Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Mudah Buka Tabungan dan Cek Nomor Rekening Bank BTPN

by Kyla Damasha on 23 Oktober, 2019

Cara membuka tabungan dan cek nomor rekening bank BTPN memang seharusnya diketahui bagi siapapun, baik untuk yang baru akan menjadi nasabah ataupun yang sudah menjadi nasabah dari bank BTPN itu sendiri.

Mungkin sudah banyak milenial yang familiar dengan tabungan Jenius, namun sepertinya masih banyak yang asing dengan nama bank BTPN. Sebagai informasi, BTPN merupakan singkatan dari Bank Tabungan Pensiunan Nasional yang hadir untuk para pensiunan, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta komunitas Prasejahtera.

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapat dengan menjadi nasabah bank BTPN. Mau tahu apa sajakah itu? Yuk ikuti pembahasan kita kali ini, yaitu mengenai informasi lengkap beserta cara membuka tabungan dan cek nomor rekening bank BTPN.

Produk Bank BTPN

Sebelum mengetahui cara membuka tabungan dan cek nomor rekening bank BTPN, langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu memilih program bank BTPN yang sesuai dengan kebutuhan. Nah bagi yang belum tahu, apa saja sih produk perbankan yang dimiliki bank BTPN ini?

1. Tabungan Jenius

Untuk generasi milenial, mungkin sudah tidak terlalu asing dengan jenis tabungan satu ini. Seiring berjalannya waktu, tabungan Jenius memang sudah mulai banyak digunakan, khususnya oleh para remaja dan generasi muda.

Selain itu, program ini juga sangat cocok bagi kamu yang ingin mulai menabung, karena tidak terdapatnya biaya administrasi, namun sebaliknya kamu justru akan mendapatkan bunga.

Banyak sekali fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh tabungan Jenius untuk para nasabahnya, yaitu seperti Dream Saver, Flexi Cash, Split Bill, dan masih banyak lagi.

Selain itu yang menjadi salah satu kelebihan dari tabungan Jenius yang mungkin tidak dimiliki oleh bank lain yaitu berbagai hal yang bisa dilakukan secara online, mulai dari pembuatan kartu, pengajuan kartu kredit, hingga melakukan pembayaran.

2. Tabungan Citra Pensiun

Jenis tabungan satu ini dihadirkan khusus untuk para nasabah pensiunan atau yang akan mencapai usia pensiun, yang pada nantinya dapat digunakan sebagai rekening untuk menampung manfaat pensiun nasabah.

Dikarenakan bank BTPN telah bekerja sama dengan pengelola dana pensiun, maka nasabah yang telah menginjak masa pensiun itu sendiri bisa menerima dana pensiun mereka secara otomatis melalui tabungan Citra Pensiun ini.

3. Tabungan BTPN Wow!

Tabungan BTPN Wow! merupakan bentuk realisasi dari Bank BTPN itu sendiri dalam menjalankan program Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif) yang digagas pemerintah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan menabung di Tabungan BTPN Wow!, kamu tidak perlu lagi mendatangi kantor cabang bank secara langsung untuk melakukan transaksi perbankan, melainkan dapat dilakukan melalui telepon seluler standar untuk berbagai bentuk transaksi, seperti transfer, pembayaran tagihan serta fitur-fitur lainnya.

Sedangkan untuk membuka rekening, menyetor, ataupun menarik uang tunai, kamu bisa melakukannya di agen-agen BTPN Wow! terdekat.

Cara Membuka Tabungan Bank BTPN

Setelah kamu memilih program bank BTPN yang dianggap paling sesuai, langkah selanjutnya yaitu dengan membuka rekening tabungan. Membuka rekening tabungan bank BTPN sebenarnya tidak jauh berbeda dengan membuka rekening di bank lainnya, yaitu dengan mengunjungi kantor cabang bank BTPN terdekat.

  • Datang ke kantor cabang bank BTPN terdekat
  • Mengisi formulir pembukaan rekening baru di bagian customer service
  • Memilih program bank BTPN yang diinginkan
  • Mendapatkan kartu debit dan buku tabungan

Setelah kamu mendapatkan buku tabungan dan kartu debit, selanjutnya kamu bisa melakukan transaksi melalui mobile banking.

Untuk bank BTPN, ada beberapa program tabungan yang memiliki mobile banking untuk para nasabahnya, seperti Jenius dan bank BTPN Sinaya Mobile, sehingga kedepannya kamu bisa melakukan berbagai transaksi hanya dengan bermodalkan ponsel pintar saja.

Cara Cek Nomor Rekening Bank BTPN

Nomor rekening memiliki peran yang sangat penting dalam mempermudah masyarakat untuk melakukan transaksi. Terutama untuk para karyawan perkantoran, hadirnya nomor rekening tentu akan memberikan mereka kemudahan ketika pada saatnya menerima gaji.

Hanya tinggal duduk manis sambil bekerja di kantor, gaji sudah bisa masuk secara langsung ke rekening masing-masing. Nah, begitu pentingnya nomor rekening terhadap segala transaksi yang kita lakukan, selalu mengingat nomor rekening tersebut menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang memiliki rekening tabungan di bank tertentu.

Namun, dikarenakan nomor rekening itu sendiri terdiri dari berbagai angka acak yang cenderung panjang, mengingatnya mungkin akan menjadi kendala tersendiri bagi sebagian orang.

Bagi yang tidak bisa mengingatnya, kamu tidak perlu khawatir. Karena ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk cek nomor rekening bank BTPN mu apabila suatu saat dibutuhkan. Lalu, bagaimana sih cara cek nomor rekening bank BTPN?

1. Mesin ATM

Cara paling mudah yang dapat dilakukan oleh semua orang ialah melalui mesin ATM. Hanya saja, cara satu ini memang membutuhkan waktu karena kamu harus mencari mesin ATM itu terlebih dahulu.

Namun, apabila kamu memang sedang berada di sekitar mesin ATM bank BTPN, kamu bisa langsung melakukannya dengan cara memasukan kartu ATM seperti biasa layaknya ketika kamu ingin mengambil uang.

Selanjutnya, pilihlah menu ‘Mutasi Rekening’ yang telah tertera di layar mesin ATM. Disana kamu akan melihat histori transaksi yang telah kamu lakukan disertai nomor rekeningnya.

Agar tidak lupa lagi, kamu bisa langsung mencatat nomor rekening tersebut di ponsel pintar atau secarik kertas, sebagai jaga-jaga apabila suatu saat kamu membutuhkannya.

2. Internet dan Mobile Banking

Di era yang serba canggih seperti saat ini, memiliki internet ataupun mobile banking menjadi hal yang wajib bagi setiap orang. Tanpa perlu mencari mesin ATM, kamu sudah bisa melakukan cek nomor rekening bank BTPN hanya dengan menggunakan ponsel pintar atau komputer saja.

Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan melakukan login ke akun internet ataupun mobile banking yang kemudian kamu akan melihat menu ‘informasi rekening’ yang telah tertera di halaman utama.

Klik menu tersebut dan kamu akan melihat nomor rekening yang kamu butuhkan.

3. Buku Tabungan

Cara cek nomor rekening bank BTPN terakhir yaitu dengan melalui buku tabungan. Namun, cara ini mungkin jarang digunakan karena tidak semua orang selalu membawa buku tabungan mereka.

Meski begitu, cek nomor rekening bank BTPN melalui buku tabungan bisa dijadikan alternatif paling mudah.

Nomor rekening tersebut bisa langsung kamu lihat di halaman paling depan dari buku tabungan.

Mudah bukan membuka tabungan atau mengecek rekening kamu di bank BTPN? Sama mudahnya dengan mencari, membandingkan, dan mengajukan berbagai produk finansial melalui CekAja.com sesuai dengan kebutuhan kamu dan keluarga.

 

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami