Cek! 5 Bisnis Mejanjikan di Bulan Ramadan dan Perkiraan Modal Awalnya

3 min. membaca Oleh Sindhi Aderianti on

Ramadan sebentar lagi! Bulan suci ini menghadirkan tradisi yang selalu ditunggu-tunggu. Mulai dari sahur, tarawih, ngabuburit, hingga buka puasa bersama. Tanpa sadar, semua itu menghadirkan peluang untuk berbisnis. Apa saja bisnis menjanjikan di bulan Ramadan?

5 Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan

Walaupun masih darurat Covid-19, tentunya kamu bisa tetap berbisnis dari rumah. Lumayan untuk menambah pundi-pundi uang selama paceklik ini. Jual-beli pun menjadi pilihan tepat ketika masyarakat tak mungkin bebas keluar rumah karena virus corona. Yuk, cek deretan bisnis menjanjikan di bulan Ramadan, beserta pekiraan modal awalnya berikut:

1. Kurma

Kurma - Cek 5 Bisnis Mejanjikan di Bulan Ramadhan dan Perkiraan Modal Awanya

Bulan puasa selalu identik dengan buah kurma. Kurma bahkan disunnahkan untuk menjadi santapan pertama ketika berbuka, karena manis alaminya dapat mengembalikan energi setelah berjam-jam menahan lapar dan haus.

Permintaan buah dari Arab Saudi ini pun cenderung naik saat bulan Ramadan. Tentunya kabar baik untuk kamu yang sedang mencari peluang bisnis!

Sebelum harga semakin melonjak tinggai, cari supplier kurma dari sekarang yang paling terjangkau. Pastikan kamu menjual kurma dalam beberapa jenis, seperti Sukari, dan Ajwa yang kini sedang banyak difavoritkan.

Kamu bisa membeli stok awal sebanyak 3 kilo per tiap jenis kurma. Toko kurmaalif di Shopee misalnya, kurma sukari dibanderol Rp185 ribu/3 kilo, sementara kurma ajwa Rp588 ribu/kilo. Sehingga modal awal yang dibutuhkan sekitar Rp900 ribu termasuk ongkir.

2. Frozen food

Frozen food - Cek 5 Bisnis Mejanjikan di Bulan Ramadhan dan Perkiraan Modal Awanya

Tak semua orang bisa memasak. Sehingga untuk sahur dan buka puasa, frozen food menjadi pilihan yang sangat praktis. Jenis frozen food pun kini bukan hanya nugget atau sosis yang identik kurang sehat. Tawarkan menu lain, seperti daging mesere, ayam suwir, atau paru balado.

Ambil contoh menu daging mesere, kamu setidaknya butuh modal sebesar Rp170 ribu, untuk sekilo daging sapi dan bumbu-bumbu pendukung. Dari semua itu, kamu bisa menjual 4 kantong @250 gram yang memungkinkan disantap hingga seminggu. Jangan lupa sediakan varian original agar cocok bagi yang tak suka pedas. Lebih sehat, namun tetap menggoyang lidah!

(Baca Juga: Hampir Dilumpuhkan Corona, Ini 5 Cara Restoran Pertahankan Bisnisnya)

3. Peralatan ibadah

Peralatan ibadah - Cek 5 Bisnis Mejanjikan di Bulan Ramadhan dan Perkiraan Modal Awanya

Ramadan sering kali juga menumbuhkan rasa untuk beribadah lebih giat. Bagaimana tidak, semua kebaikan akan dihitung pahala belipat ganda pada bulan suci ini. Maka dari itu, peralatan ibadah seperti mukenah, sarung, Al-Quran, baju koko, hingga sajadah meningkat permintaannya di pasar.

Bagi kamu yang ingin menjajal peruntungan dalam bisnis, menjual peralatan ibadah tersebut boleh dicoba. Mungkin agar lebih praktis, cukup jadi reseller atau dropshipper. Jadi tak perlu menyetok barang sampai berkodi-kodi, cukup jual kembali barang dari supplier saja.

 4. Kue kering

Kue kering - Cek 5 Bisnis Mejanjikan di Bulan Ramadhan dan Perkiraan Modal Awanya

Menjelang lebaran, kurang lengkap rasanya jika tanpa hidangan kue kering. Dari mulai kastengel, putri salju, nastar, dan masih banyak lagi. Ketika berbisnis makanan, tentu kualitas bahan-bahan menjadi taruhan paling besar.

Tak heran saat memulai bisnis ini, kamu butuh modal awal yang cukup besar. Katakanlah untuk kastengel, setidaknya akan menghabiskan dana sebesar Rp150 ribu/toples dengan berat 500 gram, termasuk bujet packaging dan peralatan lainnya. Pastikan kamu memilih bahan-bahan premium, agar tidak mengecewakan ekspektasi rasa dari konsumen ya.

5. Jasa parsel

Jasa parsel - Cek 5 Bisnis Mejanjikan di Bulan Ramadhan dan Perkiraan Modal Awanya

Semakin mendekati hari kemenangan, banyak orang yang juga akan mencari jasa membuat parsel. Apalagi tahun ini, kemungkinan besar kegiatan silaturahmi ditiadakan karena masih harus menerapkan social distancing.

Belum lagi adanya larangan mudik demi memutus penyebaran Covid-19. Parsel dapat menjad alternatif untuk dikirimkan kepada kerabat dan keluarga, agar silaturahmi tetap berjalan dari jarak jauh.

Bagi kamu yang terampil merangkai parsel, bisnis ini patut dicoba! Agar tak mengeluarkan modal awal terlalu besar, tapi jumlah pebeli masih abu-abu, berlakukan sistem PO (pre order).

Tawarkan beberapa desain parsel berikut isiannya dalam tiga kategori. Misalnya ekonomis, semi premium, dan premium supaya konsumen punya banyak pilihan sesuai kantong masing-masing. Ketika uang masuk dari pembeli, barulah kamu beli semua pesanannya, rangkai sebagu mungkin, dan siap kirim.

Pandemi Covid-19 jangan sampai membuatmu patah arang. Sambut bulan puasa dengan suka cita, perbanyak ibadah, sembari mencari peruntungan lewat bisnis menjanjikan di bulan Ramadan tadi.

Butuh modal untuk memulai usahamu? KTA Standard Chartered Bank siap memberi pinjaman dana tanpa agunan. Ajukan melalui CekAja.com sekarang juga, aman dan pasti cair!

(Baca Juga: Perhatikan, Ini Hukum Mengganti Puasa Ramadhan yang Benar)

Tentang kami

Sindhi Aderianti

Sindhi Aderianti Penulis yang kadang jadi pedagang