Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Cek 4 Cara Mengakali Situs Rekrut Bersama BUMN yang Sering nge-Hang dan Error

by Gentur Putro Jati on 15 Maret, 2019

Buat kamu yang belum juga mendaftar Program Perekrutan Bersama (PPB) 11.000 calon karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tahun ini, buruan deh mendaftar. Soalnya satu-satunya pintu pendaftaran https://rekrutbersama.fhcibumn.com/ akan ditutup Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan Kementerian BUMN pada 17 Maret 2019 alias 2 hari lagi.

investasi murah

Buat kamu yang sudah mencoba untuk mendaftar namun belum juga berhasil karena sulit mengakses situs tersebut, jangan patah arang. Simak rangkuman tips dari CekAja.com untuk menyiasati server PPB yang sering nge-hang pada jam-jam sibuk berikut ini.

Follow instagram FHCI dan Helpdesk PPB

FHCI memiliki akun Instagram resmi @forumhumancapitalindonesia. Admin akun tersebut mengatakan, jika kamu mengalami kendala dalam melakukan pendaftaran maka bisa bertanya ke @aplikasiPPB yang disediakan khusus sebagai helpdesk PPB BUMN.

Ganti browser

Kamu dan juga ribuan pesaing lain yang berminat menjadi pegawai BUMN lewat jalur PPB 2019 pasti pernah mengalami masalah saat mengakses situs rekrutbersama.fhcibumn.com. Seringkali situs tersebut tidak bisa diakses dan tertulis keterangan server hang up.

(Baca juga: Cek Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN yang Cari 11.000 Karyawan!)

Setelah ditelusuri, ternyata server yang nge-hang itu akibat tidak mampu merespon balik request dari browser yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengakses situs tersebut.

Kamu bisa menyiasatinya dengan mengganti browser yang kamu gunakan dengan browser lainnya. Jika kamu tidak bisa mengakses PPB lewat Google Chrome, coba gunakan Mozilla Firefox, atau browser lainnya.

Jangan pakai HP dan pastikan internet stabil

Untuk memastikan proses pendaftaran berjalan lancar, akun @forumhumancapitalindonesia juga meminta kamu memastikan jaringan internet yang digunakan stabil. Selain itu, mendaftar dengan menggunakan ponsel sangat tidak dianjurkan. Pendaftar diharap menggunakan komputer/laptop dengan versi browser terkini yaitu Google Chrome 48+ atau Mozilla Firefox 44+.

“Pastikan juga fitur Javascript dalam keadaan aktif,” ujar pengelola akun FHCI.

Akses dini hari

Jika tiga cara tersebut tidak juga manjur mengobati server PPB yang sering hang. Bisa jadi karena di pagi, siang, sore, dan malam hari ada jutaan calon pekerja yang berebut mengakses situs rekrutbersama.fhcibumn.com.

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah coba mengaksesnya pada jam-jam ketika orang lain tertidur pulas, antara pukul 02.00 sampai 05.00 pagi. Laju internet pada jam itu sangat cepat karena tidak banyak orang yang menggunakan. Siapa tahu, server PPB juga bersahabat dan membuka pintunya lebar-lebar agar aplikasi kamu bisa masuk.

(Baca juga: Ini 5 BUMN yang Berani Gaji Tinggi dalam Rekrutmen Bersama)

Pepatah kuno bilang, ada banyak jalan menuju Roma. Jika kamu cepat menyerah padahal baru mencoba satu jalan, maka kamu bukanlah seorang pejuang. Karena kalaupun kamu bisa mendaftar, ada rangkaian tes yang harus dilalui untuk dapat menjadi pegawai BUMN.

Namun perlu diingat, jika kamu belum beruntung alias gagal dalam proses seleksi menjadi pegawai BUMN, tentu hal tersebut bukanlah akhir dari segala-galanya karena bisa jadi kamu ditakdirkan untuk menjadi seorang wiraswastawan?

CekAja.com selalu siap memberikan rekomendasi pinjaman modal terbaik untuk memulai bisnis kamu. Bisa dalam bentuk Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau kredit Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan proses yang cepat dan syarat yang mudah.

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum