Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Mengusir Semut Ampuh dengan Bahan Alami Tanpa Membunuh

by Vera Khairifah on 29 Juli, 2020

Cara mengusir semut sangat perlu kamu ketahui. Sebab, serangga yang satu ini memang mengganggu dan membuat makanan yang dihinggapi jadi berserakan. Ternyata, caranya praktis jika kamu menggunakan bahan alami.

Cara Mengusir Semut Ampuh dengan Bahan Alami

Semut adalah serangga yang hidup secara berkelompok (berkoloni) yang hanya ada di wilayah tropis, termasuk Indonesia. Hewan dari suku Formicidae ini memiliki lebih dari 12.000 jenis. Di Indonesia, kita mengenal jenis semut hitam, semut merah, semut rang-rang, dan masih banyak lagi.

Cara mengusir semut yang biasa kita kenal adalah dengan menggunakan kapur barus yang digoreskan di sudut-sudut ruangan yang sering dihinggapi semut. Atau membunuhnya dengan menyemprotkan cairan racun pembasmi serangga alias insektisida berbahan kimia.

Sebagian dari kita mungkin enggan membunuh serangga. Selain karena rasa kasihan, kita juga merasa geli dan takut saat harus membersihkan bangkai hewan tersebut. Cara mengusir semut rupanya bisa kamu lakukan secara mudah tanpa harus membunuhnya.

Kamu cukup menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan, lalu diaplikasikan ke spot-spot tertentu agar semut tak lagi kembali ke rumahmu. Berikut ini informasi lengkapnya.

1. Cara Mengusir Semut dengan Lada

Cara Mengusir Semut dengan Lada

Seperti serangga lainnya, semut juga tidak menyukai aroma-aroma tertentu. Salah satunya seperti lada yang memiliki aroma tajam dan menyengat. Kamu bisa menaburkan lada di sudut ruangan yang sering dihinggapi semut. Dengan begitu, rumah dijamin lebih bersih tanpa serangga.

2. Cara Mengusir Semut dengan Tepung

Cara Mengusir Semut dengan Tepung

Meskipun semut tidak takut dengan aroma tepung, tapi taburan tepung di spot-spot tertentu membuat semut enggan menerobosnya. Pilihan tepung yang efektif mengusir semut dan bisa kamu gunakan adalah tepung terigu.

Sedangkan untuk penggunaan tepung maizena atau tepung jagung justru akan membunuh semut. Sebab semut akan mengonsumsinya lalu kemudian mati akibat gembungan tepung maizena di dalam perutnya.

(Baca Juga: 8 Cara Membasmi Rayap dari Perabotan Rumah)
3. Cara Mengusir Semut dengan Petroleum Jelly

Cara Mengusir Semut dengan Petroleum Jelly

Petroleum jelly biasa dipakai untuk melembabkan bibir dan bagian kulit tubuh yang kering. Tetapi, gel ini juga bisa kamu gunakan untuk mengusir semut, lho.

Oleskan petroleum jelly ke tempat-tempat menaruh makanan atau yang sering diihinggapi semut. Cara ini cukup efektif karena semut tidak akan menyentuh area yang terkena gel lengket seperti ini.

Namun di sisi lain, penggunaan gel mungkin juga akan membuatmu kurang nyaman karena akan terasa lengket jika tersentuh.

4. Cara Mengusir Semut dengan Cuka

Cara Mengusir Semut dengan Cuka

Aroma cuka juga dipercaya mampu mengusir semut. Sebab, semut paling tidak suka dengan aroma cuka yang sifatnya asam. Kamu bisa menyemprotkan cairan cuka di beberapa area rumah.

Cairan cuka ini juga bisa kamu semprotkan ke sarang semut langsung. Tetapi, efek yang ditimbulkan adalah matinya para koloni semut.

5. Cara Mengusir Semut dengan Daun Sirih

Cara Mengusir Semut dengan Daun Sirih

Jika manusia cenderung menyukai aroma daun sirih yang terkesan bersih dan alami, maka tidak halnya dengan semut. Ketika kamu meletakkan daun sirih yang sudah diremas atau disobek-sobek menjadi bagian kecil, maka semut bakal menjauh darinya.

Daun sirih yang masih menyimpan aroma asli ini dapat tahan 1 sampai 2 hari lamanya. Setelah itu, daun sirih akan mengalami pembusukan atau menjadi kering sehingga kamu harus segera mengganti dengan yang baru.

6. Cara Mengusir Semut dengan Kopi

Cara Mengusir Semut dengan Kopi

Kopi juga bisa kamu gunakan sebagai bahan pengusir semut. Bubuk kopi asli dalam kondisi baru ataupun ampas kopi bisa menjadi pilihan.

Selain semut akan menjauh, bubuk kopi yang memiliki aroma kuat juga bisa menetralisir bau tidak sedap pada ruangan rumah.

(Baca Juga: 15 Tanaman Pengusir Nyamuk Paling Efektif dan Mudah Ditanam)
7. Cara Mengusir Semut dengan Kulit Telur

Cara Mengusir Semut dengan Kulit Telur

Kulit telur bisa digunakan dengan cara dikeringkan, lalu disangrai hingga berubah warna menjadi kehitaman. Setelah itu, tumbuk halus kulit telur tersebut dan taburkan pada area yang kamu inginkan agar semut tak lagi datang.

8. Cara Mengusir Semut dengan Cairan Sabun

Cara Mengusir Semut dengan Cairan Sabun

Kamu juga bisa menggunakan cairan sabun atau detergen untuk mengusir semut dari rumah. Caranya cukup dengan melarutkan detergen atau mencairkan sabun dengan air bersih, lalu semprot ke beberapa tempat yang diperlukan.

Penyemprotan ke sarang semut juga bisa dilakukan, tetapi ini akan langsung membunuh koloni semut.

9. Cara Mengusir Semut dengan Cengkeh

Cara Mengusir Semut dengan Cengkeh

Cengkeh biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Tetapi, ternyata semut juga tidak menyukai aroma khas dari tanaman cengkeh. Letakkan saja cengkeh di tempat-tempat yang biasanya rawan dihinggapi semut, serta jalur-jalur yang dilalui serangga ini.

10. Cara Mengusir Semut dengan Lemon

Cara Mengusir Semut dengan Lemon

Sama halnya dengan cuka, kandungan asam pada lemon juga tidak disukai semut. Cara mengusir semut ini bisa kamu lakukan dengan memeras lemon hingga mendapat cairan murninya. Lalu semprotkan ke bagian-bagian ruangan seperti pintu dan jendela yang menjadi jalur masuk semut ke dalam rumah.

Tips Agar Semut Hilang dari Rumah

Selain menerapkan cara mengusir semut, kamu juga harus melakukan beberapa hal agar koloni semut tak mampur ke rumahmu, seperti:

  • Menyimpan makanan dan minuman manis dengan baik

Tutup bungkus rapat-rapat dengan menggunakan karet atau tempatkan di dalam wadah yang rapat. Beberapa makanan dan minuman juga akan lebih aman jika di simpan di dalam lemari es.

  • Membersihkan rumah secara rutin

Rumah sebagai tempat tinggal harus kamu bersihkan secara rutin agar kotoran dan sisa makanan tersingkirkan dan semut tidak akan terundang datang. Makanlah hanya di ruangan makan, dan segera buang sampah makanan setelah selesai makan.

  • Basmi langsung si ratu semut

Jika kehadiran semut dan koloninya sudah sangat mengganggu, kamu disarankan untuk mencari letak sarang semut dan membasminya secara langsung. Jangan hanya koloninya saja, ratu semut juga harus kamu enyahkan agar tidak lagi berkembangbiak di daerah sekitar rumahmu.

Beli Pembasmi Semut dan Kebutuhan Lainnya Pakai Kartu Kredit Aja!

Semut yang sudah sulit ditangani dengan bahan alami mungkin saja akan cepat terusir dengan cairan pembasmi semut yang kini sudah banyak dijual di toko online.

Lengkapi kebutuhan rumah tangga dengan pembelanjaan via online yang mudah dan aman, karena kamu tidak perlu pergi ke luar rumah.

Kartu kredit bakal memberimu beragam keuntungan lewat diskon dan promo lain di berbagai e-commerce pilihan. Buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, ini saat yang tepat untuk mengajukannya lewat CekAja.com.

CekAja.com adalah media pembanding berbagai produk finansial yang terpercaya karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kami akan memberikan rekomendasi kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, cicilan ringan dan suku bunga yang kompetitif.

Yuk, bandingkan dan ajukan kartu kredit untukmu sekarang juga!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast