Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Mudah Belajar SBMPTN Lewat 4 EdTech Terbaik

by Anes Saputra on 12 Februari, 2020

Berkuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) favorit barangkali menjadi impian bagi sebagian besar pelajar SMA atau sederajat, khususnya yang saat ini duduk di kelas 12. Berbagai usaha pun ditempuh agar bisa tembus dan masuk di jurusan dan kampus yang diidam-idamkan.

Cara Mudah Belajar SBMPTN Lewat EdTech Terbaik

Salah satu jalur yang bisa ditempuh untuk masuk ke PTN adalah dengan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pada seleksi ini, kamu akan menjalani Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar (TKD).

Untuk dapat melewati tes SBMPTN, kuncinya adalah kamu harus belajar guna memahami dan menguasai materi-materi yang akan menjadi bahan tes. Namun, tidak mudah menguasai semua materi yang pernah kamu pelajari di bangku sekolah dalam waktu yang relatif singkat.

Tidak melulu harus ikut bimbingan belajar (bimbel), saat ini kamu bisa memanfaatkan layanan yang diberikan startup Education Technology (edtech) untuk menyiapkan diri menghadapi SBMPTN. Indonesia punya beberapa EdTech yang mumpuni untuk mendukung kamu belajar loh. Berikut ini pilihannya.

1. Ruangguru

Ruangguru - Cara Mudah Belajar SBMPTN Lewat 5 EdTech Terbaik

Didirikan pada tahun 2014 oleh Belva Devara dan Iman Usman, Ruangguru berkomitmen untuk menyediakan dan memperluas akses terhadap pendidikan berkualitas melalui teknologi bagi semua siswa, di mana pun dan kapan pun.

Ruangguru bisa menjadi EdTech pilihan bagi kamu yang tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti tes SBMPTN. Melalui website dan aplikasinya, Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi.

Ruangguru menawarkan layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, serta konten-konten pendidikan lainnya.

Hingga saat ini, layanan dari starup di bawah naungan PT Ruang Raya Indonesia ini telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna. Tidak perlul khawatir soal tenaga pengajar, karena Ruangguru sudah mengelola 300.000 guru yang siap mengajarkan kamu 100 bidang pelajaran lebih.

2. Quipper

Quipper - Cara Mudah Belajar SBMPTN Lewat 5 EdTech Terbaik

EdTech lain yang layak kamu pertimbangkan sebagai teman dalam mempersiapkan diri menuju tes SBMPTN adalah Quipper. Teknologi pendidikan yang satu ini berdiri pertama kali di London pada tahun 2010.

Lalu, pada tahun 2015, aplikasi ini menjadi bagian dari ekosistem pendidikan Indonesia dengan turut ambil bagian dalam menyediakan, memperbaiki, serta mendistribusikan pendidikan berkualitas bagi siswa dan guru.

(Baca juga: 5 Tips Efektif Belajar SBMPTN)

Dalam mendukung pembelajaran di Indonesia, Quipper menawarkan empat layanan. Keempat layanan itu adalah:

  • Quipper School

Diperuntukkan untuk level SMP dan SMA, layanan ini bisa dimanfaatkan baik oleh siswa maupun guru. Lewat layanan ini, pengelolaan kelas serta pendistribusian dan penilaian tugas dapat dilakukan dengan lebih mudah.

  • Quipper Video

Layanan ini menawarkan pembelajaran lewat ribuan video belajar online serta soal-soal berkualitas. Diperuntukkan bagi siswa level SMP dan SMA, siswa diharapkan dapat melanjutkan pendidikan ke sekolah ataupun perguruan tinggi favorit.

  • Quipper Video Masterclass

Diperuntukkan bagi siswa level SMA kelas 10 hingga 12, layanan ini menawarkan metode pembelajaran premium dengan fitur interaktif. Siswa akan mendapatkan bimbingan dan dapat bertanya kepada tutor secara online.

  • Quipper Campus

Layanan ini sangat cocok untuk kamu yang tengah bingung menentukan jurusan dan kampus tempat kuliah. Sebab, layanan ini diklaim sebagai panduan terbaik dalam memilih kampus dengan info yang lengkap dan berkualitas.

3. Zenius

Zenius - Cara Mudah Belajar SBMPTN Lewat 5 EdTech Terbaik

Zenius merupakan teknologi pendidikan yang menawarkan layanan akses pendidikan dalam format video berbahasa Indonesia. Berbasis website dan aplikasi, kehadiran EdTech yang berdiri pada 7 Juli 2007 ini dinilai sebagai bentuk revolusi pendidikan di Indonesia.

(Baca juga: 5 Situs Soal Latihan SBMPTN Beserta Kiat Mengerjakannya)

Zenius bisa menjadi wadah pembelajaran secara online bagi siswa SD sampai dengan SMA atau sederajat. Namun, aplikasi ini juga sangat layak kamu pertimbangkan jika ingin mengikuti SBMPTN. Sebab, Zenius juga dilengkapi dengan fitur persiapan tes SBMPTN.

Lewat Zenius, kamu bisa belajar secara praktis dan efisien. Dengan konten yang selalu update sesuai dengan kurikulum yang digunakan, Zenius menyediakan 74.000 video pembelajaran yang terdiri dari video materi dan pembahasan soal. Untuk dapat memanfaatkan fitur tersebut, kamu hanya membutuhkan akses jaringan internet.

4. Aku Pintar

Aku Pintar - Cara Mudah Belajar SBMPTN Lewat 5 EdTech Terbaik

Aku Pintar merupakan aplikasi pendidikan untuk memenuhi kebutuhan ekosistem pendidikan. Dengan tujuan memeratakan pendidikan, Aku Pintar bisa dimanfaatkan oleh pelajar, orang tua, guru, instansi, hingga para pembuat keputusan.

Melalui aplikasi Aku Pintar, siswa dapat mempelajari materi ajar secara lengkap dan update kapan pun dan di mana pun. Selain itu, siswa juga bisa berlatih mengerjakan soal-soal dari ribuan latihan soal yang ada di database aplikasi yang satu ini.

Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang kini sedang bingung dalam menentukan atau memilih jurusan perkuliahan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Sebab, Aku Pintar dilengkapi dengan fitur Kampus Pintar. Fitur ini bakal memberikan informasi yang lengkap tentang kampus dan jurusan-jurusan yang ada sehingga kamu terhindar dari keadaan salah jurusan.

Tidak hanya memberikan informasi, fitur Kampus Pintar siap memberikan rekomendasi kepada kamu untuk memilih jurusan terbaik sesuai dengan minatmu. Sedikitnya, ada 1.804 kampus dan 805 jurusan di Indonesia yang bisa kamu jadikan bahan perbandingan untuk membuang keraguanmu dalam memilih jurusan.

Itu dia beberapa aplikasi teknologi pendidikan atau EdTech yang layak kamu pertimbangkan. Keberadaan aplikasi itu bisa kamu manfaatkan untuk menunjang proses belajar kamu guna menghadapi tes SBMPTN.

Jadi, tunggu apalagi? Ambil gawaimu, lalu install salah satu aplikasi yang kamu rasa cocok denganmu, dan mulailah belajar sedari dini. Semoga kamu bisa lulus di jurusan dan kampus yang kamu idam-idamkan ya.

Berlangganan dengan Citi Simplicity+ Card

Jangan lupa manfaatkan kartu kredit Citibank yang memberikanmu banyak diskon dan penawaran menarik untuk melakukan pembayaran berlangganan EdTech tersebut. Salah satu yang bisa jadi pertimbangan adalah Citi Simplicity+ Card.

Dengan menggunakan Citi Simplicity+ Card, kamu bisa mendapatkan potongan 10 persen biaya bunga setiap kali melakukan pembayaran tepat waktu. Citibank juga membebaskan kamu dari batas maksimum potongan bunga yang dapat kamu hemat, apabila membayar tagihan tepat waktu.

Selain itu, pemegang Citi Simplicity+ Card juga dibebaskan dari biaya keterlambatan pembayaran, serta bebas biaya pemakaian di luar batas kredit. Menarik bukan?!

Pilih, ajukan, dan miliki kartu kredit Citi Simplicity+ Card secara mudah dan cepat lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke