Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Cara Punya Mobil Pribadi dalam Waktu Enam Bulan

by Ariesta on 3 Februari, 2017

beli mobil - CekAja.com

Bagi sebagian orang, memiliki mobil menjadi kebutuhan utama karena aktivitas sehari-hari bisa lebih efisien jika menggunakan mobil pribadi.

Meski demikian kebutuhan mobil ini terus tertunda antara lain karena harga mobil yang mahal dan uang yang sudah disiapkan terpakai untuk kebutuhan lain.

Namun, saat ini sudah banyak mobil-mobil murah berjenis city car dengan harga terjangkau. Dan pastinya keinginanmu membeli mobil bukan hal yang mustahil, bahkan bisa dilaksanakan hanya dalam waktu enam bulan dengan tips berikut.

Jangan takut kredit mobil

Untuk bisa punya mobil dalam waktu enam bulan saja, kamu butuh keberanian untuk kredit mobil. Kredit mobil memang menjadi alternatif bagi orang yang belum punya cukup uang.  Sebelum memutuskan untuk mengambil kredit, hitung dulu besaran penghasilan dalam sebulan dikurangi kebutuhan sehari-hari, membayar asuransi, menabung, dan investasi.

Idealnya, besar cicilan mobil tidak melebihi 30 persen penghasilan. Kalau kamu masih punya cicilan rumah, besaran cicilan rumah ditambah cicilan mobil tetap tidak boleh melebihi 30 persen penghasilan.

Kalau bisa mulai dari mobil bekas kenapa harus beli baru

Kabar baiknya, kredit mobil tidak hanya bisa dilakukan untuk membeli mobil baru. Ya, kamu juga bisa membeli mobil bekas. Dengan membeli mobil bekas yang harganya jauh lebih murah, kamu bisa lebih berhemat.

Namun sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, pastikan kalau surat-surat mobil lengkap dan tidak menunggak pajak.

Cari yang syaratnya mudah

Siapa sih yang mau dibikin ribet oleh setumpuk syarat saat mengajukan kredit? Oleh karenanya, cari bank/perusahaan kredit yang menyediakan kemudahan syarat, fleksibel, uang muka ringan, dan jangka waktu kredit yang dapat disesuaikan kemampuan.

Syarat di setiap lembaga penjamin berbeda, namun beberapa syarat umumnya adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia, berusia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun (pada saat kredit lunas), serta memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap per bulan minimal Rp2,5 juta (berbeda untuk wilayah diluar Jabodetabek).

(Baca juga: Lima Kesalahan Sepele Meningkatkan Risiko Kecelakaan di jalan)

Minimal nabung Rp2 juta per bulan

Misalkan harga mobil yang ingin kamu beli adalah Rp60 juta. Penghasilanmu per bulan Rp6 juta dan tenor yang diambil adalah empat tahun. Jika ingin mendapat cicilan ringan, minimal kamu harus menabung Rp2 juta dalam enam bulan untuk membayar DP (Down Payment) sehingga terkumpul Rp12 juta.

Sisanya Rp48 juta inilah yang dikreditkan. Dengan bunga 6,65%, cicilan yang harus dibayarkan adalah Rp1.266.000 per bulan. Terbilang masih ringan karena ini kurang dari 30 persen penghasilan. Kalau ingin cicilan yang lebih ringan lagi, maka uang yang ditabungkan untuk membayar DP harus makin banyak.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami