Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Cara Menghilangkan Varises Paling Efektif Secara Alami di Rumah

by Estrin Vanadianti Lestari on 28 Juli, 2020

Cara menghilangkan varises, yang sering muncul di kaki, betis, hingga paha, ternyata bisa dilakukan sendiri di rumah, dengan cara yang mudah dan praktis. Kondisi ini, juga lebih sering menyerang wanita ketimbang pria, sehingga adanya varises, tentu sangat mengganggu penampilan. 

Cara Menghilangkan Varises Paling Efektif Secara Alami di Rumah

Apa Itu Varises?

Sering disebut sebagai urat yang menonjol, varises sendiri merupakan suatu kondisi pembengkakan atau pelebaran, yang terjadi di pembuluh darah vena, dan disebabkan oleh adanya penumpukan darah, di dalam pembuluh tersebut. 

Ciri-ciri bahwa kamu mengalami varises adalah, jika pembuluh vena yang berwarna ungu atau biru gelap, nampak membengkak atau menonjol. Bahkan, varises sendiri bisa terjadi di seluruh pembuluh vena dalam tubuh manusia. 

Biasanya, varises terjadi di area tungkai kaki terutama di betis. Hal tersebut dikarenakan tekanan di betis sangat besar, ketika kita berdiri atau berjalan. Tidak hanya di situ, varises juga bisa muncul di bagian panggul, anus (wasir), vagina, rahim, atau kerongkongan (varises esofagus).

Siapa yang paling berisiko terkena varises? Selain wanita, ternyata ada beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami varises, dan membuat siapa pun ingin segera mengetahui cara menghilangkan varises. 

Adapun faktor lain yang bisa meningkatkan terkena varises di antaranya adalah pertambahan usia, kelebihan berat badan (obesitas), keturunan, hingga lingkungan kerja (yang membuat seseorang harus berdiri lama).

(Baca Juga: 18 Cara Mengecilkan Lengan Berlemak)
Penyebab Munculnya Varises

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa varises terjadi akibat adanya penumpukan darah di pembuluh vena. Namun mengapa hal tersebut bisa terjadi? Begini penjelasannya.

Di dalam tubuh seseorang, pembuluh vena berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah, dari seluruh tubuh, ke jantung. Di dalam pembuluh vena, terdapat katup yang berfungsi sebagai pintu satu arah. 

Sehingga, darah yang telah melewati vena, tidak bisa kembali lagi. Nah, jika vena lemah atau terjadi kerusakan pada katup vena, maka bisa menyebabkan darah berbalik arah dan terjadilah penumpukan darah di vena. 

Kemudian, penumpukan inilah yang menyebabkan munculnya varises, atau pembuluh darah yang melebar dan menonjol. Karena wujudnya sangat jelas terlihat, membuat kondisi ini sangat menyeramkan, mengganggu penampilan dan tentunya kesehatan.  

Jika kamu ingin menghilangkan kondisi ini, sebenarnya bisa saja kamu melakukan operasi dan terapi panas di dokter. Tapi, jika ada cara yang lebih mudah, efektif, dan dari bahan alami, kenapa tidak dicoba dulu?

Cara menghilangkan Varises

Dilansir dari laman sehatq.com dan telah ditinjau oleh dr. Reni Utari, berikut daftar cara menghilangkan varises paling efektif, dengan bahan alami, yang bisa dilakukan di rumah.

1. Mengatur Posisi Kaki

Mengatur Posisi Kaki - Cara Menghilangkan Varises Paling Efektif Secara Alami di Rumah

Cara menghilangkan varises yang pertama adalah dengan cara mengatur posisi kaki, terutama ketika kamu sedang beristirahat. Kamu bisa mengangkat kaki setinggi posisi jantung, atau jika bisa lebih tinggi. 

Setelah itu, sandarkan saja kakimu di tembok, sambil terlentang, dan tahan hingga beberapa menit. 

Cara ini dilakukan, untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah vena di kaki, sehingga aliran darah dari kaki ke jantung, bisa lancar. 

Disarankan juga bagi kamu pengidap varises, untuk tidak terlalu lama duduk atau berdiri. Namun, jika kamu harus lama duduk atau berdiri karena tuntutan pekerjaan, maka sesekali harus melakukan gerakan, seperti berjalan, senam ringan dan lain-lain. 

HIndari juga menyilangkan kaki, ketika sedang duduk, karena akan menghambat aliran darah. Hal tersebut dilakukan, agar aliran darah tetap lancar, menyebar ke seluruh tubuh.

2. Melakukan Pijat Refleksi

Melakukan Pijat Refleksi - Cara Menghilangkan Varises Paling Efektif Secara Alami di Rumah

Cara menghilangkan varises yang selanjutnya adalah dengan melakukan pijatan refleksi. Varises yang sudah parah, biasanya akan menimbulkan rasa nyeri yang cukup hebat. 

Maka dari itu, agar mengurangi adanya pembengkakan, pijat refleksi bisa dijadikan cara yang tepat agar varises bisa membaik. Namun, sebelum melakukan pijatan, ada baiknya jika kamu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Pasalnya, ada beberapa penderita varises yang tidak boleh melakukan pijatan refleksi, seperti ibu hamil khususnya pada trimester pertama. 

Melakukan pijatan di area pembuluh darah, bisa membantu melancarkan aliran darah di kaki. Namun, tidak disarankan jika pijatan dilakukan dengan cara menekan pembuluh darah varises secara langsung, karena hal tersebut bisa merusak jaringan, yang rapuh.

3. Olahraga

Olahraga - Cara Menghilangkan Varises Paling Efektif Secara Alami di Rumah

Selanjutnya, cara ini bisa menjadi cara menghilangkan varises dengan menyenangkan, yakni sambil berolahraga. Dengan olahraga, akan membuat sirkulasi darah di kaki, menjadi lebih lancar. 

Sehingga, penumpukan darah di pembuluh vena, bisa terdorong. Selain itu, olahraga juga bisa membantu menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Karena, varises juga bisa terbentuk dari faktor tekanan darah tinggi, yang dialami seseorang. Tidak perlu olahraga yang berat, kamu bisa melakukan olahraga ringan, seperti jogging, berenang, yoga, hingga perbanyak berjalan kaki. 

4. Mengubah Pola Makan

Mengubah Pola Makan - Cara Menghilangkan Varises Paling Efektif Secara Alami di Rumah

Selain aksi fisik, mengubah pola makan juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan varises, paling efektif secara alami. Gaya hidup dengan pola makan yang berantakan dan tidak sehat, akan mempengaruhi datangnya penyakit, termasuk varises.

Pasalnya, makanan yang memiliki rasa asin, bisa membuat tubuhmu menahan air secara berlebihan. Sehingga, cobalah untuk mengurangi makanan asin mulai dari sekarang, agar cairan bisa berkontribusi dengan baik di dalam tubuh. 

Selain menghindari makanan asin, kamu juga harus memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak potasium, dan juga serat.. Misalnya seperti: 

  • Ubi
  • Kacang panjang
  • Yogurt
  • Kerang
  • Wortel
  • Ikan tuna
  • Kacang kedelai
  • Labu air
  • Pisang
  • Susu
  • Jus jeruk

Selain memilih makanan dengan kandungan tertentu, kamu juga harus memperhatikan berat badan. Pastikan, kamu tidak mengkonsumsi makanan terlalu banyak, terutama yang berlemak.

Karena, orang yang memiliki berat badan berlebih, bisa sangat berisiko untuk mengalami varises. Jadi, jika berat badanmu berlebih, coba lakukan program diet, hingga mencapai angka yang ideal.

5. Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Flavonoid

Perbanyak Konsumsi Makanan yang Mengandung Flavonoid - Cara Menghilangkan Varises Paling Efektif Secara Alami di Rumah

Selain memilih makanan yang tinggi potasium dan serat, cara menghilangkan varises juga bisa dengan cara, memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung flavonoid. 

Kandungan flavonoid sendiri, bisa membantu memperlancar aliran darah, mengurangi tekanan darah arteri, hingga membuat pembuluh dara menjadi lebih rileks. 

Kamu bisa mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini, untuk mendapatkan banyak asupan flavonoid, yakni:

  • Sayur bayam
  • Brokoli
  • Paprika
  • Anggur
  • Blueberry
  • Cerry
  • Apel
  • Stroberi
  • Teh Hijau
6. Jangan Menggunakan Pakaian Ketat

Jangan Menggunakan Pakaian Ketat - Cara Menghilangkan Varises Paling Efektif Secara Alami di Rumah

Satu lagi cara menghilangkan varises paling efektif dengan mudah adalah dengan menghindari penggunaan pakaian ketat. Pasalnya, pakaian ketat akan membuat aliran arah terhimpit dan tidak leluasa, sehingga bisa menyebabkan varises.

Kamu bisa mencoba menggunakan pakaian yang longgar, agar sirkulasi aliran darah di tubuh, tetap lancar, dan tidak membatasi aliran darah ke tubuh bagian bawah. 

Tidak hanya pakaian, penggunaan alas kaki juga penting untuk diperhatikan. Pastikan kamu menggunakan alas kaki yang tidak memiliki hak tinggi, alias datar atau flat. 

Nah, itu dia beberapa informasi terkait penyakit varises, mulai dari pengertian, faktor risiko terkena, penyebabnya, hingga cara menghilangkan varises paling efektif, secara alami di rumah.

(Baca Juga: 10 Obat Keputihan dari Bahan Alami hingga Dokter)

Adapun cara di atas juga bisa dilakukan untuk membantu proses penyembuhan varises, selain tentunya pengobatan oleh dokter. 

Varises yang Dibiarkan, Bisa Sebabkan Kematian?

Adapun kondisi ini ternyata bisa membahayakan kesehatan, jika tidak segera ditindak. Dilansir dari laman kumparan.com, menyepelekan varises, bisa sebabkan kematian mendadak. 

Hal tersebut bisa terjadi karena, pembuluh darah vena yang melebar, bisa menutup aliran darah. Jika dibiarkan, hal tersebut bisa menyebabkan pembekuan, yang menempel di dinding-dinding pembuluh. 

Jika sudah ada satu titik pembekuan, dan mengumpul, maka lama-lama bisa menimbulkan pembengkakan pada kaki dan terasa amat nyeri. 

Gumpalan darah yang membeku juga bisa lepas, dan akan mengalir menuju paru-paru, yang akhirnya akan membuat paru-paru tersumbat, dan sesak napas. 

Tidak mau bukan, jika kondisi tersebut bisa membawamu ke masalah yang lebih besar? Maka dari itu, segera lakukan konsultasi ke dokter, dan melakukan diagnosa dini. 

Selain itu, lindungi diri juga dengan asuransi kesehatan. Karena, kita tidak akan pernah tau, kapan penyakit akan datang menghampiri. Dengan asuransi kesehatan, kamu menjadi sedikit lebih tenang, dari segala biaya pengobatan. 

Yuk, segera ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com sebelum semuanya terlambat!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk