8 Cara Meningkatkan Hormon Dopamin, Bye Bye Stress!

Sudahkah kamu mengetahui tentang cara meningkatkan hormon dopamin? Bagi yang belum tahu, dopamin itu sendiri merupakan hormon yang membawa pesan senyawa kimia pada otak, yang juga memiliki sederet fungsinya.

Cara Meningkatkan Hormon Dopamin

Nah, secara singkat, hormon dopamin adalah salah satu hormon kebahagiaan dan kesenangan diri, yang turut berhubungan dengan motivasi, memori, serta mengatur gerakan pada tubuh.

Apabila dopamin ini dilepas dalam jumlah besar, maka dampaknya bisa menciptakan rasa senang yang memberikan kamu motivasi dalam melakukan hal tertentu secara berulang.

(Baca Juga: 8 Manfaat Musik Bagi Kesehatan)

Akan tetapi, jika dopamin yang dilepaskan justru berbanding terbalik, maka akibatnya kamu akan merasa kurangnya motivasi atau antusiasme terhadap suatu hal.

Karenanya, cara meningkatkan hormon dopoamin sepertinya perlu untuk diketahui, agar dapat selalu merasa termotivasi ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Apa yang Akan terjadi Jika Tubuh Kekurangan Hormon Dopamin?

Dilansir dari halodoc.com yang turut ditinjau oleh dr. Verury Verona Handayani, halusinasi merupakan salah satu gejala yang mungkin bisa dialami ketika seseorang kekurangan hormon dopamin di dalam tubuhnya.

Selain itu, dilansir dari jovee.id, kekurangan dopamin juga bisa menyebabkan seseorang menjadi merasa kurang motivasi, tidak antusias, dan sulit berkonsentrasi.

Beberapa penyakit seperti ADHD, Parkinson, hingga depresi bahkan juga seringkali dihubungkan dengan kurangnya dopamin dalam tubuh.

Oleh karena itu, penting sekali untuk memiliki kadar dopamin yang cukup. Nah, guna mencegah terjadinya gejala yang bisa diakibatkan karena kurangnya dopamin, cara meningkatkan hormon dopamin sepertinya memang perlu untuk diketahui.

Cara Meningkatkan Hormon Dopamin

Dikutip dari hellosehat.com, kadar dopamin sebenarnya sudah diatur dengan baik oleh sistem saraf. Akan tetapi, kamu tetap bisa melakukan beberapa hal untuk meningkatkan kada dopamin secara alami.

Dilansir dari berbagai sumber terpercaya, berikut beberapa cara meningkatkan kadar dopamin yang bisa kamu lakukan, yaitu adalah:

1. Tidur yang Cukup

Tidur Cukup - Cara Meningkatkan Hormon Dopamin

Cara meningkatkan hormon dopamin yang pertama adalah mendapatkan tidur yang cukup. Perlu diketahui bahwa tubuh yang kekurangan tidur dapat menurunkan sensitivitas dopamin di otak, sehingga menyebabkan rasa ngantuk yang berlebihan.

Oleh karena itu, mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari bisa membantu dalam mengatur ritme dopamin alami di dalam tubuh.

Tak hanya itu, tidur yang teratur dan berkualitas tinggi juga ternyata bisa membantu untuk menjaga kadar dopamin kamu menjadi lebih seimbang, dan mengurangi rasa kantuk di siang hari.

2. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga - Cara Meningkatkan Hormon Dopamin

Cara meningkatkan hormon dopamin selanjutnya adalah dengan rutin berolahraga. Dilansir dari hellosehat.com, olahraga aerobik bisa meningkatkan suasana hati setidaknya 10 – 20 menit setelah dilakukan.

Tak hanya itu, melakukan aerobik secara teratur juga dipercaya sangat bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit Parkinson, yaitu suatu kondisi dimana kemampuan otak dalam mengontrol gerakan tubuh mengalami gangguan akibat tingkat doparmin yang rendah.

3. Perbanyak Konsumsi Protein

Konsumsi Protein - Cara Meningkatkan Hormon Dopamin

Cara meningkatkan hormon dopamin selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi protein.
Secara alami, dopamin diproduksi dari asam amino tirosin dan fenilalanin, dimana keduanya bisa kamu peroleh dari makanan kaya protein, seperti ayam, daging sapi, susu, telur, kedelai, hingga kacang-kacangan.

Dikutip dari hellosehat.com, terdapat sebuah penelitian yang menunjukan bahwa mengkonsumsi makanan dengan asam amino yang tinggi berpotensi untuk meningkatkan kadar dopamin di otak.

4. Mendapatkan Sinar Matahari yang Cukup

Sinar Matahari Cukup - Cara Meningkatkan Hormon Dopamin

Mendapatkan sinar matahari yang cukup ternyata juga merupakan salah satu cara meningkatkan kadar dopamin yang bisa kamu lakukan lho.

Dilansir dari idntimes.com yang turut mengutip dari healthline.com, mengungkapkan bahwa seseorang yang kurang mendapatkan paparan sinar matahari bisa mengalami penurunan suasana hati, yang diakibatkan dari menurunya tingkat neurotransmitter.

Dan berdasarkan sebuah studi, paparan sinar matahari justru memiliki manfaat dalam meningkatkan produksi di dalam otak.

Akan tetapi, perlu diketahui pula bahwa mendapatkan sinar matahari yang berlebih juga tidak baik bagi tubuh, karena bisa menyebabkan kerusakan kulit dan meningkatkan risiko kanker kulit.
Jadi, pastikan kamu tidak melakukannya secara berlebih.

Dilansir dari hellosehat.com, setidaknya kamu harus membatasi paparan sinar matahari pada saat radiasi ultraviolet sedang kuat, yaitu antara jam 10 pagi hingga jam 2 siang.

Jikapun kamu terpaksa harus melakukan aktivitas di antara jam segitu, maka pastikan untuk selalu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit.

5. Mengurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Lemak Jenuh - Cara Meningkatkan Hormon Dopamin

Memang sudah banyak pakar kesehatan yang mengatakan bahwa makanan yang mengandung lemak jenuh sangatlah tidak baik bagi tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara berlebih.

Terdapat sebuah penelitian yang melibatkan hewan, menemukan bahwa diet tinggi lemak jenuh bisa mengurangi sinyal dopamin di otak, yang turut mengarah ke respons sistem penghargaan otak.

Bukan hanya mengurangi konsumsi lemak jenuh, mengurangi makanan yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi juga bisa menjadi salah satu cara meningkatkan hormon dopamin.

Pasalnya, makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi juga bisa memberikan dampak menurunkan level dopamin di otak.

6. Konsumsi Probiotik

Probiotik - Cara Meningkatkan Hormon Dopamin

Cara meningkatkan hormon dopamin selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi probiotik. Dilansir dari kompas.com, sudah terdapat banyak penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara saluran pencernaan yang baik dengan fungsi otak.

Bahkan, saluran pencernaan juga seringkali disebut sebagai ‘otak kedua’ lho, karena memiliki banyak sel saraf dan memiliki kemampuan dalam memberikan banyak sinyal hormon, termasuk hormon dopamin ini.

Dan salah satu cara untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan ialah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt, tempe, kimchi, miso, acar, dan beberapa jenis keju.

7. Meditasi

Meditasi - Cara Meningkatkan Hormon Dopamin

Selain bermanfaat untuk relaksasi dan meredakan stress, melakukan meditasi secara rutin ternyata juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara meningkatkan hormon dopamin dalam tubuh.

Meditasi itu sendiri merupakan salah satu upaya untuk bisa membersihkan pikiran kamu dari berbagai persepsi negatif.

Caranya adalah dengan memusatkan pikiran ke dalam dan membiarkan pikiran kamu mengambang tanpa penilaian atau keterikatan.

Aktivitas ini bisa dilakukan secara berdiri, duduk, atau bahkan berjalan. Dan jika dilatih dengan teratur, maka hal tersebut bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Dilansir dari idntimes.com yang turut mengutip dari healthline.com, terdapat sebuah penelitian yang menemukan bahwa melakukan meditasi secara rutin berpotensi besar untuk meningkatkan kadar dopamin di dalam otak.

Hanya saja, untuk saat ini penelitian mengenai meditasi baru terlihat untuk para mediator berpengalaman, dan belum jelas apakah juga akan memberikan efek pada orang yang baru mengena meditasi atau tidak.

8. Mendengarkan Musik

Mendengarkan Musik - Cara Meningkatkan Hormon Dopamin

Cara meningkatkan hormon dopamin selanjutnya adalah dengan mendengarkan musik. Sebuah penelitian menunjukan bahwa mendengarkan musik memang sudah terbukti bisa membuat perasaan menjadi lebih senang, karena adanya peningkatan kadar dopamin dalam otak.

Dikarenakan hal itulah, maka tak perlu heran apabila mendengarkan musik upbeat bisa membantu dalam meningkatkan rasa senang di dalam tubuh juga.

Sebaliknya, jika mendengarkan musik dengan beat lambat seperti ballad, maka tanpa sadar otak juga akan menghasilkan hormon kesedihan.

Tak hanya itu, mendengarkan musik bahkan juga bisa membantu orang dengan penyakit Parkinson lho, untuk meningkatkan kontrol motorik halus.

Namun, belum ada penelitian yang jelas apakah lirik lagu turut bisa memberikan efek yang sama, atau berpotensi lebih besar.

Jadi, itulah beberapa cara meningkatkan hormon dopamin yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya, masih banyak lagi lho hal-hal yang dapat meningkatkan rasa bahagia, seperti solo traveling, mengkonsumsi makanan enak, hingga membeli barang yang sangat kamu inginkan.

(Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Stress pada Ibu Hamil)

Nah, agar apapun yang kamu inginkan bisa terpenuhi tanpa membuat kantong jebol, yuk gunakan kartu kredit untuk bertransaksi.

Sebab, saat ini sudah banyak jenis kartu kredit yang menawarkan segudang promo dan diskon menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk lebih menekan anggaran belanja.

Belum punya kartu kredit? Yuk segera bandingkan dan ajukan di CekAja! Melalui CekAja.com, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan finansial.

Tak hanya itu, proses pengajuannya pun juga dapat dilakukan secara online, sehingga kamu tetap bisa melakukan pengajuan dimanapun dan kapanpun.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit pilihanmu hanya di CekAja.com dan tingkatkan hormon bahagia di dalam diri.