Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Cara Mudah Budidaya Semut Jepang yang Baik dan Benar

by Kyla Damasha on 20 Februari, 2020

Saat ini sepertinya masih banyak orang yang belum tahu bahwa budidaya semut Jepang bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Padahal, serangga yang masuk ke dalam klasifikasi kumbang ini memiliki segudang manfaat dan keuntungan lho.

Diantaranya, semut jepang dikenal bisa dijadikan sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan dan mencegah datangnya berbagai penyakit. Di Indonesia itu sendiri, walaupun semut jepang sudah mulai dikenal oleh publik namun sayangnya masih banyak pelaku usaha yang belum menjadikan budidaya semut jepang sebagai salah satu peluang usaha yang menguntungkan.

Maka dari itu, bagi kamu yang saat ini tengah bingung memilih bisnis yang bersifat jangka panjang namun masih sedikit kompetitor, tak ada salahnya untuk mencoba peruntungan di bisnis budidaya semut jepang ini. Penasaran bagaimana caranya? Yuk kita simak bersama-sama.

Ciri-Ciri Semut Jepang
Classification
KingdomAnimalia (Animals)
PhylumArthropoda (Arthropods)
ClassInsecta (Insects)
OrderColeoptera (Beetles)
SuborderPolyphaga (Water, Rove, Scarab, Longhorn, Leaf and Snout Beetles)
SuperfamilyTenebrionoidea (Fungus, Bark, Darkling and Blister Beetles)
FamilyTenebrionidae (Darkling Beetles)
SubfamilyTenebrioninae
TribeTenebrionini
GenusTenebrio (Mealworm Beetles)
SpeciesTenebrio Molitor (Yellow Mealworm)
Alat dan Bahan yang Dibutuhkan
Cara Budidaya Semut Jepang

Terdapat dua cara yang bisa dilakukan dalam budidaya semut jepang, yaitu melalui penangkaran dan dengan menggunakan media toples. Namun, sebagai permulaan disarankan untuk menggunakan toples karena tidak memerlukan modal yang terlalu besar.

Perawatan dalam Budidaya Semut Jepang

Di dalam budidaya semut jepang, tentu kamu diharuskan untuk melakukan perawatan yang baik dan benar agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Perlu diketahui bahwa semut jepang merupakan serangga yang sensitif, khususnya untuk cahaya matahari.  

(Baca Juga: Budidaya Ternak Jangkrik, Peluang Bisnis yang Belom Banyak Orang Tahu)
  • Jangan lupa untuk membersihkan wadah apabila kapas sudah terlihat kotor dan terdapat banyak pengendapan bubuk sisa makanan di bagian bawah toples. Caranya kamu hanya perlu mengganti kapas lama menjadi kapas baru.
  • Untuk menghindari serangga lain yang sekiranya dapat membahayakan saat budidaya semut jepang, kamu bisa menambahkan kapur di sekeliling toples
  • Apabila berkembangbiakan sudah sangat besar dan mulai memenuhi toples, maka sebaiknya kamu bisa memindahkan sebagian semut ke dalam toples baru dengan tata cara penyusunan yang sama dengan toples sebelumnya.
Manfaat Semut Jepang bagi Kesehatan

Setelah mengetahui tentang cara budidaya semut jepang, maka kamu juga harus mengetahui tentang beberapa manfaat dari semut jepang itu sendiri yang juga menjadi salah satu faktor mengapa budidaya semut jepang bisa menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan serta menguntungkan.

· Meringankan Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh tubuh yang tidak mampu menghasilkan insulin atau hormon yang berfungsi sebagai pengatur gula darah, insulin yang tidak mencukupi kebutuhan tubuh, maupun insulin yang tidak mampu bekerja secara maksimal.

Nah, semut jepang ini dipercaya memiliki manfaat sebagai obat diabetes yang dinilai efektif dalam mengatasi penyakit diabetes secara alami. Hal tersebut dikarenakan semut jepang mampu memperbaiki kualitas insulin yang dihasilkan oleh tubuh.

Meskipun secara medis belum terdapat penelitian yang membuktikan hal tersebut, namun banyak orang yang sudah membuktikan khasiat dan manfaat dari penggunaan semut jepang sebagai obat herbal untuk meringankan penyakit diabetes. Jadi, sudah kebayang kan kegunaan budidaya semut jepang ini?

· Meringankan Penyakit Jantung

Tidak hanya diabetes, semut jepang juga dipercaya mampu meringankan penyakit jantung. Penyakit jantung itu sendiri merupakan sebuah kondisi dimana jantung tidak dapat menjalankan tugasnya secara maksimal.

Yang membuat jenis penyakit ini berbahaya adalah karena penyakit jantung tidak memandang usia, mulai dari bayi hingga orang lanjut usia sekalipun berkemungkinan untuk mengalaminya.

Banyak sekali kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung. Pada umumnya, gejala penyakit jantung dimulai dari rasa nyeri pada dada, kondisi jantung yang sering berdebar-debar, dan biasanya juga mudah lelah dan pusing.

Semut jepang ini dipercaya mampu meringankan penyakit jantung dengan membantu jantung kembali berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi sangat berguna sekali saat budidaya semut jepang yang nanti nya akan menjadi obat alami pada penyakit jantung.

· Mengatur Kadar Kolesterol

Salah satu manfaat dari budidaya semut jepang adalah untuk mengatur kadar kolesterol tubuh kita. Kolesterol merupakan metabolit yang memiliki kandungan lemak sterol yang terdapat di dalam membran sel yang kemudian dialirkan ke dalam plasma darah.

Perlu diketahui bahwa faktor dari munculnya berbagai penyakit yang menyerang tubuh biasanya dipicu oleh tingginya kadar kolesterol, dan salah satu  yang bisa mencegahnya adalah dengan menjaga pola makan dan memperbanyak mengkonsumsi aneka ragam makanan sehat.

Nah, semut jepang bisa dimanfaatkan untuk mengontrol dan mengatur kadar kolesterol yang terdapat di dalam tubuh kita, sehingga mampu mencegah meningkatnya jumlah kolesterol berlebih yang terdapat di dalam tubuh.

(Baca Juga: Panduan Budidaya Ternak Lebah Madu, Pemula Wajib Tahu!)
· Mengobati Penyakit Stroke

Stroke merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena perubahan pada kondisi fungsi otak yang disebabkan oleh gangguan, hambatan, ataupun adanya pembuluh darah yang pecah. Penyakit kolesterol dan tekanan darah tinggi bisa menjadi beberapa hal yang bisa mengakibatkan stroke.

Pada umumnya, stroke paling sering dialami oleh orang lanjut usia yang disebabkan oleh proses penuaan yang membuat pembuluh darah mudah mengeras dan menyempit, sehingga sirkulasi darah pun menjadi terganggu.

Namun, tidak menutup kemungkinan stroke juga bisa dialami oleh anak usia remaja ataupun yang masih di usia produktif antara 15 – 40 dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat serta tingkat stress yang tinggi. Menggunakan semut jepang sangat diyakini mampu membantu dalam mengatasi stroke dengan baik.

Selain manfaat-manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, sejatinya masih banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari semut jepang bagi kesehatan kita. Walaupun saat ini di Indonesia belum terlalu banyak yang melakukan budidaya semut jepang, bukan berarti kamu tidak bisa jadi pelopornya, bukan?

Kamu bisa memulai budidaya semut jepang sejak dini dan merasakan segudang keuntunganya sebelum orang lain melakukannya. Ditambah lagi bahwa budidaya semut jepang ini tidak membutuhkan modal yang besar.

Apabila kamu membutuhkan modal untuk memulai bisnis budidaya semut jepang, tak perlu khawatir! Yuk segera ajukan pinjaman modal usaha di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda