Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Siapkan Dana Keluarga untuk Antisipasi Hal-hal yang Tak Diinginkan

by Kyla Damasha on 15 Mei, 2020

Di kondisi keuangan yang sedang tidak stabil seperti saat ini, sepertinya cara siapkan dana keluarga mulai perlu untuk diketahui setiap orang. Tak dapat dipungkiri, virus corona Covid-19 yang masih menyerang Tanah Air memang memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat.

Cara siapkan dana keluarga

Tidak hanya berpengaruh pada kebiasaan masyarakat yang sudah harus mulai menjaga kebersihan dan mengurangi kontak fisik dengan orang lain, virus corona nyatanya juga memberikan pengaruh terhadap kondisi finansial secara keseluruhan.

Bagaimana tidak? Dengan dihimbaunya masyarakat untuk melakukan social distancing dan berdiam diri di rumah, jelas hal ini membuat perputaran ekonomi di berbagai bidang industri menjadi sedikit tersendat.

(Baca Juga: Mudik Dilarang, 5 Pengeluaran Ini Bisa Dihemat Buat Dana Darurat)

Nah, dikarenakan hal inilah, cara siapkan dana keluarga memang perlu untuk diketahui guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk menjadi dana darurat apabila terjadi suatu hal yang menimpa anggota keluarga.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa cara siapkan dana keluarga yang perlu kamu ketahui. Yuk disimak bersama-sama.

Cara Mudah Siapkan Dana Keluarga
1. Pahami Kondisi Keuangan Terkini

Cara siapkan dana keluarga yang pertama adalah dengan memahami kondisi keuangan terkini yang tengah dialami oleh kamu dan keluarga. Ketahuilah kira-kira berapa penghasilan yang kamu dapat setiap bulannya serta berapa pula pengeluaranmu setiap bulannya.

Dengan mengetahui cashflow kamu setiap bulan, maka kamu juga dengan mudah bisa menghitung sekiranya apa saja hal-hal yang kamu butuhkan dan berapa uang yang bisa kamu sisihkan untuk berbagai keperluan, seperti menabung, investasi, serta mempersiapkan dana darurat keluarga.

Untuk mempermudah, kamu bisa mulai membuat pembukuan khusus untuk keuangan kamu dan mencatat seluruh cash flow dalam satu bulan. Hal ini berguna agar kamu bisa memantau pengeluaran apa saja yang sekiranya tidak terlalu penting sehingga kamu bisa dengan mudah menyisihkan uang untuk dialokasikan ke dana keluarga.

2. Tentukan Jumlah Dana Darurat yang Harus Disiapkan

Cara siapkan dana keluarga yang kedua adalah dengan memasang target dan menentukan berapa jumlah dana yang harus dipersiapkan. Dengan memasang target kamu bisa dengan mudah memperhitungkan dan memprediksi  hal-hal tak terduga yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang, seperti service mobil, rumah yang kebanjiran, hingga biaya pengobatan dan rumah sakit.

Tidak hanya itu, kamu bahkan juga perlu memprediksi kebutuhan lainnya, seperti biaya sekolah anak, modal usaha dan lain-lain. Nah, memiliki target tentu akan memberikanmu kemudahan dalam mengetahui berapa besaran dana yang seharusnya kamu sisihkan setiap bulannya.

3. Buka Rekening Baru Khusus Dana Darurat

Cara siapkan dana keluarga yang telah kita sebutkan sebelumnya bisa saja gagal apabila kamu tidak memiliki rekening khusus. Mengapa? Karena tidak menutup kemungkinan dana darurat yang sudah kamu persiapkan justru digunakan untuk keperluan lain apabila tidak kamu pisahkan dengan rekening sehari-hari.

Maka dari itu, membuka rekening baru yang memang diperuntukan khusus dana keluarga sangatlah penting. Tujuannya adalah agar pembagian dana menjadi lebih teratur sehingga dana darurat yang sudah kamu siapkan tidak akan teralihkan untuk keperluan biaya lainnya.

Tak hanya itu, kamu juga perlu mempertimbangkan di institusi perbankan manakah kamu akan membuka rekening khusus dana keluarga. Pastikan bahwa institusi yang kamu pilih tidak membebankan biaya administrasi yang terlalu besar per bulannya.

Selain itu, pastikan pula bahwa rekening khusus dana keluarga dan tabungan tidak akan pernah kamu otak-atik dalam keperluan apapun.

4. Mulailah Secara Perlahan

Cara siapkan dana keluarga memang mungkin tidak akan mudah bagi sebagian orang. Dikarenakan hal itulah, kamu bisa memulainya secara perlahan sembari beradaptasi dan membangun kebiasaan.

Tak perlu mulai dari jumlah yang besar, cukup sisihkan sebagian kecil penghasilan kamu dan lakukanlah secara rutin dan konsisten. Perlu diketahui bahwa persiapan dana adalah program jangka panjang, sehingga kamu tidak bisa melakukannya dengan cepat dan terburu-buru.

Lakukanlah seperti seakan-akan kamu sedang mencicil utang. Kebiasaan yang dilakukan rutin dan konsisten secara perlahan akan memberikanmu motivasi untuk bisa mengumpulkan lebih banyak lagi di masa yang akan datang.

5. Membatasi Jumlah Pengeluaran

Cara siapkan dana keluarga yang terakhir adalah dengan mulai membatasi jumlah pengeluaran per bulannya. Berhubungan dengan poin pertama dan kedua yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa mencatat seluruh cash flow dalam satu bulan sangat perlu agar kamu bisa membedakan antara kebutuhan pokok dan gaya hidup.

Jika kamu melihat dari hasil pembukuan terdapat pengeluaran yang sebenarnya termasuk di dalam golongan kurang ‘penting’, maka kamu bisa mencari alternatif lainnya sebagai pengganti, yang tentunya memiliki harga lebih murah dengan menawarkan fungsi yang tak jauh berbeda.

Sebagai contoh, kamu tidak perlu membeli produk deterjen yang terlalu mahal jika dengan harga yang lebih murah pun kamu bisa menemukan kualitas yang cenderung sama.

Semakin kamu menekan pengeluaran, maka semakin banyak pula uang yang bisa kamu sisihkan untuk dimasukan ke dana keluarga dan tabungan.

(Baca Juga: Pinjaman Dana Darurat dari KTA Commonwealth Sebagai Tambahan Dana)

Kita tidak pernah bisa memprediksi peristiwa-peristiwa apa saja yang sudah menanti dan menimpa kita di masa yang akan datang dan inilah mengapa mempersiapkan dana keluarga sangat penting untuk dilakukan, yaitu sebagai bentuk antisipasi.

Meski begitu, saat ini sudah banyak sekali alternatif lain yang bisa dijadikan sebagai solusi masyarakat dalam menangani dana darurat, salah satunya seperti mengajukan pinjaman online di lembaga yang sudah terdaftar di OJK.

Tanpa perlu memenuhi persyaratan yang muluk dan proses yang rumit, kamu sudah bisa mendapatkan dana darurat dalam jumlah yang diinginkan hanya dalam hitungan hari hingga jam.

Nah, jika saat ini kamu sedang membutuhkan dana darurat namun jumlah tabungan belum mencukupi, tak perlu khawatir. Ajukan segera di CekAja.com!

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda