Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

by Kyla Damasha on 9 Juli, 2020

Sudahkah kamu mengetahui tentang cara mengobati asam urat? Penyakit asam urat atau gout merupakan salah satu penyakit sendi yang dapat terjadi akibat kadar urat di dalam darah yang terlalu tinggi.

Cara mengobati asam urat

Umumnya, asam urat larut dalam darah yang kemudian keluar melalui urine. Akan tetapi, di dalam kondisi tertentu, tubuh justru menghasilkan asam urat yang berlebih atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat tersebut, sehingga asam urat menumpuk di dalam tubuh.

Nah, penumpukan asam urat tersebut akan membentuk kristal di sendi yang dapat memicu hadirnya nyeri dan pembengkakan di berbagai sendi tubuh, seperti di persendian jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Walaupun umumnya terbentuk di sendi, namun kristal asam urat juga bisa terbentuk di ginjal maupun di saluran kemih. Sehingga kondisi satu ini mengganggu fungsi ginjal atau bahkan menyebabkan batu saluran kemih.

(Baca Juga: Makanan untuk Penderita Asam Urat)

Penyakit asam urat seringkali dialami oleh pria dengan rentang usia 30 – 50 tahun. Akan tetapi, wanita pun juga bisa mengalaminya lho, terutama setelah melalui masa menopause. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara mengobati asam urat yang bisa kamu lakukan. Mari disimak bersama-sama.

Cara Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat itu sendiri ternyata tidak dapat disembuhkan secara total. Hanya saja, kamu masih bisa memiliki kesempatan untuk mengontrolnya agar tidak kambuh sewaktu-waktu. Untuk memastikan tingginya kadar asam urat seseorang, maka dibutuhkannya pemeriksaan darah. Setelah itu, barulah kamu bisa mencari tahu tentang cara mengobati asam urat untuk dapat menjaga kadar asam urat agar tidak melonjak.

Pada umumnya, cara mengobati asam urat bisa menggunakan obat dari resep dokter. Tetapi selain itu, merubah gaya hidup nyatanya juga dinilai sebagai salah satu cara mengobati asam urat yang ampuh.

Dilansir dari kompas.com, terdapat beberapa cara mengobati asam urat yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Membatasi Konsumsi Protein

Membatasi Konsumsi Protein - Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Untuk seseorang yang memiliki kondisi kesehatan yang normal, maka kamu dapat mengkonsumsi zat purin yang banyak terdapat di dalam protein hingga mencapai 600 – 1000 miligram per harinya. Akan tetapi untuk penderita asam urat, cara mengobat asam urat yang bisa dilakukan yaitu dengan mulai membatasi konsumsi protein, yakni hanya sekitar 120 – 150 miligram saja per hari.

Khususnya bila kadar asam urat sudah berada di atas normal, yaitu lebih dari 7 mg/dl, maka kamu sama sekali tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi. Namun, kamu masih bisa mengkonsumsi asupan dengan kadar purin sedang, seperti daging, ayam, dan ikan, hanya saja dengan jumlah yang dibatasi, yaitu 50 – 75 gram per hari.

Sayur-sayuran seperti bayam, asparagus, serta kangkung yang memiliki kandungan purin tinggi juga sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 100 gram per hari.

2. Mengurangi Konsumsi Lemak

Mengurangi Konsumsi Lemak - Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Sebaiknya, kamu mulai mengurangi konsumsi makanan berlemak. Aturlah agar porsi lemak hanya 10 – 15 persen dari total kebutuhan kalori atau energi. Khususnya seperti jeroan, makanan laut, makanan bersantan, goreng, dan mentega, sebaiknya mulai kamu hindari.

Karena, makanan-makanan tinggi lemak tersebut dapat menghambat ekskresi (pengeluaran) asam urat melalui urine.

3. Menyesuaikan Asupan Dan Kebutuhan Energi

Menyesuaikan Asupan Dan Kebutuhan Energi - Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Penderita asam urat harus selalu memperhatikan asupan apa saja yang masuk ke dalam tubuh, termasuk jumlah kalori untuk dikonsumsi setiap harinya. Namun, jumlah tersebut juga turut disesuaikan dengan usia, tinggi badan, berat badan, serta jenis aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Jadi, jangan sampai mengkonsumsi kalori dengan jumlah yang tidak sesuai.

Karena pasalnya, mengkonsumsi kalori berlebih juga tidak baik karena dapat memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kesehatan secara keseluruhan.

4. Menambahkan Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Menambahkan Konsumsi Karbohidrat Kompleks - Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Cara mengobati asam urat selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, singkong, dan roti gandum, setidaknya lebih dari 100 gram per hari. Selain itu, kamu juga sebaiknya menghindari makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana sejenis fruktosa seperti permen, gulali, dan sirup, jika tidak ingin asam urat kembali kambuh.

5. Perbanyak Minum Air Putih dan Hindari Alkohol

Perbanyak Minum Air Putih dan Hindari Alkohol - Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Nah, cara mengobati asam urat yang terakhir adalah dengan meningkatkan asupan cairan dalam tubuh dan menghindari alkohol. Disarankan untuk meminum sekitar 2,5 liter atau setara dengan 10 gelas air putih per hari. Selain itu, cairan yang terkandung di dalam buah-buahan juga bisa menjadi salah satu cara mengobati asam urat yang cukup ampuh.

Jika kamu memiliki kebiasaan meminum alkohol, maka ada baiknya jika kamu mulai menghindarinya, Alkohol pasalnya dapat meningkatkan asam laktat plasma yang dapat menghambat pengeluaran asam urat dari dalam tubuh.

Obat Alami untuk Mengobati Asam Urat

Cara mengobati asam urat selain dengan merubah gaya hidup, kamu juga bisa mengendalikannya dengan mengkonsumsi obat alami lho. Dilansir dari situs alodokter dan telah ditinjau oleh dr. Kevin Adrian, terdapat beberapa obat alami untuk asam urat yang bisa kamu coba, diantaranya adalah:

  • Kopi

Kopi - Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Banyak yang menilai bahwa mengkonsumsi kopi berlebihan tidaklah baik bagi tubuh, terutama karena kandungan kafein yang terdapat di dalamnya. Namun nyatanya, kopi justru dianggap sebagai salah satu cara mengobati asam urat karena kandungan kafein, mineral, serta polifenol yang mampu meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat serta meningkatkan proses pembuangan asam urat melalui urine.

Dengan begitu, hal ini juga bisa mencegah terjadinya asam urat yang mengendap dan merusak tulang dan sendi. Oleh karena itu, mengkonsumsi kopi bisa menjadi salah satu cara mengobati asam urat secara alami. Hanya saja, bila kamu memiliki riwayat penyakit maag atau asam lambung, mengkonsumsi kopi justru tidak disarankan karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

  • Kunyit

Kunyit - Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Tidak hanya sering digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan lho, seperti asam urat. Sebab, kandungan curcumin pada kunyit merupakan anti-radang yang dapat mengatasi rasa nyeri pada sendi akibat asam urat.

  • Buah dan Sayuran dengan Kandungan Vitamin C

Buah dan Sayuran dengan Kandungan Vitamin C - Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Cara mengobati asam urat secara alami juga bisa dengan mengkonsumsi buah serta sayuran dengan kandungan vitamin C yang kaya. Untuk buah disarankan seperti jeruk, jambu, kiwi, mangga, pepaya, nanas, dan semangka. Sedangkan untuk sayuran maka dianjurkan untuk mengkonsumsi bayam, kembang kol, brokoli, kentang, tomat, dan paprika.

  • Air Putih

Air Putih - Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa memperbanyak konsumsi air putih sangatlah membantu di mengobat asam urat. Dengan mengkonsumsi banyak air putih, maka tubuh juga akan menghasilkan urin dalam jumlah yang lebih banyak, yang mana hal tersebut juga membuat asam urat turu terbuang melalui urin tersebut, sehingga tidak akan menumpuk di dalam tubuh.

Jadi, itulah beberapa cara mengobati asam urat sekaligus obat alami yang bisa kamu konsumsi untuk mengobati asam urat itu sendiri. Walaupun penyakit asam urat tidak dapat disembuhkan, tetapi dengan merubah gaya hidup dan mulai mengkonsumsi makanan yang dianjurkan penyakit tersebut justru dapat dikontrol.

(Baca Juga: Cara Cek Kadar Asam Urat)

Kita semua mungkin tahu bahwa tak ada satu orangpun yang bisa memprediksi kapan permasalahan kesehatan datang menimpa. Namun meski begitu, bukannya tidak mungkin kita bisa melakukan antisipasi, bukan? Salah satunya seperti dengan memiliki asuransi kesehatan.

Terutama di kondisi yang sedang tidak menentu seperti saat ini dengan imunitas tubuh yang sangat diperhitungkan, hadirnya asuransi kesehatan sangatlah penting. Maka dari itu, setiap orang memang sepertinya sudah diharuskan untuk memiliki asuransi kesehatan. Nah, jika kamu belum memilikinya, jangan khawatir! Karena kamu bisa mengajukannya di CekAja.com.

Tak hanya dalam hal pengajuan, melalui CekAja.com kamu juga bisa melakukan perbandingan tentang perusahaan asuransi manakah yang menyediakan produk dan biaya premi yang paling sesuai. Jadi, kamu tidak perlu pusing lagi untuk memilih produk asuransi terbaik. Tunggu apa lagi! Yuk segera ajukan asuransi kesehatanmu hanya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda