Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Cara Refund Tiket Pesawat untuk Mudik Biar Gak Hangus

by Ayunindya Annistri on 29 April, 2020

Mulai 24 April hingga 1 Juni 2020 mendatang, larangan mudik dengan menggunakan moda transportasi udara resmi berlaku. Maka dari itu, simak cara refund tiket pesawat untuk mudik dari sejumlah maskapai penerbangan di Indonesia berikut ini.

Cara Refund Tiket Pesawat untuk Mudik Biar Gak Hangus

Aturan Larangan Mudik untuk Memutus Penyebaran Virus Corona

Larangan mudik yang diberlakukan oleh pemerintah diketahui guna memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia. Pasalnya hingga Selasa (28/4), korban positif corona di seluruh tanah air mencapai 9.511 korban. Sementara jumlah pasien yang telah dinyatakan sembuh dari corona ada 1.254 orang dan sisanya 773 orang dinyatakan meninggal dunia.

Untuk menekan angka kasus corona tersebut, pemerintah akhirnya mengeluarkan aturan larangan mudik. Di mana cakupan wilayah yang termasuk dalam aturan ini mulai dari Jabodetabek, wilayah dengan status PSBB, hingga wilayah yang dinyatakan masuk dalam zona merah penyebaran virus corona.

Larangan mudik bagi seluruh masyarakat Indonesia sebetulnya telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas pada Selasa (21/04) lalu.

Namun aturan ini baru efektif dilakukan pada 24 April sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 mengenai Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri 1441 Hijriah untuk Mencegah Penyebaran COVID-19.

Khusus transportasi udara (pesawat komersil), larangan mudik berlaku hingga 1 Juni. Namun memang terdapat beberapa kriteria tertentu seperti pemimpin negara, perwakilan organisasi internasional, dan kondisi darurat yang mengharuskan untuk menggunakan transportasi udara saja, yang masih diperbolehkan untuk terbang keluar masuk wilayah PSBB dan zona merah sebaran virus corona.

(Baca Juga: Cara Refund Tiket Kereta Api Saat Larangan Mudik, Biar Gak Hangus)
Refund Tiket Pesawat untuk Mudik Sesuai Permenhub Nomor 25 Tahun 2020

Menindaklanjuti kebijakan Presiden Joko Widodo perihal larangan mudik 2020, sejumlah maskapai penerbangan di Indonesia pun wajib menerapkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 terkait cara refund tiket pesawat untuk mudik.

Mekanisme refund tiket sendiri bisa dilakukan ke masing-masing maskapai. Seperti yang dikutip dari Bisnis.com mengenai isi Pasal 24 Permenhub, cara refund tiket pesawat untuk mudik bisa dilakukan dengan empat tahapan.

Pertama, reschedule jadwal bagi calon penumpang yang telah memiliki tiket tanpa dikenakan biaya sepeserpun.

Kedua, penumpang diperbolehkan untuk mengubah rute penerbangan dimana pengalihan rute ini semestinya tidak dikenakan biaya.

Ketiga, maskapai dapat memberi kompensasi biaya jasa angkutan udara menjadi poin dalam keanggotaan badan usaha angkutan udara. Nantinya poin ini bisa dipakai untuk membeli berbagai produk yang ditawarkan oleh pihak badan usaha angkutan udara.

Keempat, maskapai penerbangan bisa memberikan kupon atau voucher dengan besaran nilai jasa angkutan sama dengan yang dibeli oleh penumpang. Voucher ini dapat digunakan setidaknya hingga satu tahun dan wajib diperpanjang maksimum satu kali.  

Cara Refund Tiket Pesawat untuk Mudik dari 6 Maskapai Penerbangan

Setidaknya sudah terdapat 6 maskapai penerbangan yang menerapkan kebijakan refund tiket pesawat sesuai dengan aturan Permenhub. Dan berikut deretan cara refund tiket pesawat untuk mudik dari maskapai Garuda Indonesia, Citilink, AirAsia, Lion Air, Sriwijaya Air, dan NAM Air.

1. Garuda Indonesia

Garuda Indonesia - Cara Refund Tiket Pesawat untuk Mudik Biar Gak Hangus

Sebagai salah satu maskapai terbaik di Asia, Garuda Indonesia juga turut mengeluarkan kebijakan fleksibilitas, yakni penggantian jadwal keberangkatan untuk penumpang di masa pandemi corona. Berdasarkan laman resminya, adapun cara refund tiket pesawat untuk mudik sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yaitu:

  • Pelanggan tidak dikenakan sepeserpun terkait biaya refund.
  • Refund hanya bisa ditukarkan dengan travel voucher.
  • Travel voucher hanya bisa digunakan untuk pembelian tiket Garuda Indonesia berikutnya.
  • Travel voucher ini berlaku hingga 30 Juni 2021 dan hanya untuk penerbangan yang dioperasikan oleh pihak Garuda Indonesia.
  • Permintaan refund tiket pesawat bisa dilakukan di tempat pembelian awal tiket.
  • Sisa nominal dari travel voucher nantinya tidak dapat dicairkan dalam bentuk uang tunai.
  • Travel voucher tidak bisa diganti dengan metode pembayaran lainnya.
  • Proses refund bisa dilakukan dengan mengirimkan email ke e-booking@garuda-indonesia.com.
2. Citilink

Citilink - Cara Refund Tiket Pesawat untuk Mudik Biar Gak Hangus

Selain Garuda, maskapai penerbangan Citilink pun diketahui turut menghentikan operasional penerbangan reguler dan carter penumpang khusus rute domestik sejak Jumat (24/04/2020) lalu. Hal ini semata-mata dilakukan guna mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka memutus penyebaran virus corona.

Citilink juga mengklaim bahwa pihaknya akan lebih memprioritaskan penanganan bagi penumpang yang terdampak langsung dengan cara memberikan kebijakan refund maupun reschedule sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

Bagi penumpang yang telah membeli tiket melalui website resmi Citilink, dapat menghubungi call center di nomor 0804-1080-808 untuk mengajukan permohonan reschedule jadwal.

Sementara untuk penumpang yang membeli tiket dari agen perjalanan, dapat menghubungi pihak agen tersebut terkait cara refund tiket pesawat.

Selain itu, cara refund tiket pesawat untuk mudik khusus maskapai penerbangan Citilink juga bisa dilakukan via email di refund@citilink.co.id.

3. AirAsia

AirAsia - Cara Refund Tiket Pesawat untuk Mudik Biar Gak Hangus

Maskapai penerbangan AirAsia juga menyediakan kompensasi fleksibel untuk semua tiket yang sudah dibeli dengan jadwal keberangkatan hingga 30 Juni 2020. Pelanggan yang memenuhi syarat dan ketentuan berlaku, nantinya berhak memilih kompensasi melalui aplikasi AirAsia Virtual Allstar (AVA) untuk reschedule jadwal ataupun penukaran nilai tiket penerbangan sebelumnya menjadi akun kredit.

Tahapan kompensasi ini dibagi menjadi dua kategori pada menu ‘Berbicara’ dengan AVA, yaitu:

  • Kategori AirAsia Membatalkan Penerbangan Saya

Jika penerbangan dibatalkan oleh AirAsia maka pelanggan bisa mengakses AVA dan pilih menu ‘COVID-19’. Kemudian klik ‘AirAsia Membatalkan Penerbangan Saya’ dan pilih salah satu opsi antara ‘Akun Kredit’ atau ‘Pindah Penerbangan’.

  • Kategori Saya ingin Mengubah/Membatalkan Penerbangan

Cara refund tiket pesawat untuk mudik ini berlaku untuk pemesanan tiket yang dilakukan sebelum 17 April 2020 dan jadwal keberangkatan antara 23 Maret 2020 hingga 30 Juni 2020 mendatang.

Tahapan pengajuan kompensasinya sendiri bisa dilakukan dengan terlebih dulu mengakses menu ‘COVID-19’ di aplikasi AVA dan pilih ‘Saya ingin mengubah atau membatalkan penerbangan saya’. Kemudian pilih salah satu opsi antara ‘Akun Kredit’ atau ‘Pindah Penerbangan’.

4. Lion Air

Lion Air - Cara Refund Tiket Pesawat untuk Mudik Biar Gak Hangus

Cara refund tiket pesawat untuk mudik dari Lion Air yaitu dengan melakukan refund voucher tiket. Maksudnya, pelanggan akan menerima refund berupa voucher yang 100 persen setara dengan harga tiket sebelumnya.

Mengutip dari official website Lion Air, kebijakan refund yang ditawarkan oleh pihak maskapai penerbangan ini terbagi menjadi dua pilihan apabila pelanggan memesan tiket dan harus menunda perjalanan itu.

Pertama, penjadwalan ulang dimana Lion Air akan menghapus biaya penjadwalan ulang penerbangan hingga 31 Oktober 2020.

Kedua, pembatalan dimana Lion Air menyediakan pilihan pengembalian dana dengan syarat potongan biaya administrasi sebesar 10 persen.

Baik penjadwalan ulang ataupun pembatalan penerbangan bisa dilakukan melalui website resmi Lion Air kemudian pilih menu ‘Ubah Jadwal Penerbangan’. Sementara untuk pelanggan yang melakukan pemesanan tiket pesawat lewat agen travel dapat langsung menghubungi pihak agen tersebut untuk bantuan lebih lanjut.

5. Sriwijaya Air

Sriwijaya Air - Cara Refund Tiket Pesawat untuk Mudik Biar Gak Hangus

Sama halnya dengan Lion Air, cara refund tiket pesawat untuk mudik dari Sriwijaya yaitu dengan memberikan e-voucher bagi penumpang yang sebelumnya telah membeli tiket di gerai penjualan langsung Sriwijaya.

Sebelumnya, refund tiket yang dilakukan atas permintaan penumpang secara voluntary akan dikenakan biaya potongan sesuai dengan aturan PM No 185 Tahun 2015, yaitu biaya potongan 25 persen untuk pembatalan lebih dari 72 jam, biaya potongan 60 persen untuk pembatalan 24 jam hingga 72 jam, biaya potongan 80 persen untuk pembatalan 4 jam hingga 24 jam, dan biaya potongan 90 persen untuk pembatalan kurang dari 4 jam.

6. NAM Air

NAM Air - Cara Refund Tiket Pesawat untuk Mudik Biar Gak Hangus

Terakhir cara refund tiket pesawat untuk mudik khusus pelanggan NAM Air, yakni berupa pemberian e-voucher yang sebelumnya telah dulu membeli tiket di gerai resmi penjualan NAM Air.

E-voucher ini bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran tiket maupun pembelian produk NAM Air dengan masa berlaku kurang lebih satu tahun dari tanggal diterbitkannya.

Dalam kebijakan refund yang ditetapkan oleh pihak NAM Air, setidaknya penumpang yang ingin membatalkan tiket dapat melakukannya di atas 4 jam sebelum keberangkatan untuk mendapatkan kebebasan alias gratis pembatalan.

Selain itu, terdapat biaya sebesar 90 persen bagi penumpang yang melakukan pembatalan kurang dari 4 jam dan potongan 25 persen untuk pembatalan di waktu peak season.

Khusus penumpang yang memiliki jadwal keberangkatan antara 24 April hingga 31 Mei 2020, tidak akan dikenakan biaya pemotongan refund tiket dan 100 persen mendapatkan pengembalian uang tiket.

(Baca Juga: Batal Pulang Kampung atau Mudik, Pakai THR Buat 5 Hal Ini)
Jangan Mudik, Bila Tak Ingin Terkena Sanksi 

Langkah pemerintah untuk memutus penyebaran corona di Indonesia bisa dikatakan cukup serius. Bagaimana tidak? Selain menerapkan PSBB berskala besar, muncul lagi larangan mudik bagi mereka yang sebelumnya berada di wilayah zona merah sebaran virus corona. 

Jika melanggar aturan itu, pemerintah pun dengan sigap telah menyiapkan sanksi berupa denda hingga Rp 100 juta atau pidana penjara selama 1 tahun bagi masyarakat yang melanggar. Hal ini merujuk pada UU Nomor 6 Tahun 2018 mengenai Karantina Kesehatan Pasal 93. 

Maka dari itu, sebaiknya turuti apa yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan jangan menuruti ego untuk kembali ke daerah asal. Karena bisa jadi, kamu telah tertular virus corona namun termasuk OTG (Orang Tanpa Gejala). Enggak ingin kan hal buruk justru menimpa seluruh keluarga tercinta?

Biar makin terlindungi, jangan lupa untuk memiliki setidaknya satu produk asuransi kesehatan. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengakses laman CekAja.com.

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau