Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Cara Meningkatkan Prestasi Anak Tanpa Keluar Biaya Les

by Surtan Siahaan on 12 Desember, 2015

Siapa sih orang tua yang tidak ingin melihat anaknya berprestasi. Berbagai cara pun dilakukan agar anak memiliki nilai bagus di sekolah. Mulai dari memberikan fasilitas belajar yang lengkap hingga mengikutkan anak pada program les.

Bicara soal les tentu jadi komponen biaya tambahan yang kadang memusingkan. Padahal, prestasi anak juga tidak kalah penting. Nah, bagi orang tua yang ingin meningkatkan prestasi anaknya tanpa keluar biaya les, coba ikuti langkah-langkah berikut ini?

Jadi guru les untuk anak

Seberapa penting sih sebenarnya les tambahan? Menurut Psikolog Anak, Ine Indriani, M.Psi, seperti yang dikutip pada laman http://www.republika.co.id, les yang diberikan terlalu dini justru berpotensi mengesampingkan kebutuhan dan hak anak untuk bermain. Hasilnya pun bisa berakibat tidak baik.

Tapi, seiring semakin tingginya tingkat pendidikan, anak juga butuh bantuan untuk menguasai pelajaran. Maka jalan tengah yang bisa diambil antara lain kamu harus turun tangan untuk menjadi guru les si kecil.

Selain membuat anak bisa lebih rileks saat belajar, cara satu ini akan menghemat biaya. Namun, kamu harus kembali membuka buku-buku pelajaran anak untuk bisa memahami materi pelajarannya.

(Baca juga: Anak Mau Masuk Sekolah 3 Tahun Lagi? Ini Strategi Kumpulkan Tabungannya)

Ajak anak berdiskusi

Sejak kecil anak harus sering dilatih berdiskusi. Ini penting agar dia terbiasa dan berani mengungkapkan gagasan dan pemikirannya kepada orang lain. Ajari mendiskusikan hal-hal yang akrab dengannya terlebih dahulu. Kebiasaan diskusi juga melatih anak untuk terbiasa memecahkan masalah.

Beri diary

Kebiasaan menulis buku harian semakin sering ditinggalkan. Padahal, manfaat hal yangs atu ini cukup besar. Selain tempat menumpahkan emosi, buku harian juga berguna membuat terbiasa menulis. Ajari juga agar si kecil mencatat hal-hal penting seperti agenda di buku hariannya. Dengan demikian, dia akan terlatih untuk melakukan manajemen sejak dini.

Budayakan membaca

Kebiasaan membaca akan meningkatkan pengetahuan dan prestasi anak. Untuk membiasakan anak membaca di zaman sekarang memang jadi tantangan yang berat. Selain banyak pengalih perhatian seperti televisi dan gadget, anak cenderung meniru kebiasaan orang dewasa di sekitarnya.

Nah, agar misi kamu sukses. Rancanglah peraturan di rumah yang bisa membuat suasana kondusif. Misalnya dengan membuat aturan jam membaca, menonton televisi dan lain sebagainya.

(Baca juga: Tips Rencana Keuangan saat Miliki Anak Pertama)

Biasakan berolahraga

Kesehatan jasmani anak harus seimbang dengan kesehatan rohanianya. Agar tubuihnya sehat, dorong anak agar rutin berolah raga. Dengan olah raga,fokus dan perhatian anak akan semakin meningkat. Dengan begitu, kemampuan anak untuk menyerap pelajaran di sekolah pun semakin baik.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami