8 Cara Merawat Rambut Berminyak yang Tepat dan Paling Ampuh

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Cara merawat rambut berminyak membutuhkan perhatian khusus. Agar rambut tetap terlihat sehat, menarik dan tanpa lepek, ketahui cara mengatasi dan merawatnya berikut ini.

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh terpenting bagi sebagian orang, baik pria maupun wanita. Bahkan, kita juga mengenal dengan istilah “Rambut adalah mahkota”.

Bentuk dan gaya rambut menjadi perhatian saat kamu berpenampilan. Setiap tahun, selalu ada tren terbaru untuk penataan dan potongan rambut.

Rambut memiliki beberapa jenis dan sifat. Pertama, rambut normal yang memiliki tingkat produksi minyak pada kulit kepala yang sedang dan jauh dari berbagai masalah rambut.

Kedua, rambut kering yang produksi minyaknya sedikit dan kerap memiliki rambut bercabang pada bagian ujungnya.

Ketiga, rambut berminyak yang memiliki produksi minyak berlebih. Biasanya rambut berminyak terlihat lepek dan sulit ditata.

Jenis rambut berminyak paling membutuhkan banyak perawatan. Cara merawat rambut berminyak perlu kamu ketahui agar dapat mengatasinya dengan tepat.

Mengapa Rambut Bisa Berminyak?

Munculnya minyak pada rambut diproduksi oleh kelenjar minyak di dalam kulit kepala. Minyak alami ini sebenarnya memiliki fungsi untuk membuat kulit kepala senantiasa lembab, tidak kekeringan.

Namun begitu, sebagian orang justru memiliki produksi minyak berlebih pada kulit dan rambut di bagian kepala. Hal inilah yang kemudian membuat rambut disebut berminyak, dan sulit diatur.

Ada beberapa hal yang menyebabkan rambut berminyak. Di antaranya sebagai berikut:

Faktor genetik

Rambut berminyak bisa saja disebabkan karena faktor genetik atau keturunan.

Jika orangtuamu memiliki jenis rambut yang sama, maka tak mengherankan jika produksi minyak pada kulit kepala kamu juga sama tingginya.

Peningkatan hormon

Untuk sebagian orang pada kondisi tertentu, hormon pada tubuh bisa saja meningkat sehingga mempengaruhi produksi minyak di kulit kepala. Salah satunya adalah hormon androgen.

Misalnya bagi remaja pria dan wanita yang sedang mengalami masa pubertas, wanita yang sedang menstruasi, atau ibu hamil.

Mengidap penyakit

Untuk beberapa kondisi tubuh yang sedang mengidap penyakit tertentu, seperti dermatitis seboroik misalnya, rambut kepala bisa saja terasa lebih berminyak.

Beberapa penyakit juga menimbulkan keluhan lain, seperti kulit kemerahan yang gatal bahkan terkelupas, rambut berketombe, dan lain-lain.

Terlalu sering menyentuh rambut

Kebiasaan menyentuh rambut dengan tangan juga membuat rambut lebih mudah berminyak, lho. Sebab, tangan mengandung banyak kotoran yang membuat minyak lebih mudah muncul.

Ada baiknya jika kamu menghilangkan kebiasaan ini, dan rajin mencuci tangan agar senantiasa bersih.

Salah pilih perawatan rambut

Terakhir, rambut berminyak juga bisa disebabkan karena kesalahan memilih produk shampoo, conditioner, dan lainnya.

Serta intensitas keramas yang terlalu sering, atau keramas dengan menggosokkan kulit kepala terlalu keras. Sehingga kerusakan kulit kepala membuat kelenjar minyak justru makin banyak diproduksi.

(Baca Juga: 11 Merek Sampo Ketombe yang Bagus agar Rambut Bebas Gatal)

Ciri-ciri Rambut Berminyak

Sebelum mengetahui lebih jauh soal cara merawat rambut berminyak, pahami dulu beberapa hal yang menjadi tanda bahwa rambutmu berminyak.

Berikut ini ciri-ciri rambut berminyak:

  • Terasa lengket, terutama di bagian tengah sampai menuju akar rambut.
  • Memiliki bau yang tidak sedap
  • Terlihat mengkilap
  • Sering rontok
  • Sering merasa gatal
  • Rambut tidak bervolume, alias terlihat lepek.

Cara Merawat Rambut Berminyak yang Tepat

Memiliki rambut yang berminyak memang menyebalkan. Apalagi jika kamu juga memiliki aktifitas yang padat, maka rambut akan semakin terasa lengket dan makin lepek.

Hal ini tentu saja akan mengganggu penampilanmu. Tidak hanya untuk orang-orang men-styling rambut, wanita berhijab yang memiliki rambut berminyak juga akan merasa sangat tidak nyaman.

Berikut ini cara merawat rambut berminyak yang bisa kamu lakukan sehari-sehari untuk meminimalisir kondisi terburuk dari melebihnya produksi minyak pada kulit dan rambut kepala.

1. Pilih Shampoo dan Conditioner yang Melembabkan

Cara merawat rambut berminyak yang pertama adalah dengan memilih produk perawatan rambut yang tepat.

Shampoo dan conditioner yang kamu gunakan sebaiknya memiliki efek melembabkan, namun juga tidak membuat rambut lepek.

Sebab, penggunaan produk perawatan yang membuat rambut kering bukan mengatasi rambut berminyak.

Kulit kepala yang kering justru dianggap kelenjar minyak sebagai tanda bahwa minyak harus diproduksi lebih banyak lagi.

Sudah banyak rangkaian perawatan rambut berminyak yang dijual di pasaran. Seperti shampoo, conditioner, dry shampoo, serum dan vitamin rambut, dan lain sebagainya.

2. Perbaiki Gaya Hidup

Gaya hidup yang buruk seperti makan sembarangan tanpe memperhatikan nutrisi, merokok, begadang, kurang istirahat dan stres juga dapat menyebabkan rambut berminyak.

Hal ini berkaitan dengan hormon stres yang juga mempengaruhi produksi minyak. Maka dari itu, cara merawat rambut berminyak yang terbaik adalah segera memperbaiki gaya hidupmu!

3. Jangan Keramas Tiap Hari

Cara merawat rambut berminyak yang selanjutnya adalah menghindari mencuci rambut atau keramas setiap hari.

Seperti yang sudah dijelaskan seblumnya, rambut yang dicuci setiap hari akan membuat kulit kepala terasa kering dan malah makin banyak memproduksi minyak.

Intensitas keramas memang tidak bisa ditentukan, tergantung dengan kondisi rambut dan padatnya aktifitas yang kamu jalani. Tapi, usahakanlah untuk tidak keramas setiap hari.

Kamu bisa keramas 2 hari sekali atau 4 sampai 5 kali dalam seminggu. Cucilah rambut dengan pijatan lembut, bukan menggosokkan atau menggaruk kulit kepala secara berlebihan.

4. Keramas dengan Air Dingin

Keramas dengan air bersuhu normal atau dingin ternyata juga menjadi cara merawat rambut berminyak yang tepat.

Hindari menggunakan air hangat untuk keramas, karena membuat kulit kepala kering dan produksi minyak meningkat.

(Baca Juga: 9 Merk Cat Rambut yang Bagus dengan Harga Terjangkau)

5. Gunakan Tonik Rambut

Cara merawat rambut berminyak lainnya yakni menggunakan tonik rambut. Tonik rambut dapat membersihkan kulit kepala secara menyeluruh, dan mencegah minyak muncul dalam jumlah yang banyak.

Kamu bisa memberi produk tonik rambut yang ada di pasaran, atau membuatnya secara alami dengan bahan cuka apel dan perasan lemon.

6. Keringkan Rambut dengan Sempurna

Untuk mendapatkan kondisi normal pada kulit kepala, pastikan kamu selalu mengeringkan rambut dengan sempurna setelah keramas.

Cara merawat rambut berminyak ini bisa kamu lakukan dengan mengeringkan rambut dengan angin bersuhu dingin.

Atau menggunakan hair dryer dengan formula angin yang tidak membuat rambut kehilangan kelembabannya.

Beraktifitas dengan rambut setengah basah malah membuat rambut lebih cepat kotor, bau, dan kembali berminyak.

7. Buat Rambut Lebih Bervolume

Untuk mencegah minyak lebih mudah muncul akibat rambut yang menyatu dalam waktu yang lama, lakukanlah beberapa cara merawat rambut berminyak agar membuat rambut bervolume.

Saat mengeringkan rambut dengan hair dryer, angkat rambut hingga ke bagian menuju akar.

Kamu juga bisa melakukan blow dry atau membiasakan diri untuk menyisir rambut ke arah atas. Hal ini dimaksudkan agar seluruh bagian rambut kering dan mencegah lepek.

8. Selalu Bawa Dry Shampoo dan Bedak Tabur

Cara merawat rambut berminyak yang terakhir adalah dengan selalu membawa dry shampoo atau bedak tabur untuk digunakan saat ‘serangan bad hair day’ datang.

Pertolongan cepat pada rambut lepek ini bisa kamu lakukan sesekali.

Dry shampoo dan bedak tabur yang digunakan merata pada rambut bagian tengah hingga ke kulit kepala bisa mencegah minyak muncul berlebihan.

Itulah beberapa cara merawat rambut berminyak yang bisa kamu lakukan. Menjaga kesehatan rambut lebih dini itu penting, karena mencegah kerontokan dan kerusakan rambut di masa tua nanti.

Rangkaian perawatan rambut lebih efektif bekerja jika kamu memiliki produk yang lengkap. Yuk, belanja sekarang dengan menggunakan kartu kredit yang bisa diajukan melalui CekAja.

CekAja akan memberikanmu rekomendasi kartu kredit terbaik, sesuai dengan kebutuhanmu.

Dapatkan berbagai promo menarik di banyak merchant rekanan yang pastinya menguntungkan.

Cek perbandingan kartu kredit dan ajukan sekarang juga hanya lewat CekAja. Proses dijamin mudah dan cepat, karena menggunakan sistem online yang praktis!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah