Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Murah Meriah Bikin Reuni Sambil Buka Bersama

by Arfan Wiraguna on 18 Juni, 2015

Buka puasa bersama sambil reuni adalah kegiatan yang selalu dilakukan banyak orang ketika Ramadhan. Bernostalgia bersama kawan lama dengan dihiasi kenangan lama yang penuh tawa dan canda merupakan momen yang ditunggu-tunggu setiap orang.

Mungkin karena hanya melalui nuansa inilah, kita bisa menyusuri kembali jejak kenangan indah yang telah lalu. Selain sebagai ajang silaturahmi, buka bersama dapat menjadi kesempatan untuk berbagi dengan anak yatim dan fakir miskin. Dengan demikian, acara ini akan turut memiliki dampak sosial yang positif bagi masyarakat sekitar. 

Namun untuk sebagian orang, kerap kali masalah keuangan menjadi halangan dalam menjalankan kegiatan sosial ini. Oleh karena itu, di bawah ini kami tampilkan cara yang murah meriah untuk bikin reuni sambil buka bersama:

Tempat acara yang mudah diakses

Karena ini merupakan acara buka bersama, pilihan tempat yang tersedia dengan biaya terjangkau adalah rumah atau masjid. Apapun pilihannya, usahakan tempat tersebut mudah diakses oleh teman-teman, sehingga mereka juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Penghematan biaya ini bisa mereka gunakan juga untuk urunan sewa atau keperluan acara lainnya. 

(Baca juga: Bulan Puasa Malah Lebih Boros, Kenapa?)

Misalnya, acara diadakan pada hari kerja dan mayoritas teman bekerja di wilayah Sudirman, Jakarta, dan tempat acara yang memungkinkan adalah rumah teman di daerah Menteng. Biaya bolak-balik dari kantor ke tempat acara yang dikeluarkan cukup untuk satu atau beberapa taksi yang bisa dibagi beberapa teman tersebut yang sekitar Rp100 ribu per mobil (empat orang) atau Rp25 orang, dibandingkan dengan harus membawa kendaraan pribadi masing-masing dengan ongkos bensin dan parkir yang bisa mencapai  Rp50 ribu per orang. Penghematan Rp50 ribu per orang ini bisa digunakan untuk sumbangan ke anak yatim dan fakir miskin.

Bawa makanan dan minuman sendiri

Daripada keluar biaya untuk memesan hidangan yang belum tentu disukai semua orang, bawa makanan dan minuman masing-masing dalam porsi yang cukup untuk dibagi bersama (potluck) dapat menjadi solusinya.

Bayangkan jika total pemesanan makanan dan minuman untuk acara yang mencapai Rp200 ribu per orang untuk sajian dengan layanan pesan antar dari restoran ternama, padahal hanya perlu biaya Rp100 ribu per orang untuk membeli hidangan khas dari sekitar kantor masing-masing. Dengan demikian, acara berbuka kali ini bahkan memiliki hidangan khas dari masing-masing tempat makan tersebut.

(Baca juga: Pentingnya Asuransi Kesehatan Buat Anda yang Doyan Makan)

Penghematan Rp100 ribu per orang ini bisa digunakan untuk tarif penceramah yang diundang. Dengan demikian, anak yatim dan fakir miskin yang diundang juga bisa mendapatkan ilmu dari isi ceramah tersebut.

Biarkan teknologi yang mengerjakan sisanya

Saat ini sudah tersedia berbagai aplikasi untuk ponsel dan laptop, seperti Al Quran berbentuk digital, yang dapat digunakan untuk tadarus. Selain itu, beberapa jenis aplikasi juga menyediakan lagu-lagu Islami yang dapat menemani acara berbuka dan makan malam bersama teman-teman. Bayangkan jika harus memanggil musisi grup nasyid untuk acara ini, tentu akan menguras isi kantong dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Penggunaan teknologi untuk yang satu ini sudah tentu menghemat anggaran bersama.

(Baca juga: Empat Alasan Mengapa Kartu Kredit Syariah Bisa Menjadi Primadona)

Dengan tempat, makanan dan minuman serta hiburan yang disiapkan sendiri, kita bisa lebih bebas menentukan bentuk acara yang diinginkan dan keseluruhan biaya yang dikeluarkan menjadi terasa lebih ringan. Bahkan, Anda dan teman-teman juga sudah berpartisipasi dalam kegiatan sosial untuk anak yatim dan fakir miskin.

Tentang Penulis

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami