Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Meningkatkan Kesehatan Mental dengan Cara Sederhana & Menyenangkan

by Estrin Vanadianti Lestari on 1 Maret, 2020

Masuk di tahun 2020, apa keinginan kalian untuk hidup yang lebih baik? Pasti ingin hidup sehat, rajin olahraga, makan teratur, hingga bekerja lebih giat bukan? Namun, sudahkan pikiranmu terbebas dari kecemasan atau hal lainnya yang membebani mental mu? Pasalnya, kesehatan mental bisa mempengaruhi kesehatan lainnya loh, sehingga sangat penting untuk mengetahui cara meningkatkan kesehatan mental diri, agar hidupmu bisa lebih tenang.

cara meningkatkan kesehatan mental

Terlebih, kekuatan mental tiap orang memang berbeda, bahkan kita sendiri pun selalu menjadikan masalah sebagai sebuah tekanan hidup. Perlu diketahui, bahwa kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kesehatan mental bisa mempengaruhi kesehatan lain. Gangguan kesehatan mental biasanya bisa menyebabkan stres, kecemasan, depresi, hingga bunuh diri.

Nah, jika hal tersebut sudah terjadi, hal-hal tersebut bisa saja menyerang kesehatan tubuh kamu secara perlahan loh, seperti:

  • Sakit kepala
  • Insomnia
  • Tekanan darah tinggi
  • Gangguan suasana hati
  • Lemah
  • Tidak nafsu makan
  • Gangguan pencernaan
  • Panik
  • Nyeri otot
  • Mudah sedih dan menangis, dan lain-lain.

Maka dari itu, mengetahui cara meningkatkan kesehatan mental diri sangat penting. Bahkan, bisa mengubah pola pikir, yang dapat berpengaruh pada makanan dan perilaku sehari-hari.

(Baca Juga: Jenis Minuman Pereda Stress Alami yang Terbukti Ampuh)
Efek Positif dari Menjaga Kesehatan Mental

Melakukan perubahan dengan cara meningkatkan kesehatan mental, bisa membuat dirimu merasakan beberapa efek positif berikut:

  • Suasana hati yang membaik
  • Bisa berpikir lebih baik
  • Lebih konsentrasi
  • Membangun ketahanan
  • Bisa menikmati hidup secara keseluruhan
Cara Meningkatkan Kesehatan Mental

Nah, untuk meningkatkan kesehatan mental, kamu bisa melakukannya dengan cara yang sederhana. Yuk, langsung saja simak cara meningkatkan kesehatan mental yang sederhana, agar hidup lebih damai:

1. Selalu bersyukur

Cara meningkatkan kesehatan mental paling sederhana yang pertama adalah selalu bersyukur. Pasalnya, dengan menumbuhkan rasa terima kasih terhadap sang pencipta serta orang-orang sekitar, bisa membuatmu selalu mengingat hal-hal yang luar biasa.

Agar lebih mudah dalam mensyukuri sesuatu, kamu bisa membuat sebuah jurnal harian, di mana setiap harinya kamu catat hal-hal positif apa saja yang telah kamu alami di hari itu, bahkan untuk hal sekecil apa pun.

2. Bersosialisasi dan pererat hubungan sosial

Cara meningkatkan kesehatan mental selanjutnya adalah dengan cara bersosialisasi dan mempererat hubungan sosial. Pasalnya, orang-orang yang lebih terhubung secara sosial dengan keluarga, teman, hingga masyarakat yang ada di lingkungan mereka, bisa membuat hidup lebih bahagia.

Berbeda dengan orang-orang yang mempunyai hubungan kurang baik dengan orang sekitar. Namun, mempererat hubungan sosial bukan berarti harus berada dalam komitmen serius atau memiliki banyak teman.

Kamu hanya cukup membangun dan mempererat relasi dengan orang-orang terdekat, yang menurut kamu bisa dijadikan sebagai teman yang baik.

3. Ikut kegiatan relawan

Tidak hanya mempererat hubungan secara sosial, cara lain untuk meningkatkan kesehatan mental bisa dilakukan dengan cara mengikuti kegiatan relawan.

Karena, dengan menjadi relawan, kamu bisa melakukan sesuatu (bantuan usaha, bantuan materi, tenaga, jasa dll) tanpa mengharapkan imbalan, serta bisa merangsang otak untuk memberikan penghargaan, terhadap diri sendiri.

Dengan begitu, otak akan menjadi lebih sehat dan bisa meningkatkan kemampuan kognitif. Kegiatan relawan juga bisa meminimalisir stres dan memperbaiki depresi. Di mana kamu akan menemukan banyak hal di sana, seperti teman baru, pengalaman dan lain-lain.

4. Selalu berpikir positif dan optimis

Selalu berpikir positif dan optimis, ternyata bisa menjadi salah satu cara meningkatkan kesehatan mental loh. Dengan selalu berpikir positif, maka kamu tidak mudah merasa cemas atau panik.

Bahkan, ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa, orang yang selalu berpikir positif dan optimis memiliki risiko lebih sedikit untuk terkena penyakit jantung dan stroke.

5. Menjadi pribadi yang terbuka

Menjadi lepas, bebas dan terbuka, mungkin akan menjadi hal yang menyenangkan. Kamu bisa belajar menjadi seseorang yang terbuka, karena dengan begitu kamu bisa lebih mampu berpikir positif dan semakin mengenal diri sendiri.

6. Tidur tepat waktu

Cara meningkatkan kesehatan mental sederhana selanjutnya adalah dengan tidur tepat waktu. Terlebih, beberapa penelitian pernah menunjukkan bahwa kurang tidur bisa memiliki efek negatif yang mempengaruhi suasana hati.

Sehingga, cobalah untuk tidur tepat waktu, dan atur pola tidur secara normal, setiap hari. Hindari bermain gadget sebelum tidur, dan membatasi minuman berkafein tinggi.

7. Olah raga

Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, olah raga juga sangat baik untuk kesehatan mental. Ketika kamu rutin olahraga, tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati.

Bahkan, beberapa jenis olahraga dilakukan khusus untuk merelaksasikan pikiran. Tidak perlu olahraga berat, untuk menjaga kesehatan mental, kamu bisa melakukan olahraga kecil.

Misalnya seperti olah raga naik tangga, jogging, bahkan hanya sekadar duduk tegak sambil mendengarkan musik klasik. Agar olahraga bisa maksimal, setidaknya lakukan selama 30 menit setiap hari, dan coba melakukannya di luar ruangan.

8. Makan makanan kesukaan

Seperti yang kita tahu, makan bisa memberikan nutrisi serta energi untuk tubuh. Karena, tubuh juga membutuhkan asupan yang lengkap untuk mencukupi semua yang dibutuhkan tubuh.

Selain bisa menjaga kesehatan tubuh secara fisik, makanan juga bisa menjaga kesehatan mental, apalagi jika kamu makan makanan kesukaan.

Karena, dengan makan makanan kesukaan atau favorit, ternyata bisa memberikan rasa senang di otak. Makan makanan kesukaan juga bisa memiliki efek menenangkan suasana hati.

Bagaimana, sederhana bukan untuk bisa membuat hidupmu lebih tenang? Selain dari beberapa poin di atas, sesekali kamu juga bisa meningkatkan kesehatan mental dengan cara liburan.

(Baca Juga: Mengetahui 16 Penyakit dari Media Sosial yang Ganggu Kesehatan Mental)
Mau Liburan, Tapi Budget Nggak Cukup?

Jangan khawatir apalagi stres, karena kamu tetap bisa liburan dengan cara mengajukan pinjaman dana untuk liburan. Jadi, nggak ada alasan lagi deh buat nggak liburan di tengah kesibukan yang malah bikin kondisi mental mu semakin buruk.

Yuk, segera ajukan pinjaman dana, hanya di situs Cekaja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk