Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Pinjam Uang Rp20 Juta yang Aman Tanpa Risiko Kredit Macet

by CekAja on 13 Agustus, 2019

Kebutuhan pribadi maupun keluarga memang tak ada habisnya. Meskipun memiliki penghasilan tetap, terkadang ada saja kebutuhan yang belum tercukupi atau yang sifatnya mendesak. Sama halnya dengan rencana untuk membuka usaha, maka hal pertama yang dibutuhkan untuk mewujudkan niat itu adalah modal usaha.

modal tambahan bisnis _ pinjaman UKM - CekAja.com

Ada kalanya, segala kebutuhan yang membutuhkan sejumlah dana tertentu dicukupkan dengan pengajuan pinjaman dana tunai. Dengan demikian, kamu bisa mengangsur biaya lewat tagihan yang lebih meringankan kantong. Untuk pinjam uang Rp20 juta, ada cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkannya.

Akan tetapi, sebelum kamu mengajukan pinjaman, ada baiknya kamu mewaspadai risiko kredit macet yang mungkin terjadi pada setiap pengajuan pinjaman. Kredit macet adalah sebuah kondisi dimana debitur tak mampu membayar tagihan pinjaman selama lebih dari tiga bulan.

(Baca juga: 5 Tips Mudah Pinjam Uang Rp15 Juta untuk Modal Usaha)

Akibatnya, pihak pemberi pinjaman (kreditur) akan terus menagih atau bahkan menyita aset yang dijaminkan. Kondisi ini tentu sangat dihindari para debitur. Sehingga kamu harus cerdik dalam mengatur keuangan saat memiliki tagihan pinjaman yang wajib dibayar.

Hindari Kredit Macet

Budaya dari pembayaran pinjam uang Rp20 juta yang salah terkadang terjadi jika kamu tidak memiliki perhitungan yang matang. Mengelola pendapatan sangat perlu dilakukan dengan cermat untuk menghindari kredit macet.

Apalagi jika kamu mengajukan pinjam uang Rp20 juta yang notabenenya bukan jumlah yang sedikit. Sebelum kamu terjebak dalam kondisi kredit macet, kamu harus melakukan beberapa hal sebagai langkah antisipasi antara lain:

1. Pinjam sesuai kemampuan membayar

Meskipun pendapatan bulanan yang didapat cukup besar, namun perlu diwaspadai apakah kondisi keuangan kamu akan stabil selama masa pembayaran kredit atau tidak.

Bagaimana pun, kamu harus memperkirakan segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi. Pinjam uang Rp20 juta bisa kamu ajukan jika memang sesuai dengan kemampuan membayar.

2. Prioritaskan mencicil utang

Jadikan pembayaran utang ini sebagai prioritas utama yang selalu kamu dahulukan pembayarannya. Menunda-nunda hanya membuat kamu juga terbebani dengan denda. Sehingga jumlah tagihan yang harus dibayar malah membengkak.

3. Gunakan auto debit

Kamu juga bisa mengatur pembayaran dengan sistem auto debit atau pembayaran otomatis melalui rekening tabungan yang kamu miliki. Sehingga setiap bulannya, sistem akan secara otomatis memotong saldo di rekening kamu untuk membayar tagihan. Untuk mengaktifkan sistem ini, kamu harus melakukan registrasi ke bank terkait.

Cara Gampang Pinjam Uang Rp20 Juta

Pilihan produk pinjaman saat ini sudah banyak tersedia. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Seperti pinjaman dengan agunan aset berharga, kredit tanpa agunan, kredit pemilikan rumah (KPR), kredit kendaraan bermotor, pinjaman modal usaha, dan lain sebagainya.

Untuk pinjam uang Rp20 juta, sebaiknya kamu memilih pinjaman dengan agunan. Hal ini bisa kamu pilih, karena pinjaman dengan agunan akan memiliki toleransi masa pembayaran yang lebih longgar jika ada kalanya kamu terlambat membayar tagihan.

Meskipun begitu, kamu juga tetap bisa pinjam uang Rp20 juta dengan kredit tanpa agunan (KTA). Hanya saja untuk mengajukan KTA pinjam uang Rp20 juta, kamu harus memiliki kartu kredit yang telah dipakai selama setahun dengan limit setidaknya Rp5 juta.

Karena pengajuan KTA disetujui jika pengaju kredit memiliki kartu kredit yang empat kali limitnya adalah nilai kredit yang diajukan.

Pinjam Lewat Fintech Resmi

Pinjam uang Rp20 juta bisa kamu dapatkan dengan gampang hanya lewat gadget dan koneksi internet. Ya, via online, kamu sudah bisa mengajukan pinjaman. Sebab kini sudah ada perusahaan financial technology (fintech) yang membantu kamu mengajukan pinjaman secara mudah.

(Baca juga: 4 Pilihan Bisnis yang Bisa Dimulai dengan Modal Pinjam Uang Rp10 Juta)

Akan ada kurir yang membantu kelengkapan berkas, sehingga kamu tak perlu lagi datang ke kantor bank. Salah satu fintech yang ada di Indonesia adalah CekAja.com yang terpercaya, aman dan sudah terdaftar di Otoritas jasa Keuangan (OJK).

Dokumen pengajuan pinjaman lewat CekAja.com

Beberapa syarat mengajukan pinjaman yang harus kamu penuhi, antara lain:

  • Fotocopy KTP, KK dan Surat Nikah (bagi yang sudah menikah)
  • Fotocopy NPWP
  • Surat Keterangan Usaha dari Desa atau Kelurahan, Dinas Pasar atau Otoritas setempat di mana yang bersangkutan memiliki usaha; atau
  • Surat Ijin Usaha
  • Fotokopi rekening giro/tabungan 6 bulan terakhir.

Dengan pengajuan pinjaman uang yang gampang, maka kamu bisa melengkapi kebutuhan. Baik diperuntukkan bagi keperluan penambahan modal usaha, biaya pernikahan, biaya pendidikan anak, dan lain-lain. Langsung saja kunjungi situs https://www.cekaja.com/kredit/ untuk mendapatkan pinjaman yang kamu butuhkan.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami