Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara untuk Bisa Menabung Rp 1 Juta Bagi Fresh Graduate

by Ariesta on 30 Desember, 2015

Menabung Rp 100 ribu atau Rp 200 ribu perbulan cenderung mudah dilakukan karena hanya membutuhkan pengorbanan yang sedikit. Namun jika Anda berniat memasang target menabung yang lebih tinggi di tahun 2016, Anda harus mulai mengencangkan ikat pinggang dan berpikir kreatif.

Menabung Rp 1 juta setiap bulan bukan perkara mudah, apalagi jika Anda masih bersatus fresh graduate yang baru memulai karier. Dengan asumsi gaji Rp 3 juta, inilah cara untuk bisa menabung Rp 1 juta setiap bulannya.

Pangkas pengeluaran tempat tinggal

Beruntung jika Anda bekerja di kota domisili sehingga bisa tinggal bersama orangtua. Tapi jika Anda bekerja  bukan di kampung halaman contohnya seperti di jakarta, tentunya Anda harus mengeluarkan uang ekstra untuk ngekos. Biaya hidup di Jakarta sendiri seperti kosan dengan fasilitas standar berkisar antara Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta rupiah.

Sedangkan dengan fasilitas nyaman bisa didapatkan mulai dari Rp 1 juta rupiah hingga Rp 3 juta semuanya tergantung lokasi. Kalau Anda terpaksa ngekos, tentunya dengan gaji Rp 3 juta sebaiknya memilih kosan di bawah Rp 1 juta. Lebih baik lagi jika Anda bisa sekamar dengan teman sehingga harga sewa bisa dibagi dua.

Membawa bekal ke kantor

Makan bisa menjadi pengeluaran yang paling menguras. Apalagi jika Anda terbiasa makan siang di kafe. Sebenarnya dengan Rp 20-25 ribu pun Anda masih bisa makan enak. Kalau Anda tidak punya banyak waktu untuk memasak, memasak nasi sendiri dan membeli lauk pauk bisa jadi alternatif lain untuk berhemat. Dengan demikian pengeluaran makan siang hanya Rp 500 ribu-Rp 750 ribu setiap bulan.

(Baca juga: 7 Langkah Efektif Atur Anggaran Bulanan Bagi Anda yang Masih Boros)

 

Jogging

Bukan rahasia lagi jika biaya berobat ke dokter terbilang mahal. Oleh karenanya, orang-orang mulai mengikuti gaya hidup terkini yakni dengan membuat keanggotaan gym. Daripada menjadi member gym, Anda sebenarnya bisa tetap berolahraga dengan cara yang lebih rumah dengan jogging setiap pagi. Jogging memang olahraga paling mudah dan murah. Dengan demikian Anda bisa tetap sehat tanpa harus mengeluarkan uang untuk membership dan ongkos pulang pergi ke gym.

(Baca juga: Cukup Hemat Rp 200 ribu, Gaji Tidak Habis di Tengah Bulan)

Kurangi nongkrong di mall

Hobi nonton bioskop dan nongkrong di mall bisa menguras tabungan Anda dengan cepat. Kalau Anda sering menjadikan mall sebagai tempat janjian bersama teman, ubah kebiasaan ini. Biaya kopi dan ngemil bahkan bisa lebih mahal dari biaya makan siang sehari-hari.

Dengan demikian, pengeluaran Anda perbulan adalah Rp 700 ribu untuk tempat tinggal, Rp 750 ribu untuk makan, Rp 300 rb untuk ongkos dan pulsa, dan Rp 250 ribu untuk hiburan dan biaya tak terduga.

Menabung Rp 1 juta setiap bulan memang sebuah target bagus. Namun jika Anda bisa menemukan cara lain untuk menabung lebih banyak tanpa membuat sengsara, kebiasaan ini merupakan investasi yang membuat kondisi finansialmu sehat di masa depan.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami