Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Cara Mudah Turunkan Kadar Kolesterol

by JTO on 27 January, 2015

Anda ingin menurunkan kolesterol tinggi? Sudah mencoba berbagai cara yang diberikan melalui media online, dari orang tua, istri, suami dan lainnya tapi masih saja gagal? Ini caranya.

Kolesterol merupakan lemak yang terdapat pada sel tubuh maupun darah. Di dalam berbagai proses metabolisme tubuh kita, kolesterol mempunyai peran penting, diantaranya yakni berperan dalam proses pembentukan sel-sel tubuh, pembentuk dinding-dinding sel, sebagai bahan dasar pembentukan hormon steroid, dan masih banyak lagi.

Namun, bila kadar kolesterol sudah tidak seimbang lagi atau telah diambang batas normal maka saat itulah Anda harus waspada. Apabila pembuluh darah kita tersumbat oleh timbunan lemak, hal itu dapat memicu berbagai penyakit seperti stroke, serangan jantung, dan penyakit mematikan lainnya.

Batas kadar kolesterol normal adalah 160-200 mg, apabila kadar kolesterol anda tinggi bisa diturunkan menggunakan simvastatin, tetapi simvastatin ini mempunyai efek yaitu mempercepat timbulnya katarak, oleh karena itu gunakan simvastatin yang generik.

Cara lain menurunkan kadar kolesterol adalah mengonsumsi bekatul, perbanyak serat seperti oats, sayur, buah.

Sejatinya tubuh kita sudah memproduksi sendiri kolesterol dalam jumlah yang tepat. Namun sayangnya berbagai faktor seperti pola makan sembarangan dan jarangnya olahraga dapat menyebabkan kadar kolesterol tubuh meningkat.

Oleh karena itu, berikut ini tips murah meriah yang dapat Anda lakukan tanpa mengeluarkan energi dan biaya berlebih.

Olahraga Rutin

Olahraga merupakan cara menurunkan kolesterol yang baik dan serta dapat menjaga kesehatan jantung. Kolesterol dapat mengurangi kadar kolesterol jahat, trigliserida.

Berolahraga rutin minimal 30 menit setiap hari dan dapat membantu membakar lemak dan kalori dalam tubuh. Selain itu, Olahraga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sampai 10%. HDL (High Density Lipoprotein) sendiri bersifat menangkap kolesterol yang sedang dalam keadaan bebas di pembuluh darah untuk kemudian dibawa kedalam organ hati untuk diproses lebih lanjut.

Berjalan

Apabila tidak terbiasa dengan berolahraga secara rutin, Anda dapat menggantinya dengan berjalan-jalan. Berjalan-jalan merupakan cara yang sangat mudah, menyehatkan, dan hemat karena hanya membutuhkan sepasang sepatu, salah satu cara menurunkan berat badan dan menyehatkan jantung adalah berjalan kaki cepat.

Karbohidrat Dikurangi

Mengurangi asupan karbohidrat dan serta mengkonsumsi makanan yang tidak memiliki banyak kandungan lemaknya merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol. Akan lebih bagus jika mengonsumsi karbohidrat seperti nasi merah

Konsumsi Lemak tak Jenuh

Jenis lemak yang diperlukan oleh tubuh adalah lemak tak jenuh, yang dapat ditemukan di kanola, zaitun, dan minyak safflower, dan sebagainya.

Lemak tak jenuh ini bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol kolesterol baik atau HDL. Sedangkan pula lemak jenuh dapat ditemukan dalam mentega dan minyak kelapa sawit. Lemak jenuh ini dapat meningkatkan kolesterol jahat atau LDL.

Stop Rokok

Saat anda merokok maka zat oksidan akan semakin banyak yang terlepas akibat dari respon masuknya racun kedalam tubuh. Zat tersebutlah yang dapat membuat dinding pembuluh darah rusak dan mengakibatkan kolesterol jahat atau LDL semakin mudah tersangkut di area kerusakan yang ditimbulkan oleh zat oksidan tersebut. Dampak selanjutnya yakni dapat menimbulkan penyumbatan pembuluh darah. Lalu bagaimana dengan menggantinya menggunakan rokok elektrik ?..

Minum Teh Hijau

Kandungan Theanine yang terdapat dalam teh hijau mampu meningkatkan kolesterol baik. Mengkonsumsi 4 cangkir teh hijau setiap hari dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Konsumsi Buah dan Sayuran

Pilihlan buah dan sayur yang mengandung fitosterol karena buah yang mempunyai kandungan tersebut juga mempunyai kandungan serat yang berfungsi untuk menetralisir serta menyerap kolesterol dalam sistem pencernaan. Beberapa buah dan sayuran yang dapat anda konsumsi yakni seperti anggur, melon, apel, kedelai, buncis, brokoli, kacang tanah, dan masih banyak lagi.

Buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol antara laian adalah alpukat yang bisa menaikkan kolesterol baik.selain kedelai juga bisa turunkan kadar kolesterol. Buah sitrus seperti lemon, jeruk manis, jeruk nipis, dan jenis buah-buahan lainnya yang banyak mengandung zat pectin juga bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Zat pectin merupakan jenis serat yang bagus untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Buah-buahan sitrus kaya akan kandungan anti-oksidan yang dapat memperkuat dinding arteri.

Hindari Stres

Stres dapat meningkatkan tekanan darah semakin tinggi sehingga menambah risiko aterosklerosis, yang terjadi ketika plak kolesterol menumpuk di dalam pembuluh arteri.

Istirahat Cukup

Salah satu pemicu meningkatnya kadar kolesterol yakni kurangnya istirahat. Jadi pastikan anda untuk istirahat cukup, salah satu caranya yakni dengan tidur 8-10 jam setiap harinya.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami