Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Perpanjang Polis Asuransi Kendaraan Secara Otomatis

by CekAja on 15 September, 2014

Asuransi kendaraan Anda sudah mau habis atau jatuh tempo? Coba saja pelayanan perpanjangan polis otomatis. Pelayanan ini akan memberikan Anda berbagai kemudahan, baik proses maupun pembayaran.

Sebagian besar dari Anda yang telah memiliki asuransi kendaraan, terkadang memang lupa untuk memperpanjang polis asuransi yang telah dimiliki. Walau mungkin dari penyedia asuransi telah menghubungi Anda untuk mengingatkan perpanjangan polis asuransi yang Anda miliki, namun karena kesibukan yang cukup padat, Anda pun luput untuk melakukannya.

Dengan membanjirnya produk asuransi kendaraan, banyak perusahaan yang berusaha meningkatkan pelayanan terhadap para konsumennya. Untuk masalah perpanjangan polis, ada yang dinamakan pelayanan perpanjangan polis otomatis. Dengan menggunakan layanan ini, para pengguna asuransi tidak perlu untuk kembali mendaftarkan dan mengurus polis asuransi yang sudah lewat masa berlakunya. Jadi, perusahaan penyedia asuransi kendaraan Anda akan membantu untuk membuat kontrak polis baru dan pembayaran secara otomatis menggunakan cara pembayaran yang sudah ditentukan.

Layanan perpanjangan polis otomatis ini dianggap cukup berguna bagi para pemegang polis. Pasalnya, para pengguna tidak perlu repot untuk mengurus kembali polis asuransi baru dan mengingat kapan polis yang dimiliki jatuh tempo atau berakhir masa berlakunya. Jadi, para pengguna pun terus telrindungi setiap saat tanpa khawatir masa berlaku polis yang sudah kadaluarsa. Sebagai pengguna, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dibalik fitur layanan ini. Apa saja?

  1. Sistem dan Aturan

Setiap perusahaan memiliki sistem dan aturan yang berbeda tentang layanan ini. Karena itulah, Anda perlu mempelajari dengan baik sistem perpanjangan polis otomatis pada perusahaan penyedia asuransi yang Anda miliki. Beberapa diantaranya hanya menawarkan perpanjangan polis otomatis sekali saja. Tanyakan kepada agen dan baca polis asuransi Anda dengan mendetail. Jika perpanjangan polis hanya satu kali, maka katakan kepada agen Anda untuk mengingatkan perpanjangan polis asuransi selanutnya.

  1. Premi  Asuransi 
    CekAja.com Kartu Kredit

    Asuransi kendaraan kini hemat waktu dan uang

    Dapatkan asuransi dengan premi tetap sesuai regulasi dan tarif terbaru

Premi menjadi bagian pokok dari sebuah asuransi dan bisa jadi merupakan hal yang Anda tanyakan pertamakali. Dengan layanan perpanjangan polis otomatis, Anda bisa saja melakukan negosiasi ulang dengan pihak perusahaan untuk mendapatkan premi dan pertanggungan yang sesuai. Coba cek pembayarannya, siapa tahu Anda kelebihan pembayaran pada pembayaran otomatis yang Anda lakukan dibanding pembayaran secara manual.

  1. Siapkan Dana

Apabila Anda menggunakan metode pembayaran auto debit, maka kewajiban Anda adalah mempersiapkan dana yang cukup pada rekening Anda untuk dilakukan pemotongan biaya perpanjangan polis secara otomatis. Sebab, bila tidak atau mengalami kegagalan autodebit, maka Anda perlu mengurus ulang secara manual yang memakan waktu.

  1. Kapan Mobil Dijual?

Apakah Anda memiliki rencana untuk menjual mobil? Bila ya, tentukan waktunya. Sebab, bila perpanjangan otomatis polis asuransi yang Anda lakukan adalah asuransi kendaraan, Anda mungkin tidak ingin bahwa premi yang Anda bayar adalah premi untuk asuransi mobil Anda yang sudah terjual. Bila mobil Anda sudah terjual, cobalah segera menutup polis asuransi kendaraan tersebut. Sebab, ada beberapa perusahaan yang memberikan pengembalian sisa premi.

Pilihan memang ada di tangan Anda. Apakah Anda cocok dengan perpanjangan polis secara otomatis atau manual, semuanya kembali kepada kebutuhan Anda. Apabila menggunakan perpanjangan polis secara otomatis, Anda perlu memperhatikan hal-hal diatas.

Apabila ingin diingatkan untuk perpanjangan polis asuransi kendaran Anda, daftar secara online di sini.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami