Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Usain Bolt Habiskan Kekayaan

by Ariesta on 6 September, 2016

usain bolt - CekAja.com

Pada Olimpiade 2016 lalu, Usain St. Leo Bolt menyandang predikat sebagai sprinter terhebat sepanjang masa. Bolt memukau banyak orang dengan total perolehan 6 medali emas perorangan dan 3 medali emas untuk tim di antara tahun 2008 sampai 2016. Dia juga berhasil memegang rekor pelari tercepat baik untuk jarak 100 meter maupun 200 meter.

Hasil dari prestasinya tentu saja bonus dan kontrak sponsor. Yang paling mahal adalah kontraknya dengan Puma senilai US$10 juta. Dengan uang sebanyak itu, bagaimana pelari asal Jamaika ini menghabiskan kekayaannya?

Sebelum membahas ke mana larinya kekayaan Usain Bolt, simak seberapa besar kekayaan yang ia miliki.

Perolehan dari olimpiade

usain-bolt-earned-325-million-in-the-year-running-up-to-the-2016-olympics

Usain Bolt menghasilkan US$32,5 juta lewat ajang olimpiade 2016. Perolehan ini menjadikannya salah satu atlet dengan bayaran termahal berdasarkan versi Forbes.

(Baca juga: Enam Miliarder Indonesia yang Ternyata Berasal dari keluarga Miskin)

Kontrak dengan sponsor

he-is-the-only-track-star-who-made-it-onto-the-forbes-list-of-highest-paid-athletes-coming-in-at-number-32

Kontrak eksklusifnya dengan Puma dimulai sejak tahun 2002 dengan nilai kontrak US$10 juta per tahun. Nilai tersebut dianggap sangat besar di kalangan atlet. Selain Puma, Bolt juga memperoleh sponsor dari Hublot, Gatorade dan Virgin Media dengan nilai berkisar antara US$1 juta sampai US$4 juta.

Dari pertandingan kecil

prize-money-in-athletics-is-relatively-low-bolt-earns-10000-for-every-race-he-wins-in-the-diamond-league-but-he-is-often-paid-appearance-fees-of-up-to-400000-per-meet

Selama ini bidang olahraga yang dikenal membuat atletnya kaya adalah sepak bola, basket, dan golf. Namun Bolt berhasil mendapat bayaran US$400.000 dari setiap kompetisi yang dimenangkan di Diamond League. Sementara pelari lain hanya dibayar US$10.000.

Dari menjadi bintang tamu

bolts-partying-is-not-confined-to-his-home-in-2015-he-reportedly-spent-10000-on-vodka-in-a-mayfair-nightclub--and-left-without-settling-the-bill

Karena dia cukup terkenal, Bolt juga mendapat pundi-pundi dengan menjadi bintang tamu atau menghadiri acara jumpa fans. Dalam setahun, uang yang dia hasilkan dari kegiatan ini mencapai US$2,5 juta.

(Baca juga: Ini Buktinya Kalau Orang Sukses Memulai Bisnis Sejak Usia 20-an)

Dari game

another-big-earner-for-the-jamaican-athlete-comes-from-bolts-character-in-the-temple-run-gaming-franchise-which-has-more-than-one-billion-downloads

Bolt juga menjadi karakter dalam game franchise Temple Run. Karena game tersebut didonlot hingga miliaran kali, semakin banyak pula bayaran yang diterima pelari asal Jamaika ini.

Hadiah perusahaan

never-content-with-just-one-trophy-bolt-also-owns-a-special-edition-gold-gt-r-however-this-was-given-to-him-by-nissan-after-his-golden-successes-at-the-london-olympics-in-2012

Bukan hanya uang tunai, Bolt juga mendapatkan edisi spesial Nissan GT-R berwarna emas sebagai hadiah sponsor. Mobil ini diberikan cuma-cuma oleh Nissan setelah Bolt memenangkan medali emas di Olimpiade London pada tahun 2012.

Kamu sudah tahu kan dari mana saja asal kekayaan Usain Bolt? Sekarang kita simak bagaimana cara manusia tercepat di dunia ini menghabiskan uangnya.

Membeli mobil mewah

however-when-he-realised-his-mistake-the-next-day-the-athlete-returned-to-drama-nightclub-to-settle-the-bill

Sebagai manusia tercepat, wajar jika Bolt senang mengendarai mobil berkecepatan tinggi. Salah satu pengeluaran terbesarnya adalah untuk membeli Nissan GT-R berwarna hitam seharga US$105.000.

Membeli rumah

Meski sudah meraih kesuksesan secara internasional, Bolt tetap tidak mau jauh dari tanah kelahirannya. Ia membeli mansion yang terletak di komplek elit Norbrook Kingston Jamaika dengan kisaran harga US$1,3 juta. Di sana dia bertentangga dengan pasangan rapper Sean Paul dan model  Jodi “Jinx” Stewart-Henriques.

Sayangnya keduanya tidak terlalu senang bertetangga dengan sang manusia tercepat di dunia. Alasannya karena Bolt doyan berpesta dan membuat kebisingan. “Suara berisik, musik keras, pesta, dan teriakan, sejujurnya aku berharap dia kembali ke tempat di mana dia berasal,” tulis Stewart-Henriques di laman Facebook miliknya pada 2015 lalu. “Dia tetangga yang sangat buruk,” tambah Stewart.

Hura-hura

bolts-neighbours-are-rapper-sean-paul-and-model-jodi-jinx-stewart-henriques-the-couple-have-complained-about-the-track-stars-loud-and-lavish-parties-in-the-past

Seperti penuturan tetangganya, Bolt sangat senang berpesta. Di tahun 2015, dia menghabiskan US$ 13.000 (sekitar Rp169 juta) hanya untuk membeli vodka di klub malam Mayfair. Parahnya, dia pergi begitu saja tanpa membayar! Barulah ketika Bolt menyadari kesalahannya keesokan harinya, sang atlet kembali ke bar tersebut dan melunasi semua tagihan.

Membeli rumah kedua

Pada 2009, Bolt membeli rumah kedua di Pulau Rum Cay, Bahama. Harga rumah tersebut tidak diketahui, namun yang jelas rumah mewah ini punya halaman rumput yang sangat luas dan langsung menghadap ke laut.

(Baca juga: Masih Usia 20-an? Ini Tipsnya Agar Karier Kamu Melejit)

Menyumbang peralatan olahraga

Terlepas dari gaya hidup mewah dan kebiasaan hura-hura, Bolt tetap tidak lupa dengan asal usulnya. Pemilik tinggi 195 cm ini secara teratur mendonasikan peralatan olahraga ke tempatnya bersekolah dulu yakni SMA Thorpe William Knibb Memorial di Jamaika. Tak tanggung-tanggung, jumlah sumbangannya mencapai US$1,3 juta.

Menyumbang untuk fasilitas publik

Jiwa dermawannya tidak sampai di situ saja. Tahun 2013, Bolt menggelontorkan US$4 juta untuk renovasi pusat kesehatan di Sherwood Content, Jamaika.

Membeli peralatan DJ

one-of-bolts-biggest-hobbies-is-music-he-has-been-performing-dj-sets-in-public-since-2010-the-equipment-does-not-come-cheap-with-high-end-dj-decks-costing-more-than-5000

Selain olahraga, pria kelahiran 21 Agustus 1986 ini juga hobi bermusik. Tak banyak diketahui orang kalau dia telah menjadi DJ sejak 2010. Semua peralatan DJ milik Bolt pun terhitung canggih dan mahal dengan harga lebih dari US$6.665 (Rp86,6 juta).

Beli jet pribadi

Bak bintang Hollywood, Bolt lebih senang bepergian dengan jet pribadi. Meski sekali terbang dia harus mengeluarkan ribuan dollar.

Memasuki usia 30 tahun, Bolt sadar kalu kecepatannya tidak bisa bertahan lama. Setelah ajang world championships tahun 2017 di London, dia berencana gantung sepatu. Meski demikian, pemasukannya akan terus mengalir sebagai brand ambassador berbagai merek terkenal di dunia. Dan, tentu saja selama belum ada yang mengalahkan rekornya sebagai pelari tercepat di dunia, Bolt akan terus dielu-elukan orang.

Gunakan fasilitas kredit kendaraan agar pembelian kendaraan impianmu jadi kenyataan. Dapatkan kredit kendaraan termurah di CekAja!

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami