Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Cara Ekstrem Turunkan Berat Badan

by Ariesta on 6 Mei, 2016

Ladies, apakah kamu sedang berjuang untuk menurunkan berat badan? Saat kamu merasa nyaris putus asa, ternyata ada metode-metode ekstrem yang dilakukan orang demi tubuh lebih kurus.

Meski aneh, toh bobot mereka terbukti turun beberapa kilogram, dan berbagai risiko kesehatan juga berkurang. Apa saja metode tersebut?

Ditembak dalam permainan paintball

a98271_weight-loss_4-paintball

Metode ini terbilang cukup menyenangkan. Sebuah perusahaan paintball di Inggris memiliki program yang dipercaya sebagai kelas fitness paintball pertama di dunia. Selama sesi berlangsung, peserta yang ingin kurus harus berusaha sekeras mungkin menghindari tembakan dari staff perusahaan paintball. 

(Baca juga: Konsumsi Makanan Ini Kalau Ingin Langsing dan Cepat Kurus)

Perusahaan tersebut menargetkan orang-orang obesitas dan mereka menjanjikan cara ini efektif menurunkan berat badan hingga 800-1000 kali dalam satu sesi. Program ini berlangsung selama 10 minggu dengan biaya £199 (Rp3,8 juta) per orang.

Objek-objek yang biasa ada di permainan paintball seperti drum minyak dan  batang pohon ditiadakan sehingga peserta tidak punya tempat bersembunyi. Cara ini membuat peserta mau tidak mau harus terus bergerak demi menghindari tembakan.

Membuat proses makan terasa nyeri

a98271_weight-loss_6-tongue-patch

Jika kamu telah mencoba segala macam diet tapi tidak kunjung berhasil, mungkin kamu harus mencoba metode satu ini. Dokter bedah kosmetik Nikolas Chugay menggagas metode yang membuat proses makan terasa menyakitkan.

(Baca juga: Pentingnya Asuransi Kesehatan Buat Anda yang Doyan Makan)

Metode ekstrem ini dilakukan dengan cara menanamkan sepotong kecil polyethylene ke lidah pasien. Prosedur ini membuat pasien merasa sakit saat menelan makanan padat dan memaksa untuk menjalankan diet rendah kalori dan diet cair.

Lebih dari 60 orang telah menjalankan prosedur ini dan rata-rata berat badan mereka turun hingga 20 pon (10 kg) dalam waktu hanya sebulan. Cara ini ampuh untuk orang-orang yang tak bisa mengontrol nafsu makan.

Tinggal seminggu di ketinggian 8.700 kaki

a98271_weight-loss_8-altitude

Ingin cepat kurus sambil tetap bisa makan enak dan tanpa olahraga? Yang harus kamu lakukan hanyalah tinggal di tempat tinggi.

Berdasarkan penelitian, orang obesitas yang menghabiskan waktu di ketinggian 8.700 kaki sambil makan apapun yang mereka mau dan tanpa berolahraga, mengalami penurunan berat badan 2-3 pom setelah kembali ke tempat yang lebih rendah.

Para ahli melakukan percobaan pada 20 pria obesitas yang ditempatkan di pegunungan tertinggi di Jerman,  Zugspitze. Selama seminggu, mereka boleh makan dan minum sebanyak yang mereka mau dan dilarang berolahraga. Para ahli kemudian mengukur berat badan, tingkat metabolisme, hormon, dan rasa lapar. Setelah seminggu, rata-rata dari mereka turun sebanyak 3 pon. Sebulan kemudian, badan mereka turun lagi sampai 2 pon.

(Baca juga: Cara Punya Tubuh Langsing dan Kencang Tanpa Keluar Uang)

Para ahli menyimpulkan jika ini disebabkan karena mereka makan sekitar 730 kalori lebih sedikit daripada saat berada di ketinggian normal. Mereka merasa kurang lapar karena kadar leptin, hormon yang mengatur rasa kenyang berada di level tinggi. Sedangkan grehlin, hormon rasa lapar, tidak berubah. Tingkat metabolisme mereka juga melonjak  yang berarti mereka membakar kalori lebih dari biasanya.

Tapi jangan senang dulu. Penelitian menunjukkan selera makan akan kembali normal setelah enam bulan berada di ketinggian. Tapi jika kamu berada di ketinggian selama seminggu, lalu turun dan naik lagi pada minggu berikutnya, cara ini mungkin bisa berhasil.

Injeksi urin
a98271_weight-loss_1-urine

Berat Sheryl Paloni turun 43 pon (21,5 kg) dalam kurun waktu lima bulan. Lingkar perutnyajuga berkurang 30 inci. Paloni melakukan program penurunan berat badan ekstrem yaitu dengan injeksi urin (air seni). Urin yang dimaksud adalah urin milik wanita hamil yang diinjeksikan ke tubuh sendiri setiap hari.

Iris McCarthy, konselor metode penurunan berat badan tak lazim ini membeberkan jika bukan urin yang membuat bobot tubuh turun, melainkan hormon ibu hamil yang disebut hormon chorionic gonadotropin (hCG). Cara ini membuat otak berpikir seakan-akan tubuhmu sedang hamil. McCarthy juga berkata jika sains telah membuktikan hCG dapat mempercepat metabolisme tubuh.

(Baca juga: Kenapa Wanita Mesti Tidur Lebih Lama Dibanding Pria?)

Memasang selang nasogatric

 a98271_weight-loss_3-nasogastric-tube

Rupanya banyak metode penurunan badan ekstrem yang justru disarankan oleh dokter dan kebanyakan pasien mereka juga cukup sukses. Seorang dokter di Amerika yang memperkenalkan metode penurunan berat badan yang drastis dan cepat yang disebut dengan Diet K – E. Caranya yakni dengan menempatkan cairan makanan ke dalam tubuh melalui hidung menggunakan selang nasogatric. Cairan tersebut mengandung protein, lemak, dan air yang setara dengan 800 kalori. Beberapa jam setelahnya, proses yang disebut dengan ketosis terjadi yang artinya lemak terbakar karena kurangnya asupan karbohidrat.

(Baca juga: Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Kamu Diet Berlebihan)

Diet K-E sendiri berarti Ketogenic Enteral Nutrition diet yang digagas oleh Dr. Oliver di Pietro, dari Florida Amerika. Dia menjanjikan metode ini dapat membuat siapa saja lebih kurus 20 pon (10 kg) hanya dalam 10 hari. Mereka yang ingin menjalankan metode ini tidak boleh makan apapun selama 10 hari dan harus membawa cairan nutrisi sebagai pengganti makanan ke manapun mereka pergi.

Memakai plester lambung

a98271_weight-loss_5-hypnosis

Sebuah plester lambung ditempatkan di sekitar perut pasien dan memberikan sensasi perut penuh/kenyang meski hanya makan makanan dalam porsi kecil. Cara ini memungkinkan pasien makan lebih sedikit sehingga berat badan pun bisa turun tanpa rasa lapar. Namun untuk meletakkan plester ini mensyaratkan prosedur operasi. Tapi jangan khawatir karena kini ada cara yang lebih aman yakni membuat pasien obesitas berimajinasi memakai plester lambung melalui hipnotis!

(Baca juga: 4 Cara Kurangi Kegemukan dengan Latihan Ringan, Hindari Risiko Obesitas)

Seorang terapis berhasil meyakinkan Marion Corns (35), jika dia telah menjalani operasi. Ibu rumah tangga yang berat badannya berhasil turun secara bertahap tersebut berkata, “Anehnya semua terasa nyata. Aku bahkan bisa mengingat ketika didorong menuju ruang operasi, melihat para dokter, bahkan aroma obat bius.”

Dia menghabiskan £780 (Rp15 juta) untuk lima sesi dengan terapis dari Elite Clinic setelah mencoba segala cara untuk menguruskan badan. Kini Marion merasa perutnya mengencang dan cepat kenyang hanya dengan menyantap porsi kecil makanan. Bobot tubuhnya berhasil turun 1,5 kg dalam semingu dan ukuran bajunya menyusut dari yang asalnya 22 menjadi 14 hanya dalam empat bulan.

Menggunakan gadget

a98271_weight-loss_7-gadget

Menyantap snack tanpa sadar adalah masalah yang dimiliki orang obesitas. Sedang asyik-asyiknya nonton TV, tahu-tahu lima bungkus keripik kentang sudah habis. Tapi kini para ilmuwan telah mengembangkan gadget yang mampu mengontrol berapa banyak makanan yang disantap dalam sehari. Gadget yang diberi nama Bite Control ini dikembangkan oleh Clemson University di Carolina Selatan.

(Baca juga: Hindari 7 Penyakit Ini dengan Rutin Berolahraga)

Melakukan hubungan intim hingga tujuh kali dalam sehari

Pauline Potter (47), pemegang rekor Guinness World sebagai wanita tergemuk di dunia membakar 500 kalori dengan cara  berhubungan intim dengan mantan suaminya. Dia dinobatkan sebagai wanita tergemuk di dunia karena memiliki bobot 700 pon (350 kg), namun perlahan bobotnya ini menyusut jingga 100 pon (50 kg) seiring dengan membaiknya hubungan dengan mantan suaminya, Alex.

Setelah menikah dengan Alex selama tiga tahun, mereka kemudian berpisah tepatnya di tahun 2008. Keduanya rujuk setelah Alex mendengar rekor Guiness yang dipegang istrinya.

Potter yang dalam sehari mengonsumsi 10.000 kalori berharap dapat turun sampai 532 pon (266 kg) dengan bantuan suaminya. Keduanya berhubungan intim hinga tujuh kali dalam sehari. Perlu dicatat,  berat Alex hanya 140 pon (70 kg) atau sepersepuluh berat mantan istrinya.

Tentang Penulis