Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Cari Makanan Khas Bali? Ikuti Dulu Tipsnya

by lhmdi on 16 Februari, 2016

hotel tepi pantai di Bali - CekAja.com

Bali memang sebuah anugrah yang tidak terlupakan bagi masyarakat Indonesia dan masyarakat Internasional. Selain kaya akan budaya dan wisata yang terkandung di dalamnya, terdapat juga makanan khas Bali yang tidak akan terlupakan kelezatannya.

Hal ini tentunya tidak bisa dilepaskan dari racikan bumbu rempah yang menjadi sajian khas Indonesia, dan tentu saja Bali khususnya.

Nah! Bagi kamu yang sedang bersiap menuju Bali untuk berlibur atau hanya menghabiskan akhir pekan, jangan sampai lupa mencicipi berbagai macam aneka kuliner lezat berikut ini:

  1. Serombotan

Namanya cukup unik dan jarang didengar di telinga. Ya! Serombotan adalah salah satu jenis makanan khas Bali yang layak kamu coba.

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

Diolah dari campuran sayur-sayuran, seperti kangkung, kacang panjang, bayam, pare, tauge, hingga terong dan disatukan menjadi sebuah aneka sayuran yang menggoda. Sekilas makanan ini memang seperti menu khusus bagi para vegetarian.

Namun, mengonsumsi sayuran saja tentunya tidak akan seru. Oleh karena itu Serombotan ditambahkan dengan berbagai macam rempah-rempah seperti lengkuas, kunyit, bawang putih, kencur. Bahkan di beberapa tempat yang menjajakan makanan ini ditambahkan bumbu kacang pedas yang mengigit lidah.

  1. Lawar Kuwir

Berikutnya adalah Lawar Kuwir. Kali ini bukan lagi makanan yang berisikan sayur-sayuran semata. Namun, makanan yang terbuat dari campuran antara daging cincang dengan berbagai macam jenis sayuran.

Dagingnya pun bervariasi. Mulai dari daging babi yang menjadi salah satu makanan favorit warga Bali. Namun, jika kamu tidak begitu menyukai daging babi maka beberapa restoran atau tempat yang menjual makanan ini menggantinya dengan daging bebek.

Sebagai tambahan, Lawar Kuwir biasanya akan ditambahkan dengan bumbu dan parutan kelapa. Biasanya makanan ini ini akan lebih lezat untuk disantap ketika dipadukan dengan nasi putih yang masih hangat dan ketika cuaca sedang dingin di kota Bali. Jangan takut karena makanan khas bali halal, sama halalnya seperti pakaian khas bali. Yuk, wisata kuliner di bali.

  1. Tipat Blayag

Selanjutnya adalah Tipat Blayag yang akan menjadi sajian makanan khas Bali. Makanan ini sendiri berasal dari daerah di Utara Bali, yaitu Buleleng.

Tipat Blayag sendiri sejatinya adalah ketupa yang sangat mirip dengan lontong. Namun, dibentuk dengan menggunakan janur muda atau daun enau yang masih muda untuk menutupinya.

Tidak lengkap rasanya jika Tipat Blayag ini tidak dipadukan dengan bumbu khusus. Oleh karena itulah warga di Bali sering memberikan kombinasi untuk mempertegas rasanya dengan bumbu yang terbuat dari olahan tepung beras.

Sebagai pelengkap tambahan Tipat Blayag sering juga ditambahkan dengan jenis sayuran-sayuran seperti, sayur urab, kacang kedelai dan berbagai macam lauk lainnya. Selain makanan, alat musik bali juga punya penggemarnya sendiri. Sambil menyantap makanan Khas Bali, enak rasanya mendengar musik.

Tips Membeli Makanan khas Pulau Dewata

Berlibur memang membuat kita menyiapkan segala macam keperluan termasuk tentu saja uang. Apalagi jika kamu sedang berkunjung ke Bali, selain mencari tempat penginapan, tentunya kamu akan berjalan-jalan menuju tempat-tempat eksotis serta mencicipi kulinernya.

Nah! Agar setiap kuliner yang ingin kamu coba dapat dinikmati tanpa halangan, berikut beberapa tips membeli makanan khas di pulau Bali:

  1. Selalu siapkan uang tunai akan menjadi solusi bagi kamu suka kulineran di pinggir jalan. Tentunya belum tentu semua warung-warung yang ada di pinggir jalan Bali menyediakan layanan pembayaran dengan kartu kredit. Jadi, apa pun kebutuhan kamu akan kuliner Bali, seperti mencicipi jajanan atau membeli oleh-oleh, jangan lupa siapkan uang tunai ya.
  2. Memperhatikan limit kartu kredit menjadi sangat penting jika kamu memilih mencicipi kuliner khas Bali di restoran-restoran atau hotel-hotel tertentu. Hal ini dikarenakan harganya yang bisa sangat mahal.Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu untuk mengecek limit kartu kredit sebelum bertransaksi dan menikmati hidangan lezat kuliner khas Bali.

Selamat mencicipi kelezatan kuliner Bali!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami