8 Cara Mengobati Tumit Pecah-pecah. Murah dan Gak Pakai Ribet!

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Cara mengobati tumit pecah-pecah sebenarnya sangat mudah. Kamu tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan dan semacamnya, karena kamu hanya perlu menjaga kelembapan kulit tumit, dengan cara menggunakan beberapa bahan yang dapat membuat kulit tumit selalu terjaga kelembapannya.

8 Cara Mengobati Tumit Pecah-pecah. Murah dan Gak Pakai Ribet!

Pasalnya, tumit pecah-pecah hanya akan membuat aktivitas mu menjadi tidak akan nyaman, karena terasa perih saat digunakan untuk berjalan. Tidak hanya itu, tumit yang pecah-pecah juga dapat menurunkan rasa percaya diri, khususnya ketika kamu menggunakan alas kaki yang terbuka seperti sandal.

Apa itu Tumit Pecah-pecah?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengobati tumit pecah-pecah, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu sekilas tentang tumit pecah-pecah.

Sejatinya, tumit pecah-pecah merupakan sebuah kondisi di mana kulit tumit mengalami masalah, yang menyebabkan penderitanya menjadi tidak nyaman.

Salah satu faktor yang menyebabkan kulit tumit menjadi pecah-pecah adalah cuaca dingin dan kurangnya perawatan kaki. Sehingga, kulit tumit menjadi kering dan elastisitasnya berkurang. Jika dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama, kulit tumit akan menjadi pecah-pecah, berdarah, hingga menyebabkan infeksi.

Sebenarnya, ada beberapa gejala yang bisa kamu ketahui sebelum tumit kaki menjadi pecah-pecah. Pertama, kulit tumit akan menjadi kering terlebih dahulu. Setelah itu, sel-sel kulit mati di tumit kaki menjadi menumpuk dan kulit tumit kaki pun perlahan akan menebal dan mengeras.

Kemudian saat digunakan untuk berjalan, bantalan lemak pada tumit kaki akan menyebar dan akhirnya menipis. Dengan begitu, kulit tumit yang mengeras tersebut akhirnya pecah-pecah. Oleh karena itu, jika tumit kaki mu memiliki tanda-tanda seperti itu, maka kamu sudah harus mulai waspada dan menjaga kelembapannya.

(Baca Juga: 5 Manfaat Pijat Refleksi)

Penyebab Tumit Pecah-pecah

Pada dasarnya, penyebab utama tumit pecah-pecah adalah kondisi kulit tumit yang kering dan kurang nutrisi. Namun ternyata, selain itu masih banyak faktor lainnya yang dapat menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah, di antaranya yaitu:

  • Terlalu sering berada di lokasi dengan suhu udara dingin
  • Kekurangan asupan vitamin A dan lemak
  • Kondisi kaki yang kering dan kurang perawatan
  • Terlalu sering berdiri untuk waktu yang lama
  • Sering merendam kaki ke dalam air panas untuk waktu yang lama
  • Sering menggunakan alas kaki yang bagian tumitnya terbuka atau ukurannya tidak pas
  • Terlalu lama berjalan tanpa memakai alas kaki
  • Orang-orang yang sudah lanjut usia
  • Disebabkan oleh suatu penyakit, seperti eksim, obesitas, gangguan tiroid, diabetes dan psoriasis.

8 Cara Mengobati Tumit Pecah-pecah

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu mengetahui sekilas informasi tenang tumit pecah-pecah dan penyebabnya, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui cara mengobati tumit pecah-pecah.

Di mana, cara mengobati tumit pecah-pecah ini sebenarnya sangat mudah, sebab kamu tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan khusus. Kamu hanya harus melakukan beberapa perawatan yang dapat menjaga kelembapan tumit pecah-pecah.

Lantas, apa saja perawatan atau cara mengobati tumit pecah-pecah yang bisa kamu lakukan? Melansir dari sehtaq.com dan telah ditinjau oleh Dr. Anandika Pawitri, di bawah ini CekAja.com akan mengulas delapan cara mengobati tumit pecah-pecah, secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. Menggunakan Minyak Zaitun

Cara mengobati tumit pecah-pecah yang bisa kamu coba pertama adalah Minyak Zaitun. Memiliki zat yang mampu melembapkan kulit, minyak zaitun dinilai dapat digunakan sebagai bahan yang mampu mengatasi dan mengobati tumit pecah-pecah.

Cara menggunakan minyak zaitun ini sangat mudah. Kamu hanya perlu membersihkan seluruh bagian kaki, termasuk tumit dengan sabun terlebih dahulu. Setelah itu, keringkan dan baluri secara merata minyak zaitun ke seluruh bagian kulit kaki yang kering dan pecah-pecah.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menutup seluruh bagian kaki yang sudah dibaluri minyak zaitun, dengan kaus kaki berbahan dasar katun. Jika sudah, maka kamu bisa membiarkannya semalaman hingga pagi tiba.

Apabila kamu melakukannya secara rutin, maka tumit pecah-pecahmu secara perlahan akan berkurang dan kulit kaki akan halus kembali seperti semula.

2. Menggunakan Petroleum Jelly dan Air Lemon

Petroleum Jelly dan Air Lemon nyatanya bisa kamu gunakan sebagai cara mengobati tumit pecah-pecah berikutnya. Pengguna pasta petroleum jelly dan air lemon sangat cocok digunakan buat kamu yang ingin mengobati tumit pecah-pecah dengan instan.

Kamu hanya perlu mencampurkan tiga sendok teh jus lemon dengan satu sendok teh Vaselin, lalu mengaduknya hingga rata dan membentuk tekstur layaknya pasta. Namun, sebelum menggunakan pasta tersebut, kamu harus merendam kaki ke dalam air hangat selama dua puluh menit terlebih dahulu.

Setelah itu, keringkan dan lumuri kaki dengan pasta secukupnya. Kamu bisa langsung menggosokkan pasta ke seluruh bagian kaki yang kering dan pecah-pecah, untuk mengangkat sel-sel mati.

Kemudian, jika sudah kamu bisa mendiamkannya selama kurang lebih 60 menit, lalu membungkusnya dengan kaus kaki hingga pasta menyerap selama satu malam.

Keesokan harinya, kamu bisa langsung membersihkannya dengan hangat, dan olesi seluruh bagian kaki yang pecah-pecah dengan pelembap. Bagaimana, sangat mudah bukan?

3. Menggunakan Masker Pisang dan Alpukat

Di urutan ketiga, ada masker pisang dan alpukat yang menjadi cara mengobati tumit pecah-pecah. Seperti yang diketahui, pisang merupakan salah satu jenis buah yang mampu menyembuhkan kaki pecah-pecah dengan cepat.

Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan vitamin, beberapa essential oil, serta lemak yang dapat membantu memperbaiki kulit kering.

Dengan begitu, perpaduan antara buah pisang dan alpukat sebagai masker adalah kombinasi yang tepat. Cara membuat masker pisang dan alpukat pun tidak rumit. Pertama, ambil satu buah pisang dan setengah buah alpukat yang sudah matang.

Setelah itu, campur kedua buah tersebut ke dalam wadah dan hancurkan hingga mendapatkan tekstur yang halus seperti pasta. Jika sudah, baluri seluruh bagian kaki yang pecah-pecah, termasuk tumit dengan pasta pisang dan alpukat.

Apabila sudah dibaluri dengan rata, selanjutnya kamu bisa membungkus seluruh bagian kaki dengan kaus kaki selama satu malam. Setelah satu malam, kamu bisa langsung membersihkannya menggunakan air hangat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan masker kaki setiap dua hari sekali. Selain itu, kamu juga bisa mempercepat proses perbaikan tumit pecah-pecah menggunakan pelembap kulit.

4. Menggunakan Tepung Beras

Selain menggunakan tiga cara mengobati tumit pecah-pecah, kamu juga bisa menggunakan tepung beras untuk mengobatinya. Tekstur dari tepung beras yang bergirinjil diklaim mampu membersihkan, mengelupas serta menutrisi kulit kaki dengan asupan mineral yang dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Untuk bisa menggunakan tepung beras sebagai masker kaki, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan dua sampai tiga sendok makan tepung beras, beberapa tetes madu serta cuka apel. Setelah itu, aduk semua bahan tersebut hingga mendapatkan tekstur kental seperti pasta.

Kamu juga bisa menambahkan satu sendok minyak zaitun, apabila kondisi kakimu sangat kering dan memiliki pecah-pecah yang sangat parah. Namun, sebelum menggunakan pasta tersebut, kamu harus merendam kaki terlebih dahulu ke dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit.

Jika sudah, keringkan lalu baluri pasta ke seluruh bagian kaki, termasuk tumit yang pecah-pecah. Setelah terbaluri dengan rata, kamu bisa memijat lembut kaki agar sel-sel mati kaki terangkat.

Kamu juga bisa menggunakan masker dan scrub tepung beras ini sebanyak dua kali dalam satu minggu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Menggunakan Lulur Oatmeal

Meski seringkali dijadikan sebagai masker wajah, namun oatmeal juga ternyata dijadikan sebagai lulur untuk mengobati tumit pecah-pecah. Hal tersebut dikarenakan, oatmeal memiliki kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat memberikan nutrisi pada kulit bermasalah.

Cara mengobati tumit pecah-pecah dengan lulur oatmeal pun sangat mudah. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat racikan lulurnya terlebih dahulu. Kamu hanya perlu mencampurkan tiga sendok makan oatmeal dengan dua sendok makan madu, lalu mengaduknya hingga rata.

Setelah racikan jadi, kamu bisa langsung mengoleskannya secara merata ke seluruh bagian tumit yang pecah-pecah. Diamkan lulur selama 60 menit, lalu bilas menggunakan air hangat hingga bersih. Kamu bisa menggunakan lulur oatmeal ini setidaknya tiga kali dalam satu minggu, untuk mendapatkan hasil optimal.

6. Menggunakan Madu

Dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, maka sangat wajar apabila madu juga digunakan sebagai salah satu cara mengobati tumit pecah-pecah.

Penelitian juga telah menunjukkan, bahwa madu memiliki kemampuan untuk membersihkan dan menyembuhkan luka, serta melembapkan kulit karena memiliki kandungan zat antimikroba dan antibakteri.

Cara mengobati tumit pecah-pecah dengan madu pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan madu ke seluruh bagian kaki yang pecah-pecah secukupnya, Hal itu berguna untuk membuat tumit kaki yang pecah-pecah kembali sehat dan lembap seperti semula.

7. Menggunakan Minyak Kelapa

Jika di awal pembahasan kamu sudah mengetahui cara mengobati tumit pecah-pecah dengan minyak zaitun, maka kali ini kamu akan mengetahui cara mengobati tumit pecah-pecah dengan minyak kelapa.

Meski kerap kali digunakan sebagai bahan untuk memasak, namun minyak kelapa nyatanya dapat digunakan untuk mengatasi eksim, kulit kering hingga psoriasis. Sehingga, minyak kelapa cocok digunakan untuk mengobati tumit pecah-pecah.

Sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dimiliki minyak kelapa juga dapat mengatasi pendarahan atau infeksi yang terjadi akibat tumit pecah-pecah.

Kamu bisa menggunakan minyak kelapa sesaat setelah merendam kaki dengan air hangat. Cara menggunakannya pun sama seperti madu, yaitu kamu cukup mengolesinya ke seluruh bagian kaki yang pecah-pecah termasuk tumit.

8. Menggunakan Pelembap Alami

Cara mengobati tumit pecah-pecah yang terakhir adalah dengan menggunakan pelembap alami. Sesuai dengan namanya, pelembap alami ini dapat melembapkan kulit tumit yang pecah-pecah.

Kamu bisa menggunakan pelembap alami dengan kandungan shea butter, minyak kelapa, lidah buaya atau minyak zaitun. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pelembap dengan bahan aktif lactic acid, lanolin, petrolatum, urea, glycerin, mineral oil atau hyaluronic acid.

Semakin lengket tekstur yang dimiliki suatu pelembap, maka semakin bagus kemampuannya dalam mengobati kulit kering dan pecah-pecah. Cara menggunakan pelembap alami juga sangat mudah.

Kamu hanya perlu mengoleskannya ke seluruh bagian kaki yang pecah-pecah, termasuk tumit, lalu membungkusnya menggunakan kaus kaki selama satu malam.

Keesokan harinya, kulit kaki mu yang pecah-pecah akan langsung lembap dan ternutrisi. Jika dilakukan secara rutin, maka tumit mu yang pecah-pecah akan kembali pulih dan halus seperti sedia kala.

(Baca Juga: 6 Jenis Minyak Zaitun)

Itulah beberapa cara mengobati tumit pecah-pecah yang bisa kamu coba dan jadikan referensi. Bagaimana sangat mudah bukan cara pengobatannya? Kamu tidak perlu mengkonsumsi sejumlah obat-obatan khusus untuk bisa mengobati tumit pecah-pecah.

Kamu hanya perlu melakukan beberapa perawatan tumit secara rutin, untuk bisa menjaga kelembapannya. Dengan begitu, tumit tidak mudah kering dan pecah-pecah. Bahan-bahan yang diperlukan untuk merawat tumit pun tidak sulit ditemukan.

Kamu bisa mendapatkannya di supermarket atau e-commerce, yang menjual semua bahan-bahan untuk membuat masker dan lulur tumit. Terlebih harga dari bahan-bahan tersebut murah, sehingga tidak akan membuatmu terbebani.

Kamu juga bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya. Sebab, kartu kredit tidak hanya memudahkan proses transaksi, tetapi juga kerap kali memberikan sejumlah promo menarik yang bisa dinikmati para penggunanya, mulai dari potongan harga, rewards hingga cashback.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, segera ajukan di CekAja.com. Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, mengajukan kartu kredit di CekAja.com pun mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit mu sekarang dan dapatkan segudang keuntungannya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani