Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Cegah Delay Saat Mudik, 1.200 Petugas dan Penerbangan Tambahan Disiapkan

by Achmad Fauzi on 24 Mei, 2018

Pesawat menjadi salah satu pilihan transportasi saat mudik. Namun, rentan terjadi delay atau keterlambatan saat menggunakan moda transportasi yang satu ini. Nah, untuk musim mudik kali ini, Anda tak perlu khawatir. Ada 1.200 petugas dan penerbangan tambahan yang siap mencegah delay.

dana extra travelling

Untuk mudik, seseorang bisa menggunakan moda transportasi apa saja, mulai dari kendaraan pribadi mobil dan motor, bus, kereta api, kapal laut, dan pesawat.

Namun, banyak orang yang memilih pesawat untuk angkutan mudiknya, mungkin termasuk Anda? Pasalnya, pada mudik tahun lalu tepatnya periode 15 Juni-3 Juli 2017, jumlah penumpang mencapai 5,18 juta orang atau tumbuh 5,55 persen dibandingkan tahun 2016. Sementara, pergerakan pesawat juga tumbuh 4,35 persen menjadi 39.334 pesawat pada tahun 2017.

Kenaikan penumpang pesawat saat mudik bisa dipicu oleh bermacam-macam faktor. Salah satunya, dengan pesawat Anda tak perlu menempuh waktu yang lama untuk sampai ke kampung halaman. Rata-rata waktu perjalanannya pun mulai dari 1 jam sampai 2 jam.

Namun Anda tak perlu khawatir, dengan minat yang tinggi dan aktivitas penerbangan meningkat tidak akan menurunkan kualitas keselamatan dan kenyamanan. Pasalnya, lembaga yang mengatur lalu lintas udara AirNav Indonesia menjamin keselamatan dan kenyamanan pergerakan pesawat saat mudik tahun 2018.

Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto menyebutkan, pihaknya akan fokus menata pergerakan pesawat saat mudik 2018, salah satunya ketepatan waktu keberangkatan atau On-Time Perfomance (OTP). Dengan begitu, ada jaminan tak akan terjadi delay alias penundaan penerbangan saat mudik.

(Baca juga: INFOGRAFIS: Mudik Lebaran? Cek Tarif Tol Terbaru!)

“Kita siapkan dari sisi sumber daya manusia. Kemudian perangkat dan peralatan yang kita punya juga persiapan dalam arti kita koordinasi dengan stakeholder terutama dengan maskapai. Kita tahu semua angkutan lebaran ini kita mengutamakan nomor satu keselamatan, yang kedua adalah kenyamanan. Yang paling penting adalah OTP, ” kata Novie dalam acara buka puasa bersama media yang berlangsung belum lama ini.

Siapkan 1.200 Petugas

Komitmen tak ada delay saat mudik pun diperlihatkan AirNav Indonesia. Lembaga milik Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini mengerahkan kurang lebih 1.200 petugas di 35 bandara yang mana dari jumlah itu, 400 petugas diantaranya sudah standby.

Nantinya, para petugas itu akan memantau pergerakan pesawat, mulai dari lepas landas, mendarat, sampai pergerakan pesawat di udara. Dengan begitu Anda juga tak perlu khawatir dengan keselamatan dan kenyamanan.

Buka Slot Penerbangan Tambahan

Anda juga tidak perlu takut kehabisan tiket pesawat saat mudik. Sebab, AirNav bersama regulator telah membuka slot penerbangan tambahan atau extra flight. Sehingga, Anda tetap bisa mudik menggunakan penerbangan tambahan.

Meski begitu, Airnav belum menyebutkan berapa jumlah penerbangan tambahan. Pasalnya, pendaftaran penerbangan tambahan masih berlangsung hingga tanggal 25 Mei 2018.

Dengan adanya penerbangan tambahan, pastinya akan menambah pergerakan pesawat. Nah, AirNav juga mempunyai siasat untuk mengatur pergerakan penerbangan tambahan tersebut. Salah satunya dengan cara menempatkan penerbangan tambahan di jam-jam tertentu.

Misalnya, di Bandara Soekarno-Hatta setiap jamnya memiliki 81 pergerakan pesawat. Nah, dengan ada penerbangan tambahan, tidak serta merta menambah frekuensi pergerakan setiap jamnya. (Baca juga: Cek E-Learning OJK Agar Anak-anak Anda Melek Keuangan)

Pergerakan pesawat tambahan akan ditempatkan di jam tertentu. Sehingga pergerakannya tetap sebanyak 81 pergerakan pesawat per jam. Hal ini juga dapat menjamin keterlambatan penerbangan tak akan terjadi lagi.

“Kita tidak mau nanti tambahan-tambahan ini akan numpuk di satu titik sehingga katakanlah jam 7 pagi akan menjadi 82 pergerakan, 83 pergerakan. Ini enggak bagus untuk keselamatan. Jadi kita akan ratakan semua,” jelas Novie.

Nah, dengan langkah-langkah yang dijalankan oleh AirNav dipastikan perjalanan pesawat Anda berjalan lancar tanpa ada hambatan. Dan tak perlu menunggu lama karena delay.

Namun, meskipun semua akan berjalan lancar dan aman, Anda harus mempunyai perlindungan tambahan. Salah satunya dengan mengajukan asuransi perjalanan.

(Baca juga: Berbagai Gaya Ngabuburit Bermanfaat ala Zaman Now!)

Apalagi, sekarang mengajukan sudah sangat mudah, karena Anda bisa mendapatkan asuransi secara online seperti di CekAja.com. E-commerce nomor satu di Indonesia menawarkan asuransi perjalanan dari berbagai lembaga keuangan terpercaya. Yuk, mulai dari sekarang ajukan asuransi perjalanan Anda di CekAja.com!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.