dan lainnya, ternyata silika gel juga bisa digunakan untuk basmi tungau kasur.

Cara menghilangkan tungau kasur secara alami dengan silika gel ini, bisa diaplikasikan dengan mudah.

Karena, kamu hanya tinggal menyebar silika gel ke seluruh area kasur. Nantinya tungau akan menempel pada silika gel, dan mati.

5. Disemprot minyak tanah dan kapur barus

Selain pakai silica, cara menghilangkan tungau kasur secara alami selanjutnya, juga bisa menggunakan minyak tanah dan kapur barus.

Caranya, campurkan kedua bahan ini, yakni minyak tanah dan kapur barus, ke dalam botol semprot. Lalu, kamu tinggal semprotkan ke area kasur.

Cara ini, juga sudah sering digunakan untuk membasmi tungau kasur, karena dirasa lebih praktis.

6. Basmi dengan lelehan lilin

Sedikit aneh, namun cara menghilangkan tungau kasur secara alami dengan lilin ini, ternyata cukup efektif loh.

Caranya, kamu cukup bakar lilin, lalu teteskan lelehan lilin ke bagian kasur yang terdapat tungau beserta telurnya.

Untuk takarannya, kamu bisa sesuaikan dengan area kasur dan bagian-bagian yang sering dihuni tungau.

Setelah lelehan lilin mengering, kamu bisa keruk menggunakan tangan dengan mudah, tanpa bekas, dan tungau ikut mati bersama lelehan yang sudah mengering tersebut.

7. Disemprot insektisida

Tidak perlu menggunakan penyemprot kimia berbahaya, kamu bisa menggantinya dengan insektisida atau obat pembasmi nyamuk.

Cara ini disebut cukup efektif dan praktis. Kamu bisa menyemprotkan secara rutin, hingga tungau tidak lagi menetaskan telurnya.

8. Disemprot dengan air garam

Cara menghilangkan tungau kasur secara alami yang bisa dibuat dengan mudah di rumah, adalah dengan air garam.

Kamu bisa membuat larutan air garam, lalu masukan ke dalam botol semprot. Selanjutnya, kamu bisa semprotkan air garam ke area kasur.

9. Disemprot cuka

Meski bau kecut, namun cuka bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan tungau kasur secara alami.

Caranya, hanya cukup campurkan cuka dengan air, lalu masukan ke botol semprot. Selanjutnya, larutan cuka tersebut, bisa disemprotkan ke area kasur.

Cuka juga disebut ampuh membasmi tungau, bahkan sampai ke telurnya. Mudah bukan?

10. Aroma kulit durian

Tidak semua orang suka dengan aroma durian, begitu juga dengan tungau kasur. Karena tungau kasur, tidak suka dengan bau menyengat seperti durian.

Untuk menghilangkan tungau kasur dengan kulit durian, caranya sangat mudah. Kamu hanya tinggal letakkan kulit durian di dekat kasur.

Nah, bau menyengat tersebut bisa bantu menghilangkan tungau. Setelah itu, kamu bisa membersihkan kasur seperti biasa dengan sapu lidi.

11. Daun sirsak

Ada cara menghilangkan tungau kasur secara alami, yang tidak kalah praktis, yakni hanya dengan daun sirsak.

Selain mudah didapat, daun sirsak disebut ampuh usir tungau kasur. Caranya, kamu tinggal cari daun sirsak, petik, dan taburkan daun ke area kasur.

Tidak hanya untuk mengatasi, daun sirsak juga bisa untuk mencegah tungau kasur datang kembali.

12. Bunga lavender

Selain bisa usir nyamuk, bunga lavender kering juga bisa usir tungau kasur, yang kerap mengganggu tidur kalian.

Caranya, kamu hanya tinggal letakan bunga lavender kering ke area kasur. Di selipan, dan celah-celah kasur.

Selain bisa usir tungau, aroma khas lavender juga bisa bantu tidurmu nyenyak, karena aromanya yang menenangkan.

13. Disemprot sari bawang

Selain durian, bawag juga memiliki aroma menyengat, yang bisa usir tungau kasur. Sehingga, bawang putih dan bawang merah bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan tungau kasur secara alami.

Caranya, kamu cukup parut bawang, lalu ambil sarinya. Setelah itu, sari bawang bisa kamu semprotkan atau dioleskan, ke bagian kasur yang dihuni tungau.

Tidak perlu menunggu lama, tungau langsung keluar dan mati satu per satu.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi cara menghilangkan tungau kasur secara alami, yang paling efektif. Namun, daripada mengobati, lebih baik mencegahnya sebelum tungau menjadikan penyakit kulit yang serius.

Pasalnya, tungau kasur bisa menyebabkan beberapa masalah kulit. Jenis tungau juga tidak hanya tungau kasur, tapi ada tungau debu, demodex, dan sarcoptes scabiei.

Selain itu, tungau juga tidak hanya hidup di permukaan kulit, tapi juga bisa menerobos masuk ke dalam jaringan bawah kulit, dan menimbulkan scabies atau kudis.

Nah, jika kudis sudah menginfeksi kulit kamu, maka akan timbul kemerahan, kulit melepuh, hingga berair.

Tidak mau bukan, hal tersebut terjadi kepada kamu? Maka dari itu, jaga selalu kebersihan kasur dan sprei.

(Baca Juga: 10 Merk Sprei Terbaik Bahan Bagus, Harga Murah!)

Jika tak punya cukup banyak sprei di rumah, kamu bisa membelinya dua atau tiga, agar bisa digunakan bergantian.

Tidak mahal, kamu bisa membeli sprei dengan kualitas bagus, namun harga tetap murah di berbagai toko online.

Agar lebih hemat, kamu bisa berbelanja dengan menggunakan kartu kredit, terlebih yang sering memberi promo belanja!

Pasalnya, dengan berbelanja pakai kartu kredit, kamu bisa berkesempatan mendapatkan promo menarik, seperti diskon, cashback, hingga cicilan 0 persen loh.

Belum Punya Kartu Kredit? Ajukan Sekarang Juga di CekAja.com!

Mau belanja praktis di toko online, tapi terhambat di pembayaran? Sepertinya hal tersebut tidak akan terjadi, jika kamu melakukan pembelian menggunakan kartu kredit.

Pasalnya, di masa pandemi seperti ini, kartu kredit bisa menjadi penyelamat paling ampuh!

Jadi, segera miliki kartu kredit terbaik, sesuai kebutuhan dan keinginanmu, yang bisa dipilih di CekAja.com, dan ajukan secara online.

Ada banyak pilihan kartu kredit yang disediakan CekAja.com, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!