Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

3 menit waktu bacaan

Cara Mudah Pinjam Uang di Koperasi Simpan Pinjam

by Satrya Agung on 14 April, 2016

atur uang - CekAja.com

Masalah finansial bisa menjadi salah satu penyebab depresi akut. Karena setiap aspek kehidupan kita akan terus berkaitan dengan finansial.

Baik itu kebutuhan sehari-hari seperti pangan, sandang, dan papan, tapi juga kebutuhan lain di antaranya kebutuhan pendidikan, hiburan, kesehatan, bahkan kebutuhan untuk bersenang-senang. Keadaan akan makin diperparah jika timbul kebutuhan yang mendesak dan secara tiba-tiba dan akhirnya kamu harus mencari pinjaman sana-sini.

Jika utang pada keluarga atau teman tidak bisa didapat maka pilihan lainnya adalah mengajukan pinjaman instan ke lembaga-lembaga keuangan seperti bank atau koperasi simpan pinjam.

Mungkin kata koperasi sudah mulai asing di telinga kita akhir-akhir ini, tapi pada kenyataannya badan ini masih berdiri hingga saat ini dan sudah banyak dari masyarakat yang menikmati manfaatnya. Nah, jika kalian tertarik untuk mendapatkan pinjaman dari koperasi maka mari simak artikel ini hingga tuntas ya.

Yang pertama harus kamu lakukan tentunya adalah mendatangi koperasi yang ada di sekitar daerahmu. Dan pastikan koperasi tersebut mempunyai kredibilitas yang baik. Jika kamu tidak mempunyai info apa-apa mengenai koperasi tersebut maka akan lebih baik jika kamu menanyakan pada orang-orang sekitar, baik itu pada keluarga atau kerabat dan sahabat.

Setelah mendapatkan koperasi yang akan kamu tuju, segera cari tahu siapa marketing koperasi tersebut. Akan menjadi plus jika kamu dapat rekomendasi karena pasti pembicaraan akan pinjaman ini jauh lebih mulus.

Kemudian kamu bisa tanyakan sistem dan tata cara untuk bisa mendapatkan pinjaman di koperasi simpan pinjam tersebut. Tidak usah sungkan mengutarakan niat bahwa kamu ada rencana untuk meminjam juga di koperasi tersebut. Biasanya untuk anggota baru yang mengajukan pinjaman, pihak koperasi tidak bisa memberikan pinjaman yang terlalu besar.

Bahkan bisa saja kamu hanya mendapatkan pinjaman sebesar Rp 1 juta saja atau di bawah itu. Ini disebabkan pihak koperasi pinjam uang akan melihat terlebih dahulu riwayat anggotanya dalam membayar utangnya. Apakah berjalan lancar atau tidak. Jika kamu terbukti lancar dalam pembayaran bisa saja di lain waktu kamu mendapatkan pinjaman yang besar.

Selanjutnya kamu tinggal melengkapi data administrasi yang diminta seperti fotokopi KTP dan fotokopi Kartu Keluarga. Dan seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, saat kamu mengajukan pinjaman dengan rekomendasi dari anggota koperasi tersebut yang tentunya mempunyai rekam jejak baik dalam pembayaran cicilan pinjamannya maka ini akan faktor yang meluluskan jalanmu.

Dan pengajuan pinjamanmu akan bisa diproses lebih cepat ketimbang kamu mengajukan sendiri tanpa ada rekomendasi dari siapa pun. Pada saat pencairan dana pinjaman, jangan berharap jumlah yang kamu terima sebesar 100%. Kamu hanya akan mendapatkan 90% saja dari total pinjaman. Sedangkan yang 10%-nya akan dimasukkan ke dalam tabungan yang mana baru bisa diambil saat kamu melakukan pelunasan pinjaman.

Selanjutnya tentu tugas kamu adalah membayar cicilannya dari pinjaman tersebut selama jangka waktu yang sudah disepakati. Itulah tadi cara mendapatkan pinjaman dari koperasi simpan pinjam. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami