Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

6 menit waktu bacaan

Cari Kredit Motor Tanpa DP? Ini 5 Alternatif Penggantinya

by lhmdi on 2 Juli, 2017

kredit kendaraan bermotor - CekAja.com

Setiap tahun, produsen motor pastinya akan selalu mengenalkan merk baru dari motor mereka. Antusias masyarakat untuk membeli motor pun cukup tinggi setiap tahunnya.

Para produsen bekerjasama dengan leasing hingga dealer menawarkan kemudahan pembelian secara kredit. Bahkan, tidak jarang ada yang menawarkan pembelian kredit motor tanpa DP atau Down Payment.

Mulai dari event-event otomotif yang digelar rutin dalam jangka waktu tertentu untuk memudahkan masyarakat mendapatkan motor dengan mudah. Hingga sales dari leasing atau dealer yang membuat penawaran menarik dengan memasang iklan di media cetak hingga online adalah trik sederhana menjual motor tanpa uang muka.

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, pada pertengahan tahun 2016 yang lalu bahkan berencana menurunkan uang muka pembelian semua kendaraan termasuk jenis motor menjadi nol persen, namun dengan tujuan untuk membangkitkan daya beli masyarakat, sehingga perputaran uang dapat terus berjalan.

Akan tetapi memilih kredit motor tanpa Down Payment atau uang muka bukannya tanpa risiko. Down Payment atau DP ini hanyalah bagian kecil dari sebuah harga motor. Makin kecil DP atau uang muka, maka akan semakin besar cicilan atau angsuran yang akan dibayarkan untuk melunasi kredit motor.

Lalu, bayangkan saja jika istilah kredit motor tanpa DP benar-benar terwujud. Bisa-bisa sisa cicilan yang akan dibayarkan semakin tinggi, plus bunga, biaya administrasi hingga asuransi.Bahkan, bukan tidak mungkin risiko terjadinya kredit macet bisa saja terjadi.

Sebagai contoh, Nisa membeli motor dengan harga On The Road sebesar Rp 15.000.000. Sales dari dealer atau leasing menawarkan pembelian motor kredit tanpa DP atau uang muka nol Rupiah.

Nah, jika perhitungan dilakukan seperti ini Nisa, dipastikan akan melakukan pembayaran angsuran senilai Rp 1.000.000 per bulannya hingga dua atau tiga tahun ke depan. Bahkan, jika terjadi musibah, Nisa tidak bisa bekerja lagi karena mengalami kecelakaan.

Otomatis pendapatan akan berkurang, padahal cicilan harus dilunasi agar tidak terjadi kredit macet. Bisa-bisa motor yang sudah dibeli Nisa akan diambil oleh pihak leasing, karena Nisa tidak mampu lagi melanjutkan cicilan.

Oleh karena itu, jangan pernah terbuai untuk memilih kredit motor tanpa DP dari iklan-iklan yang ditawarkan di media cetak atau media online.

Pilihan DP Motor Termurah Tahun 2017 

motor matic_kredit kendaraan - CekAja.com

Selain banyaknya sales yang menawarkan kredit motor tanpa DP, sebenarnya masih banyak pilihan lain untuk mendapatkan krediit motor dengan DP atau uang muka yang ringan.

Bahkan, pilihannya pun banyak dan tidak bergantung pada satu orang sales yang menjual motor saja. Mau tahu, dimana saja pilihan tersebut? Berikut tempat-tempat pilihan kredit motor dengan DP ringan yang bisa kamu coba:

  1. CekAja.com

Sebagai layanan toko finansial pertama di Indonesia, CekAja menawarkan satu layanan yang bernama kredit kendaraan bermotor atau KKB. Kredit kendaraan bermotor ini bisa untuk unit baru hingga unit bekas.

Brikutnya adalah pilihan-pilihan yang beragam pun bisa didapatkan melalui layanan CekAja.com Hal ini dikarenakan CekAja.com bekerjasama dengan BPR KS, Bank BRI, Mandiri Tunas Finance CSUL Finance, hingga CS Finance untuk mempermudah masyarakat mencari motor yang sesuai dengan kebutuhan mereka, plus uang muka yang serta nilai bunga yang tidak terlalu memberatkan angsuran.

Bahkan CekAja.com menyediakan fitur kalkulator kredit kendaraan bermotor yang dapat digunakan siapa saja untuk memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli motor.

Persyaratan kredit kendaraan bermotor di CekAja pun sangat sederhana. Pertama, kamu haruslah warga negara Indonesia dan bertempat tinggal di Indonesia. Usia minimum 21 tahun dan maksimal 55 tahun saat kredit lunas.

(Baca Juga: Kredit Motor Bekas Itu Menguntungkan, Ini Alasannya)

Memiliki pekerjaan serta penghasilan tetap minimal Rp 2.500.000. Jika kamu sudah memenuhi persyaratan ini, lanjutkan saja akses situsnya di CekAja.com dan pilih sendiri kredit motor yang kamu inginkan.

  1. Bekerjasama dengan ojek online

Maraknya layanan transportasi online khususnya yang menggunakan motor sebenarnya bisa digunakan untuk mendapatkan kredit motor dengan DP yang ringan. Go-jek misalnya menjalankan program Swadaya untuk para mitra pengemudi yang ingin memiliki motor dengan biaya yang tidak terlalu besar.

(Baca juga: Cari Kredit Motor Yamaha R15? Cek Detilnya di Sini)

Sebagai contoh, jika seseorang ingin memiliki motor, maka Go-jek bisa menawarkan kesempatan untuk membeli motor secara kredit dengan cicilan ringan. Bahkan, Gojek bekerjasama dengan beberapa dealer untuk memudahkan masyarakat membeli motor yang mereka inginkan.

Selain Go-jek, layanan ojek online lain, Grab juga membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin memiliki motor dengan DP yang rendah. Bahkan terdapat juga program kredit motor tanpa DP yang ditawarkan oleh Grab dengan bekerjasama melalui pihak dealer-dealer tertentu.

Namun, DP nol murni ini hanya berlaku bagi mitra pengemudi yang ingin membeli motor tertentu DIlansir dari laman blog Grab, beberapa tipe motor yang DP-nya nol rupiah adalah Yamaha Mio Z, Vixion Advance & R15.

Pembelian motor pun bisa dicicil dengan cara harian, dan nilainya sangat kecil. Terakhir, kredit motor ini bisa didapatkan jika kamu merupakan mitra dari dua layanan ojek online tadi.

  1. Ikuti promo-promo menarik

Pada momen-momen tertentu, biasanya pihak leasing, lembaga keuangan hingga produsen motor biasanya akan menawarkan pembelian motor dengan uang muka atau DP yang nyaris sangat ringan, hingga memang benar-benar nol rupiah.

Promo-promo ini bisa kamu tentukan di paca acara-acara tertentu. Misalnya promo 17 agustus, pameran otomotif besar dan berbagai acara-acara lainnya.

  1. Beli motor di kota-kota kecil

Tidak hanya kota-kota besar yang membutuhkan kendaraan bermotor sebagai alat transportasinya. Di kota-kota kecil dan bukan kota sibuk seperti Jakarta, beberapa pihak delar atau leasing bahkan menawarkan pembelian motor dengan uang muka atau DP  yang sangat ringan.

Misalnya, saja sales atau pihak leasing yang menjual motor di daerah Sukabumi pastinya menawarkan DP yang ringan ketimbang di kota-kota besar lainnya di Jawa Barat seperti Bandung atau Bogor.

Jadi, membeli motor di daerah-daerah selain pusat kota bisa jadi pertimbangan kamu untuk mencari uang muka motor yang ringan kan.

  1. Kenalan yang bisa dipercaya

Cara termudah untuk mendapatkan informasi tentang kredit motor tanpa DP adalah dari seorang kenalan yang bisa dipercaya. Kenalan ini biasanya berprofesi sebagai sales motor.

Sales motor ini tidak jarang membuat iklan sendiri di media cetak, atau yang paling mudah, membuat blog pribadi dan menawarkan kesempatan untuk mendapatkan kredit motor dengan DP yang ringan atau nyaris nol rupiah.

Namun, kenalan ini tentunya tidak serta-merta langsung didapatkan begitu saja. Kepercayaan tentu saja adalah faktor penting. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan motor dengan DP atua uang muka yang ringan, pilih lah dari teman atau kerabat yang pernah bekerjasama dalam pembelian motor dengan satu orang sales tertentu.

Kamu bisa bertanya terlebih dahulu kepada teman atau kerabat, mengenai motor yang akan dijual oleh si sales. Jika benar, kredit motor tersebut memiliki uang muka yang ringan atau nyaris nol rupiah, maka kamu bisa bertanya dan mencari informasi yang jelas tentang pembelian motor.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.