Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Cara Meringankan Mahalnya Uang Pangkal Kuliah

by Surtan Siahaan on 27 Juli, 2016

Mahalnya biaya pendidikan adalah salah satu masalah finansial yang selalu jadi momok di tiap tahun ajaran baru. Maklum inflasi biaya pendidikan jauh melampaui kenaikan penghasilan rata-rata. Tapi, karena pendidikan adalah hal yang penting, orang pun selalu mengusahakan segala cara agar bisa membiayainya.

Bagi mereka yang ingin kuliah, uang pangkal alias uang masuk seringkali membuat orang kesulitan. Sebab, biayanya tak murah. Sebuah kampus swasta bisa mematok uang pangkal belasan hingga puluhan juta rupiah. Untuk menyiasatinya, berikut ini tip yang bisa kamu lakukan:

Gunakan cicilan dari pihak kampus

Karena uang pangkal kuliah bisa mencapai puluhan juta rupiah, ada kampus yang memberikan kemudahan berupa layanan cicilan. Biasanya uang pangkal bisa dibayar dengan cara diangsur beberapa kali. Kampus pun tidak memberikan beban bunga atas cicilan tersebut.

Untuk coba cari tahu mengenai informasi keringanan pembayaran uang pangkal di kampus yang kamu inginkan. Biasanya, bagian administrasi kampus bisa memberi jawaban yang kamu butuhkan. (Baca juga: Ini Buktinya Kalau Miskin Itu Bikin Menderita)

Bayar menggunakan KTA

Biasanya kebutuhan biaya untuk kuliah sangat tinggi. Selain memikirkan uang pangkal, kita juga harus menyiapkan dana untuk kebutuhan lain seperti uang kos atau transportasi. Tidak heran jika banyak orang kesulitan ketika dihadapkan dengan uang pangkal yang besar dan tidak bisa dicicil.

Untuk menyiasatinya, ada sejumlah alternatif pembiayaan yang bisa dilakukan seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA). Coba cari bank yang menawarkan bunga rendah dan persyaratan mudah. Untuk itu, lakukan riset menggunakan situs perbandingan KTA.

Manfaatkan diskon karyawan

Sejumlah kampus yang terafiliasi dengan perusahaan tertentu biasanya memiliki program diskon karyawan. Maksudnya, bila kamu punya orang tua yang bekerja di perusahaan tersebut, kampus akan memberikan potongan alias diskon uang pangkal. Besar diskon bergantung pada kebijakan masing-masing kampus.

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) misalnya memberikan diskon hingga 50%. Hubungi bagian humas perusahaan dan dapatkan informasi mengenai diskon tersebut. (Baca juga: Sebelum Beli Barang Kelas Dua, Baca Tip Ini Dulu!)

Dapatkan tawaran gratis uang pangkal

Biasanya hanya universitas negeri yang menggratiskan uang pangkal. Namun, belakangan ini sejumlah universitas swasta juga memberlakukan program serupa. Namun, sedikit berbeda dengan universitas negeri, pembebasan uang pangkal pada universitas swasta memiliki syarat dan ketentuan.

Misalnya hanya diberikan pada 10 pendaftar ulang pertama dan macam-macam ketentuan lain. Untuk mendapatkannya, kamu harus lebih aktif mencari informasi tersebut baik secara online maupun mendatangi langsung kampus yang jadi favoritmu.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami