8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Siswa Selama Pandemi

Mengetahui cara menjaga kesehatan mental siswa selama pandemi, ternyata sangat penting, loh! Cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental pun sangat banyak, beberapa di antaranya akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Siswa Selama Pandemi

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Nyatanya, ditengah kondisi pandemi saat ini menjaga kesehatan mental sangat penting. Sebab, masyarakat dituntut untuk selalu siap dan sigap beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Apalagi, kondisi tersebut berjalan lama tanpa jangka waktu yang bisa ditentukan. Sehingga, sangat wajar apabila masyarakat banyak yang merasa khawatir dan cemas, dengan kondisi yang tidak bisa dipastikan kapan pulihnya.

Belum lagi dampak sosial ekonomi yang kini menyerang banyak pihak, seperti PHK yang terjadi dimana-mana.

Hal itu tentu membuat masyarakat semakin cemas dengan masalah finansial, pekerjaan dan masa depan.

Terjadinya hal-hal semacam itu, membuat setiap orang memiliki tanggung jawab terhadap kesehatan mentalnya masing-masing.

Sebab jika kesehatan mental tidak dijaga dengan baik, maka peluang timbulnya gangguan kesehatan mental akan semakin besar.

(Baca Juga: Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Mental)

Tanda Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental

Pada dasarnya, gangguan kesehatan mental bisa dikenali melalui tanda-tanda yang ditunjukkan. Adapun tanda-tanda yang bisa dikenali pun sebenarnya sangat banyak, seperti misalnya:

  • Mengalami gangguan pola makan
  • Perubahan pola tidur
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Timbul stres dan rasa bosan, akibat diharuskan untuk selalu berada di rumah dan beradaptasi dengan hal serta kebiasaan baru
  • Mengonsumsi alkohol secara berlebihan
  • Penyalahgunaan obat-obatan terlarang
  • Kesehatan fisik yang semakin memburuk, khususnya untuk para penderita penyakit kronis
  • Timbul gangguan psikosomatik
  • Memiliki rasa takut yang berlebih terhadap keselamatan diri dan orang-orang terdekat.

Cara Menjaga Kesehatan Mental Siswa Selama Pandemi

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental dan tanda-tandanya, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui cara menjaga kesehatan mental siswa selama pandemi.

Yang mana, cara menjaga kesehatan mental yang bisa dilakukan ada sangat banyak. Namun, kali ini CekAja.com telah merangkum delapan di antaranya yang paling cocok dan efektif untuk dilakukan.

Adapun delapan cara menjaga kesehatan mental siswa selama pandemi, di antaranya yaitu:

1. Tetap terhubung dengan teman

Tetap terhubung dengan teman - 8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Siswa Selama Pandemi

Cara menjaga kesehatan mental siswa selama pandemi yang pertama, yaitu dengan tetap terhubung dengan teman.

Ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan, karena kamu bisa berbagi cerita tentang kekhawatiran dan kecemasan yang sedang dirasakan.

Tidak hanya itu, dengan saling terhubung, tekanan yang kamu miliki pun secara perlahan akan berkurang. Sehingga kamu akan menjadi lebih tenang dari sebelumnya.

Kamu bisa berbagi cerita melalui media sosial, whatsapp, telepon atau bahkan e-mail. Selain saling berbagi cerita, kamu dan teman pun bisa saling menguatkan serta memotivasi, agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

2. Melakukan aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik - 8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Siswa Selama Pandemi

Berikutnya kamu juga bisa melakukan aktivitas fisik, sebagai salah satu cara menjaga kesehatan mental siswa selama pandemi.

Aktivitas fisik yang bisa dilakukan pun sebenarnya sangat banyak, seperti misalnya olahraga. Dengan berolahraga, kamu tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat, tetapi juga bisa membangun dan membuat mood menjadi lebih baik lagi.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan pun beragam, beberapa di antaranya yaitu yoga, latihan peregangan, pernapasan dan lain sebagainya yang mampu meningkatkan produksi hormon endorfin, untuk meredakan stres.

3. Melakukan hobi yang disuka atau beristirahat

Melakukan hobi yang disuka atau beristirahat - 8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Siswa Selama Pandemi

Tahukah kamu, kalau ternyata melakukan hobi yang disuka atau beristirahat juga menjadi cara menjaga kesehatan mental siswa selama pandemi.

Pasalnya, hal tersebut dapat mengurangi tingkat stres yang dialami kamu dan siswa lainnya selama di rumah aja.

Kamu bisa memasak jika memiliki hobi memasak, berenang, bermain game, membaca buku atau melakukan aktivitas lainnya, yang membuat tingkat produktivitasmu semakin meningkat dan membuat perhatianmu sedikit teralihkan dari pandemi Covid-19.

Atau jika ingin beristirahat saja, setidaknya kamu benar-benar mendapatkan istirahat yang cukup, untuk mengembalikan energi yang sebelumnya banyak terkuras selama pandemi.

4. Melakukan diskusi Covid-19 bersama teman

Melakukan diskusi Covid-19 bersama teman - 8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Siswa Selama Pandemi

Tentu melelahkan, untuk selalu mendengar berita perkembangan pandemi Covid-19 yang terlalu banyak disajikan di media.

Apalagi, berita yang disajikan tersebut tidak semuanya benar. Sehingga, banyak di antara kamu yang mungkin merasa lelah, atau bahkan jadi meragukan berita Covid-19 yang disajikan.

Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu bisa coba mendiskusikannya bersama teman. Karena dengan begitu, setidaknya kamu tahu bagaimana pandangan teman-teman terhadap berita dan perkembangan pandemi Covid-19.

Sehingga nantinya, pikiranmu menjadi lebih terbuka mengenai pandemi Covid-19 ini. Namun pastikan, bahwa kamu juga harus fokus dan memilah hal-hal yang sifatnya faktual dan positif saja. Hal itu patut dilakukan untuk mencegah timbulnya rasa cemas yang berlebihan.

5. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang - 8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Siswa Selama Pandemi

Selain melakukan empat hal di atas, kamu juga perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, sebagai cara menjaga kesehatan mental siswa selama pandemi.

Makanan yang akan kamu konsumsi pun sebisa mungkin mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, serat dan lemak sehat.

Kamu tidak perlu bingung, untuk mencari makanan apa yang mengandung semua nutrisi tersebut. Sebab, kamu bisa mendapatkannya dari nasi, sereal, makanan laut, susu, kacang-kacangan, daging, buah-buahan dan sayuran.

Dengan mengonsumsi makanan bergisi seimbang seperti di atas, kamu tidak hanya membuat kesehatan mental semakin baik, tetapi kesehatan fisik pun semakin terjaga.

6. Membuat rutinitas belajar online

Membuat rutinitas belajar online - 8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Siswa Selama Pandemi

Sebagai siswa, selama pandemi ini kamu sudah pasti melakukan aktivitas belajar mengajar dari rumah.

Mungkin jika diharuskan untuk belajar lagi, bagi sebagian orang hanya membuat stres dan menambah beban.

Tetapi tahu tidak, kalau ternyata salah satu cara menjaga kesehatan mental siswa selama pandemi yang efektif adalah dengan membuat rutinitas belajar online.

Hal tersebut dikarenakan, kamu dan siswa lainnya dapat lebih produktif. Sehingga, hal itu akan membantumu mengalihkan pikiran dari pandemi sejenak.

Kamu bisa melakukan rutinitas belajar online melalui beberapa aplikasi belajar, seperti Ruangguru, Ruangbelajar, Zenius, dan lain sebagainya.

Namun apabila hal itu hanya menambah beban pikiran, kamu bisa melakukan aktivitas lain yang sejak sebelum pandemi sudah menjadi rutinitas, seperti olahraga, menonton film dan lain sebagainya.

7. Hentikan kebiasaan buruk

Hentikan kebiasaan buruk - 8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Siswa Selama Pandemi

Di urutan ketujuh ada menghentikan kebiasaan buruk, sebagai cara menjaga kesehatan mental siswa selama pandemi.

Seperti yang diketahui, saat ini sudah banyak siswa yang merokok ataupun mengonsumsi minuman alkohol secara berlebihan.

Hal itu tentu mengganggu kesehatan fisik maupun mental secara tidak langsung. Dan adanya pandemi yang sudah berlangsung cukup lama pun, tidak membuat mereka jadi mengurangi konsumsi rokok dan alkohol.

Justru sebaliknya, hal itu malah membuat konsumsi rokok dan alkohol menjadi meningkat. Sehingga, kesehatan mental dan fisik pun hanya akan semakin memburuk.

Nah untuk mencegahnya, kamu bisa mulai mengurangi konsumsi hal-hal tersebut sejak saat ini.

Kurangi juga kebiasaan tidur larut malam, dan melakukan aktivitas tidak penting lainnya, untuk mencegah serta mengurangi timbulnya rasa cemas dan mood yang tidak stabil.

8. Melakukan konsultasi kesehatan mental

Melakukan konsultasi kesehatan mental - 8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Siswa Selama Pandemi

Cara menjaga kesehatan mental siswa selama pandemi yang terakhir, yaitu dengan melakukan konsultasi kesehatan mental kepada ahli.

Jika semua hal yang dijelaskan sebelumnya sudah dilakukan dan tidak berhasil, maka cara yang satu ini penting dilakukan.

Sebab dengan melakukan konsultasi, kamu bisa mencurahkan semua kecemasan dan rasa khawatir yang dimiliki selama ini, khususnya ketika pandemi Covid-19 berlangsung.

Kamu bisa bercerita dan mendapatkan respon serta saran dari ahli, mengenai hal apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi rasa cemas dan khawatir tersebut.

Karena apabila kamu tidak berani melakukan konsultasi, dan terus memendam semua rasa cemas, maka itu hanya akan memperburuk keadaan dan tidak menutup kemungkinan mendatangkan penyakit psikosomatis (gangguan pikiran yang memengaruhi tubuh).

(Baca Juga: 8 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental)

Beberapa informasi terkait cara menjaga kesehatan mental siswa selama pandemi, sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya. Bagaimana, sangat banyak bukan?

Semua cara tersebut pada dasarnya wajib dilakukan, untuk tetap menjaga kesehatan mental dan fisik para siswa.

Sebab berada di dalam situasi ini sangat membuat stres, apalagi jika benar-benar mengkarantina diri dan melakukan semua aktivitas di rumah saja.

Oleh karena itu, semua cara menjaga kesehatan mental di atas dapat membantumu mengatasi dan mengendalikan stres, rasa cemas, khawatir berlebihan, hingga meningkatkan kesehatan tubuh.

Namun jika ingin mendapatkan proteksi lebih, ada baiknya kamu menggunakan asuransi kesehatan.

Karena, asuransi kesehatan akan melindungimu dari berbagai risiko kesehatan yang mungkin terjadi.

Tidak hanya itu, asuransi kesehatan pun akan menjamin serta menanggung semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga nantinya, apabila sewaktu-waktu kamu sakit, asuransi akan menanggung semua biaya yang dihabiskan untuk pengobatan.

Maka dari itu, buat kamu yang hingga saat ini belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan yang optimal!