Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Cegah Penyakit Stroke Dengan Konsumsi 4 Buah Berikut

by Rafly Aditia on 17 Januari, 2016

tips atur uang untuk istri_kartu kredit - CekAja.com

Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang paling sering menimpa masyarakat di zaman yang modern ini. Penyakit yang seringkali menyebabkan kematian ini dikarenakan oleh gaya hidup yang tidak sehat, mulai dari pola istirahat hingga pola makan dan sebagainya.

Stroke disebabkan oleh dua hal yaitu pembulu darah yang mengalami penyumbatan dan yang kedua pembuluh darah pecah sehingga aliran darah ke otak tidak lagi lancar dan membuat tubuh menjadi tidak responsif, hilang keseimbangan, lumpuh, dan yang lainnya.

Tetapi, jangan khawatir karena dengan mengonsumsi 4 buah yang ada dibawah ini kamu bisa mencegah dan menghindarkan diri dari resiko terkena penyakit stroke;

(Baca juga: Ini Dia Penyakti yang Tidak Ditanggung Oleh BPJS Kesehatan)

Apel

Salah satu buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan adalah buah apel. Bahkan, banyak orang barat yang mengatakan bahwa dengan memakan satu buah apel setiap hari maka kamu tidak akan pernah pergi ke dokter seumur hidup kamu.

Yup, ternyata anggapan tersebut memiliki dasar yang sangat kuat. Banyak ahli gizi dari seluruh dunia menyetujui anggapan ini karena perlu kamu ketahui ternyata Buah yang memiliki kandungan quercetin yang tinggi ini bisa mengatasi inflamasi dan menurunkan resiko terkena penyakit stroke hingga 50 persen.

Pisang

Bukan hanya baik untuk kamu yang suka berolahraga karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, pisang ternyata juga dapat menurunkan resiko penyakit stroke karena kandungan kalium dalam pisang yang tinggi.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Health Proffesionals Follow-Up Study mengatakan bahwa dengan mengonsumsi buah tinggi kalium seperti pisang sebanyak 9 porsi per hari akan membuat resiko terkena penyakit stroke menyerangmu menurun hingga 38 persen daripada mereka yang hanya mengonsumsi 4 buah per hari.

(Baca juga: Hindari 7 Penyakit Ini Dengan Rutin Berolahraga)

Citrus

Melalui hasil riset yang diluncurkan oleh Nurse’s Health Study kadar zat flavonoid yang ada dalam buah citrus ternyata menurunkan resiko penyakit stroke.  Selain itu kadar vitamin C yang tinggi dalam buah citrus juga akan melindungi kamu dari sernagan penyakit jantung dan stroke yang menjadi momok menakutkan selama ini.

Dalam penelitian ini sebanyak 70 ribu wanita dilibatkan dan dianjurkan untuk mengonsumsi 2-4 porsi buah citrus dan sejenisnya setiap harinya.

Tomat

Seringkali tomat hanya dijadikan sebagai hiasan atau penambah rasa dari makanan. Padahal ternyata buah yang satu ini memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Melalui penelitian yang dilansir dari jurnal Neurology kandungan lycopene yaitu zat berwaena merah dalam tomat dapat menurunkan resiko stroke bagi pria dewasa.

Belum lagi fakta lain yang diungkapkan oleh Dr. Jouni Krappi dari University of Eastern Finland di Kuopio mengatakan bahwa dari 258 pria yang terkena penyakit stroke hanya ada 11 orang yang memiliki kadar lycopene darah yang tinggi.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.