Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Cara Mengobati Luka Pisau Paling Efektif Agar Cepat Kering!

by Estrin Vanadianti Lestari on 11 Agustus, 2020

Tak perlu panik, karena cara mengobati luka pisau, bisa dilakukan dengan mudah, terlebih agar luka lebih cepat kering. Pasalnya, ketika kamu panik sambil menahan sakit, biasanya kamu jadi sulit untuk berpikir, bagaimana cara mengatasinya bukan?

Cara Mengobati Luka Pisau Paling Efektif Agar Cepat Kering

Nyatanya, ada banyak cara mengobati luka pisau, yang bisa dijadikan pertolongan pertama baik dengan obat kimia, maupun dengan bahan alami. Terlebih, luka yang diakibatkan sayatan pisau pada jari, ternyata bisa menyebabkan pendarahan, nyeri hebat, hingga infeksi.

Luka Sayatan Pisau, bisa Menganggu Aktivitas

Tidak sebentar, proses penyembuhan luka akibat sayatan pisau, setidaknya harus membutuhkan waktu berhari-hari. Sehingga, bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti mencuci pakaian, mencuci piring, memasak, dan lainnya.

Selain bisa mengganggu aktivitas, luka sayatan pisau juga bisa meninggalkan bekas. Bahkan, jika cara mengobati luka pisau tidak tepat, luka bisa saja akan bertambah parah, karena infeksi seperti bernanah dan basah.

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mengobati luka pisau, sebagai pertolongan pertama.

Bahkan, dilansir dari sains.kompas.com, dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD Dr. Moewardi Surakarta, Dr. dr. Prasetyadi Mawardi, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV, meminta masyarakat, untuk tidak menganggap remeh luka sayatan pisau, meski ringan.

(Baca Juga: Lakukan 7 Hal Ini Agar Luka Cepat Pulih!)

Nah, jika kamu yang mengalami kejadian ini, sebaiknya ketahui cara mengobati luka pisau berikut ini, agar luka bisa cepat kering dan teratasi dengan baik.

Langkah Mengatasi Luka Pisau Sebelum Pengobatan

Sebelum mengobati, adapun kamu wajib melakukan langkah-langkah ini dulu, untuk mencegah infeksi.

  • Cuci Luka dengan Air dan Sabun

Ketika jarimu tersayat pisau, cepat-cepatlah cuci dengan air, agar kotoran yang ada di pisau tidak masuk ke dalam darah.

Mencuci luka sayat juga dilakukan untuk mencegah infeksi. Selain itu, gunakan air dingin atau air keran yang mengalir, untuk membersihkan luka.

  • Menekan Luka

Selain mencuci, menekan luka juga penting dilakukan, agar pendarahan bisa berhenti. Tahan tekanan sekitar dua menit, hingga pendarahan terhenti.

  • Tutup Luka dengan Perban Steril

Selama mencari atau membuat obat luka, kamu bisa tutup dulu luka dengan perban steril. Cara ini dilakukan agar darah tak kembali keluar, dan memastikan kotoran tidak masuk ke luka yang masih basah.

Nah, setelah kamu melakukan langkah-langkah di atas, kamu bisa langsung menerapkan cara mengobati luka pisau berikut ini, yang dilansir dari sehatq.com, dan telah ditinjau oleh dr. Karlina lestari.

Cara Mengobati Luka Pisau Agar Cepat Kering
1. Antiseptik dan Antimikroba

Antiseptik dan Antimikroba - Cara Mengobati Luka Pisau Paling Efektif Agar Cepat Kering

Cara mengobati luka pisau, yang pertama dan yang paling umum adalah dengan mengoleskan antiseptik dan antimikroba. Kamu bisa menggunakan obat luka ini, yang tersedia dalam bentuk salep atau gel.

  • Povidone iodine

Bagi yang masa kecilnya sering jatuh hingga terluka, mungkin sudah tidak asing lagi dengan obat luka yang satu ini. Ya, povidone iodine atau biasa dikenal dengan sebutan betadine.

Povidone iodine ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba, yang bermanfaat untuk menghambat perkembangan bakteri pada luka, sehingga meminimalisir terjadinya infeksi.

Povidone iodine bisa kamu beli di apotek terdekat, dalam bentuk salep. Obat ini juga sangat cocok untuk berbagai jenis luka, seperti luka sayatan pisau, luka bakar, luka gores, dan lain-lain.

  • Cadexomer iodine (Iodosorb)

Cadexomer iodine, merupakan zat antiseptik yang umum digunakan untuk mengobati luka, seperti luka sayat, luka bakar, dan lain-lain. Kadar iodine ini hanya memiliki sekitar 4 persen, sementara Povidone Iodine memiliki kadar iodine 10 persen.

Maka dari itu, cadexomer iodine ini memang lebih cocok digunakan untuk mengobati luka lama. Sedangkan untuk luka baru, povidone iodine lebih baik untuk menangani luka baru.

2. Pembalut Luka

Pembalut Luka - Cara Mengobati Luka Pisau Paling Efektif Agar Cepat Kering

Selain dengan antiseptik dan antimikroba, cara mengobati luka pisau juga bisa menggunakan pembalut luka atau wound dressing.

Gunanya, agar luka bisa cepat kering, karena jenis pengobatan ini bisa menyerap kelebihan darah atau cairan lain, seperti nanah.

Pembalut luka sendiri, terdiri dari berbagai macam bentuk, mulai dari pembalut, plester, atau gel. Untuk produknya kamu bisa pilih satu di antara tiga pilihan ini.

  • Hydrocolloid

Hydrocolloid merupakan zat yang berfungsi sebagai pembalut untuk melembabkan luka. Hydrocolloid memiliki warna coklat muda, yang ternyata sudah digunakan sejak 1982.

Bahkan, Hydrocolloid juga merupakan zat pembalut yang hampir memenuhi semua kriteria balutan ideal, karena memiliki sifat impermeable terhadap cairan dan oksigen.

Hydrocolloid mengandung polyurethane, adherent (perekat), namun tak menimbulkan nyeri. Sehingga, Hydrocolloid sangat cocok untuk mengobati luka sayatan pisau, dan menjadi dressing favorit pilihan perawat.

  • Hydrogel

Cara mengobati luka pisau yang berikutnya, bisa dengan menggunakan hydrogel. Zat ini terdiri dari gliserin atau air, dan biasa digunakan untuk luka yang tidak terlalu basah, luka bakar, hingga luka yang telah terinfeksi.

Obat luka yang satu ini juga sering digunakan, karena bisa memberikan kenyamanan pada penggunakan. Terlebih hydrogel juga cepat menyerap cairan luka dan mampu menjaga kelembaban kulit.

  • Kolagen

Pernah dengar istilah kolagen? Ya, zat ini sangat penting untuk pembentukan jaringan kulit baru. Nah, buat kamu yang memiliki luka sayatan pisau hingga daging terbelah, kamu bisa menggunakan kolagen, seperti produk Collacure.

Biasanya, kolagen digunakan untuk luka setelah operasi, luka bakar, luka dengan area permukaan yang luas, hingga sayatan pisau.

Kolagen sendiri akan membantu mendorong penyembuhan luka, seperti menghilangkan jaringan mati, membantu menyatukan tepi luka, meregenerasi sel kulit dan memproduksi sel-sel baru.

3. Antibiotik

Antibiotik - Cara Mengobati Luka Pisau Paling Efektif Agar Cepat Kering

Selain untuk pengobatan dari dalam, antibiotik juga bisa digunakan untuk pengobatan dari luar. Cara mengobati luka pisau dengan antibiotik juga sering direkomendasikan oleh dokter.

Untuk sediaan antibiotik luka, tersedia dalam bentuk salep atau gel. Adapun obat ini mampu membunuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi pada luka.

Untuk jenis salep antibiotik yang ada di pasaran, umumnya mengandung zat aktif seperti bacitracin, neomycin, silver sulfadiazine, atau kombinasi antara zat-zat tersebut.

4. Cara Mengobati Luka Pisau dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Luka Pisau dengan Bahan Alami

Selain dengan obat kimia, kamu juga bisa menerapkan cara mengobati luka pisau, dengan bahan alami loh, dan tentunya sangat mudah didapat.

  • Bawang Putih

Cara mengobati luka pisau secara alami yang pertama adalah dengan bawang putih. Di sini bawang putih sangat memiliki peran dalam menyembuhkan luka kecil akibat sayatan benda tajam.

Bawang putih sendiri mengandung antioksidan yang baik untuk penyembuhan luka. Agar lebih efektif, bawang putih harus kamu haluskan sebelum mengoleskannya ke bagian luka.

Memang agak sedikit perih, namun dengan begitu luka sayatan akan lebih cepat sembuh dan kering.

  • Madu

Cara mengobati luka pisau secara alami selanjutnya adalah dengan madu. Kamu bisa langsung mengaplikasikan madu ke luka sayatan pisau, kemudian diamkan selama 12 jam, hingga madu mengering.

Setelah itu, bersihkan menggunakan air mengalir sampai bersih. Kamu bisa melakukan cara tersebut hingga beberapa kali, hingga luka benar-benar kering.

Meski luka sudah mengering dan sembuh, kamu juga bisa tetap menggunakan madu, sebagai pemudar bekas lukanya.

  • Lidah Buaya

Berikutnya ada lidah buaya, sebagai cara mengobati luka pisau yang tak kalah efektif. Caranya, ketika luka sudah dibersihkan dengan air, kamu bisa langsung olesi lendir liah buaya ke luka.

Nah, agar proses penyembuhan maksimal, kamu bisa melakukan cara ini beberapa kali secara teratur, hingga luka sembuh, kering, bahkan bekasnya ikut memudar.

  • Minyak Kelapa

Cara mengobati luka pisau secara alami yang terakhir adalah dengan minyak kelapa, bukan minyak goreng. Pasalnya, minyak kelapa bisa digunakan untuk meringankan rasa nyeri dan bisa mencegah infeksi.

Minyak kelapa bekerja pada luka, sebagai anti peradangan dan antibakteri. Caranya, kamu cukup oleskan minyak kelapa ke bagian luka lalu tutup dengan kasa.

Lakukan hal ini setidaknya 2-3 kali sehari, sampai luka sembuh, dan bekasnya pun memudar.

(Baca Juga: 6 Buah Kaya Kolagen)

Nah, itu dia beberapa langkah hingga cara mengobati luka pisau, sebagai pertolongan pertama. Namun, jika luka yang dialami disebabkan oleh benda tajam yang kotor atau berkarat, sebaiknya kamu segera datangi dokter.

Terlebih, ketika hal tersebut terjadi, kamu bisa tertolong dengan cepat menggunakan vaksin tetanus.

Adapun tanda-tanda luka yang infeksi dan perlu vaksinasi tetanus adalah sebagai berikut:

  • Keluar nanah
  • Luka akan semakin memerah dan melebar
  • Terjadi pembengkakan
  • Menimbulkan rasa nyeri yang cukup hebat dan tak kunjung reda
Tetanus Bisa Menyerang Saraf

Tetanus adalah sebuah kondisi infeksi berbahaya, yang disebabkan oleh bakteri clostridium tetani. Nah, jika pada luka pisau berkarat menginfeksi tubuhmu, bakteri ini akan memproduksi toksin yang bisa menyerang sistem saraf.

Adapun gejala tetanus yang umum terjadi adalah kaku otot. Tetanus juga bisa menyebabkan gangguan pernapasan, bahkan bisa mengancam jiwa.

Tidak mau bukan, jika hanya sebuah luka kecil, bisa mengancam kesehatan dan jiwa kamu? Maka dari itu, ketika terkena pisau segeralah lakukan pengobatan dan tindakan medis lainnya.

Jika bertambah parah, jangan segan untuk pergi ke rumah sakit. Jika perlu miliki asuransi kesehatan, agar semua pengobatanmu terjamin.

Dengan asuransi kesehatan, kamu bisa meminimalisir risiko kesehatan dan juga finansial. Jadi, sangat penting untuk memiliki asuransi kesehatan sebagai antisipasi.

Hari gini belum punya asuransi kesehatan? Yuk, segera lakukan pengajuan asuransi kesehatan dengan mudah dan cepat, hanya melalui CekAja.com.

CekAja.com menyediakan banyak pilihan asuransi kesehatan, dari berbagai perusahaan asuransi ternama di Indonesia, seperti PFI Mega Life, Ciputra Life, hingga Cigna.

Kamu juga memilih produk asuransi kesehatan, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu. Jadi, tunggu apa lagi?

Segera ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk